Batu Lawang, objek wisata alam yang paling banyak dikunjungi di Cirebon - WisataHits
wisatahits

Batu Lawang, objek wisata alam yang paling banyak dikunjungi di Cirebon

Harga tiket: Rp 7.000, Jam operasional: 07.00-17.00 WIB, Alamat: Betta, Kec. Gempol, Kab. Cirebon, Jawa Barat; Kasus: Cek lokasi

Cirebon punya banyak cerita. Kenangan banyak orang terukir di kota seribu keindahan ini. Seringkali kita berhak atas alam yang masih merasakan keindahannya, terjaga kebersihannya dan memancarkan keindahannya. Cirebon juga masih menyembunyikan keeksotisan alamnya yang belum terekspos sepenuhnya. Meski begitu, Cirebon tetap menunjukkan keindahannya.

Salah satu keindahan Cirebon adalah Batu Lawang. Batu Lawang memercikkan keindahan alam terbaik saat Anda menginjakkan kaki di Cirebon. Meski jarang dikunjungi orang, Batu Lawang tetap menjadi pilihan favorit saat berkunjung ke Cirebon. Harta karun alam yang terpendam ini seolah melindungi diri untuk melestarikan eksotismenya.

Batu Lawang menawarkan fasilitas yang memadai bagi wisatawan, meskipun tempat wisata ini tersembunyi dan jauh dari perkotaan. Warga ikut serta dalam pemeliharaan peralatan di tempat wisata. Dengan demikian, pengunjung tidak perlu khawatir dengan ketersediaan fasilitas dan keamanan di Batu Lawang.

Tempat wisata Cirebon ini juga memiliki sejarah tersendiri di sisi lain. Cerita ini tentang ukiran batu hitam alami yang terlihat seperti pintu. Jika Anda melihat kembali bentuk pintu ini, sepertinya bisa dibuka kapan saja. Banyak orang percaya bahwa Batu Lawang adalah pintu gerbang ke dimensi lain yang tidak bisa dilintasi manusia biasa.

Lokasi dan harga tiket Batu Lawang

Lokasi Batu LawangKredit gambar: Google Maps Cho_soep

Batu Lawang terletak di Desa Betta, Kecamatan Gempol, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat. Letaknya jauh dari jalan utama sehingga seperti tersembunyi dari keramaian. Tempat tersembunyi ini membuat banyak pengunjung menganggap tempat wisata ini sebagai harta karun. Karena memang keindahan di Batu Lawang sangat bagus.

Jika Anda menggunakan kendaraan pribadi, Anda dapat berkendara melalui pantai utara Paliman menuju Prapatan Majalengka. Dari Prapatan Majalengka belok kiri menuju Rajagaluh, Dari Rajagaluh lanjutkan sekitar 1 kilometer. Kemudian belok kiri melewati jembatan lalu lurus terus melewati persawahan.

Lanjutkan sampai Anda menemukan Balai Kota Betta. Jadikan ruangan di desa Betta sebagai acuan untuk jalur selanjutnya. Batu Lawang dekat dengan Balai Kota Betta. Agar tidak tersesat, Anda bisa bertanya kepada penduduk setempat. Tanyakan kemana Batu Lawang akan pergi. Penduduk setempat sangat ramah terhadap wisatawan.

Anda bisa menikmati keindahan alam yang selalu asri dan menghirup udara segar di Batu Lawang. Dengan segala keberadaannya, tiket masuk ke Batu Lawang hanya berharga 7.000 rupee. Tambahan 5000 rupee untuk parkir. Biayanya sangat murah untuk tempat wisata yang bagus.

Nama dan cerita dibalik keindahan Batu Lawang

Penamaan Batu LawangKredit gambar: Google Maps Ade Karyono

Dinamakan Batu Lawang karena bentuk visualnya seperti pintu. Batu Lawang berarti Batu Pintu yang terinspirasi dari tebing-tebing yang menjulang tinggi dengan ukiran alam seperti gapura. Patung alam ini seperti pintu yang akan terbuka. Patung tersebut terbentuk secara alami di batuan lava hitam Batu Lawang.

Batu Lawang punya cerita menarik. Kisah ini diawali dengan kisah penyebaran agama Islam oleh Walisongo. Gunung Jaya, lokasi Batu Lawang, pernah dilalui oleh Sunan Bonang dan Sunan Gunung Jati yang pada waktu itu akan berdakwah di sekitar wilayah selatan.

