Bendungan Cipanas harus memberikan manfaat yang komprehensif kepada masyarakat - WisataHits
Jawa Barat

Bendungan Cipanas harus memberikan manfaat yang komprehensif kepada masyarakat

09/09/2022 / KOMISI V

Anggota Komisi V DPR RI Fadholi mengunjungi Sumedang, Jawa Barat, Jumat (9/9/2022). Foto: Agung/Mann

KOPIFLOR.ID, SUMEDANG, JABAR — Anggota Komite V DPR Fadholi menegaskan, Bendungan Cipanas di Sumedang, Jawa Barat harus membawa manfaat yang luas bagi masyarakat. Untuk itu, ia berpesan agar proyek pembangunan bisa dirancang dengan baik.

Dalam kunjungan kerja khusus Komite V ke bendungan kali ini, Fadholi berharap manfaat bendungan, misalnya untuk saluran irigasi, dapat dianalisis secara terukur. “Karena bendungan ini dikatakan memberikan manfaat bagi irigasi sungai dan sekitarnya hingga sembilan ribu hektare,” katanya saat berkunjung ke Sumedang, Jawa Barat, Jumat (9/9/2022).

Dijelaskan, bendungan itu nantinya akan memenuhi kebutuhan air untuk irigasi pertanian di Kabupaten Sumedang dan Indramayu seluas 9.273 hektare. Bendungan tersebut juga dikatakan memiliki total volume 250,81 juta meter kubik, yang sangat dinantikan oleh masyarakat, khususnya petani.

Soal volume, Fadholi mengatakan limpasan air harus diperhitungkan dengan kajian yang mumpuni dan pengelolaan yang baik. Menjaga kesinambungan aliran air untuk irigasi dan pelayanan kota.

“Makanya kami minta agar Balai Wilayah Sungai (BWS) nanti bisa melakukan pengelolaan yang satu ini dengan baik,” kata politisi dari Fraksi Partai NasDem itu. Penting juga untuk dicatat apa manfaat lain yang dapat diperoleh dari bendungan.

Salah satu keunggulan yang disebutkan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) adalah potensi wisata bendungan. Fadholi mengapresiasi ide tersebut, yang tentunya akan merevitalisasi kawasan sekitar bendungan, yang berdampak pada perekonomian masyarakat setempat. (maksimum)

Source: www.kopiflor.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button