Basarnas Semarang & Cilacap Kirim Personel ke Lokasi Gempa Cianjur - Solopos.com - WisataHits
Jawa Barat

Basarnas Semarang & Cilacap Kirim Personel ke Lokasi Gempa Cianjur – Solopos.com

SOLOPOS.COM – Petugas SAR Samaran bersiap berangkat ke kawasan gempa Cianjur pada Senin (21/11/2022). (Solopos.com-Basarnas SAR Semarang)

Solopos.com, SEMARANG — Sebanyak 20 orang petugas dari Kantor SAR Semarang dikerahkan untuk membantu penanganan dan evakuasi korban terdampak gempa di Cianjur, Jawa Barat. Gempa yang terjadi Senin siang (21/11/22) pukul 13.21 WIB itu bermagnitudo 5,6 dan menimbulkan banyak korban jiwa, baik manusia maupun materi.

“Berdasarkan informasi yang kami terima, masih ada korban yang belum semuanya dievakuasi, mengingat wilayah yang terkena dampak gempa cukup luas, maka kami menurunkan tim sebanyak 15 orang untuk menanganinya di sana,” ujar Heru Suhartanto, Kabid. Kantor Pencarian dan Pertolongan Semarang.

Iklan Daihatsu Rocky Mobil Harga Rp 200 Jutaan Hanya Rp 99.000

“Tim kami dilengkapi dengan peralatan SAR perkotaan yang ditujukan untuk digunakan jika terjadi gempa, seperti gergaji beton, tas pengangkat, pengungkit dan sebagainya,” lanjutnya kemudian.

Menurut informasi dari Heru, tim yang dikerahkan sudah memiliki kualifikasi urban SAR dan juga medical first responder.

Nantinya, tim tersebut didukung di Kantor Pencarian dan Pertolongan Bandung untuk memperkuat tim penyelamat yang ada.

Baca Juga: Update Korban Gempa Cianjur Pukul 22.00 WIB, 162 Orang Meninggal Dunia

“Mudah-mudahan dengan tim yang kami turunkan dapat mempercepat proses evakuasi korban gempa untuk meminimalisir korban jiwa yang lebih banyak lagi,” pungkas Heru.

Basarnas juga dilakukan oleh SAR Cilacap yang juga memberangkatkan personel untuk membantu penanganan dan evakuasi korban gempa Cianjur. Sejak Senin sore pukul 17.00 WIB, petugas tim SAR Cilacap bahkan meluncur ke lokasi gempa berkekuatan 5,6 SR.

“Kami meninggalkan 15 rescuer tadi siang pukul 17.00 WIB. Diperkirakan mereka akan tiba pada hari Selasa [22/11/2022] dini hari sekitar pukul 01.00 WIB, mengingat perjalanan dari Cianjur ke Cilacap memakan waktu sekitar 8 jam,” ujar Kepala Biro SAR Cilacap Adah Sudarsa.

Baca juga: Mendaki tower setinggi 73 meter di Cilacap, pemuda Palembang dijemput tim SAR

Gempa berkekuatan 5,6 skala Richter dan kedalaman 10 kilometer terjadi pada Senin sore. Pusat gempa berada di 10 km barat daya Kabupaten Cianjur.

“Selain dukungan personel, SAR Cilacap juga memberikan bantuan peralatan SAR antara lain unit kompartemen ambulan, unit mobil staf, unit ambulan Type II, unit KLX Trail, dan rangkaian kit evakuasi, alat ekstraksi, CSSR peralatan dan APD,” jelas Adah.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button