Sunan Gunung Jati dan Sunan Bonang beristirahat sejenak di Gunung Jaya. Rombongan diikuti oleh Nyi Mas Gandasari yang meminta Sunan Gunung Jati untuk menyembuhkannya dari suatu penyakit. Penyakit Nyi Mas Gandasari adalah setiap menikah, suaminya akan meninggal. Kasus ini diserahkan oleh Sunan Gunung Jati kepada Sunan Bonang.

Sunan Bonang mengeluarkan seekor ular welang dari tubuh Nyi Mas Gandasari. Setelah itu, ular welang dimakamkan dan diperingati dengan “perkawinan batin”. Ular welang itu kemudian dikenal sebagai Pangeran Welang dan dimakamkan bersama tongkat Sunan Bonang.

Nyi Mas Gandasari kemudian menjadi salah satu panglima perang Sunan Gunung Jati. Tidak ada orang yang bisa mengalahkan sihirnya. Setelah diadakan adu jodoh, Nyi Mas Gandasari dikalahkan oleh Syekh Magelung Sakti (Pangeran Soka) yang kemudian mereka nikahi.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Batu Lawang

Hal yang Dapat Dilakukan di Batu LawangKredit gambar: Google Maps Kaerul Muarip

1. Sumur Kemuliaan

Anda harus mencoba ini ketika mengunjungi Batu Lawang. Cobalah mendaki ke puncak Batu Lawang. Tingginya sekitar 700 meter. Di bagian atas, ada sumur kering. Sumur kering ini disebut Sumur Kemuliaan. Dikatakan bahwa jika Anda menemukan air dari sumur kemuliaan, semua keinginan Anda akan terkabul.

2. Lukisan dari alam

Batu Lawang memiliki tebing-tebing yang membentang panjang. Tebing ini tingginya 23 hingga 30 meter. Lebarnya sekitar 50 meter dan memiliki jenis batuan andesit. Beberapa tebing memiliki lukisan alam yang berbeda satu sama lain. Tebing Batu Lawang sangat eksotis dengan pola jalur melingkar.

3. Mendaki

Tebing Batu Lawang memiliki keunikan dan tantangan tersendiri. Bentuknya yang tidak sama dengan yang lain menjadi tantangan tersendiri bagi para pecinta panjat tebing. Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) telah membuat empat jalur pendakian sejak 1993 di tebing Batu Lawang.

4. Lawang Zaman Batu

Batu Lawang berdiri di atas lahan seluas 2,5 hektar dan memiliki bukit dengan bebatuan yang kokoh. Batuan yang terlihat hitam dan lengket itu adalah lava yang merupakan sumber magma dari perut bumi dengan umur 5,3 hingga 2,5 juta tahun. Magma ini menembus ke atas dan membentuk batuan hitam dengan cat alam yang indah.

Tempat Favorit di Batu Lawang Cirebon

Tempat Batu LawangKredit gambar: Google Maps Cho_soep

Tempat wisata ini menjadi tujuan akhir pekan favorit para wisatawan. Pada hari Minggu ada sekitar 600 pengunjung. Jadi sangat ramai ketika Anda berkunjung pada hari Minggu. Karena pada hari Sabtu, 200 orang berkunjung ke Batu Lawang. Pengunjung sangat puas dengan keeksotisan yang disuguhkan oleh Batu Lawang.

Batu Lawang memiliki objek yang menjadi favorit pengunjung. Tiga Objek di Batu Lawang Ini instagramable dan bisa melakukan memberi makan Instagram Anda lebih indah. Selain itu, Anda juga bisa menikmati keindahan alam yang indah yang terjalin. Sebuah keindahan yang tidak akan pernah Anda lupakan.

1. Gerbang Bukit Batu

Anda akan takjub saat melihat batu besar Batu Lawang. Batu ini diukir secara alami agar terlihat seperti pintu. Sebuah pintu yang sepertinya bisa terbuka kapan saja.

2. Mendaki

Seperti sebelumnya, di sini adalah area pendakian. Pendakian di sini menjadi favorit para pendaki pemula untuk berlatih. Anda dapat mencoba eksperimen menarik dari ini.

3. MTB

Anda dapat menikmati alam sambil mengendarai ATV. Batu Lawang sangat luas dan Anda bisa merasakannya di sekitarnya dengan mengendarai ATV. Anda bisa menghirup udara segar dengan lega.

Adalah Batu Lawang yang berada di Cirebon. Anda bisa membawa keluarga ke tempat ini untuk menikmati keindahan alamnya. Sehingga Anda bisa rehat sejenak dari hiruk pikuk kota selama liburan di Batu Lawang. Jaga kesehatan dan keselamatan Anda di tempat wisata, ya.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button