Banyak pasal bermasalah, puluhan orang menolak RKUHP di Lawang Sewu Semarang | Berita dari Singapura - WisataHits
Jawa Tengah

Banyak pasal bermasalah, puluhan orang menolak RKUHP di Lawang Sewu Semarang | Berita dari Singapura

Banyak pasal bermasalah, puluhan orang menolak RKUHP di Lawang Sewu Semarang

Puluhan orang menggelar unjuk rasa di depan Lawang Sewu, Kota Semarang untuk menentang RKUHP.

, Sabtu (12/3/2022) siang. Aksi ini untuk menolak RKUHP disahkan dalam waktu dekat.” Angkringan Omah Semar Solo: Tempat Pertemuan Unik Punya Menu Wedang JokowiUmarul mengatakan ada 18 pasal bermasalah dalam RKUHP. Pasal-pasal tersebut dianggap mudah menjerat siapa saja yang ingin menyuarakan pendapatnya.

“Ada 18 pasal sengketa lainnya dalam RKHUP. Karena tidak sejalan dengan hukum pidana,” jelasnya. Selain itu, pasal berikutnya yang dimaksud adalah Pasal 188 RKUHP yang mengatur perkembangan ilmu pengetahuan dan ideologi Marxisme dan Leninisme. Seharusnya, hukum pidana tidak mengatur dengan memberikan bagian yang sangat sempit kepada ilmu pengetahuan, terutama ideologi Marxisme dan Leninisme.

Lanjut membaca:
pos tunggal »

Palestina desak masyarakat internasional putuskan hubungan dengan Israel – ANTARA News

ANTARA – Presiden Palestina Mahmoud Abbas meminta masyarakat internasional mempertimbangkan kembali hubungannya dengan Israel. Dia juga mendesak Union… Read More>>

Diduga 48 pasal bermasalah ditolak oleh masyarakat di RKUHP di depan bentengGugatan terhadap rencana pengesahan Rancangan Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (RKUHP) sedang berlangsung. Tetap nikmati ini, kami adalah kota dunia untuk semua orang

RKUHP akan dibawa ke Sidang Umum DPR Selasa depanPengesahan RKUHP pada Selasa (12/6/2022) dinilai bertentangan dengan semangat kampanye “16 hari anti kekerasan terhadap perempuan”. RKUHP masih memuat pasal-pasal yang dianggap bermasalah. Polhuk Adadi Kompas

Candi Sewu Klaten, mahakarya budaya tinggi pada abad ke-8Klaten dikenal tidak hanya sebagai salah satu pusat wisata air di Jawa Tengah. Kabupaten ini juga memiliki sejumlah candi yang begitu megah.

Rancangan Akhir RKUHP: Menghina Pemerintah DPR bisa dihukum 1,5 tahunPasal 240 RKUHP terbaru menyatakan bahwa siapa pun yang secara terbuka menghina pemerintah atau lembaga negara dapat dihukum hingga 1,5 tahun penjara.

Sutradara film Sewu Dino Kimo Stamboel menjanjikan horor yang mencekamSutradara ternama Kimo Stamboel dikontrak oleh MD Pictures untuk menyutradarai film horor berjudul Sewu Dino. Dimana ceritanya viral di media sosial dari thread Simpleman

CISDI mengkritisi pasal pidana alat kontrasepsi dalam RKUHP: Memberi pengaruh burukCISDI mengkritisi dua pasal kesehatan dalam Rancangan Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (RKUHP).

SOLOPOS: Masyarakat sipil yang terdiri dari mahasiswa dan aktivis menyatakan penolakannya kemarin (12/01) di Taman Pandang Istana, Jakarta TEKS KOMPAS/RONY ARIYANTO NUGROHO Aktivis Aksi Kamisan, Maria Catarina Sumarsih, juga mendukung dan bergabung dengan aktivis lain yang menuntut penolakan pengesahan RKUHP pada aksi Kamisan di depan Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (12/1/2022) Candi Sewu di kampung Bugisan, kabupaten Prambanan adalah salah satunya.

COM – Koalisi Rakyat Semarang Kawal RKUHP menggelar aksi unjuk rasa di Tugu Muda depan Lawang Sewu pada Sabtu sore (12/3/2022). (Solopos. Aksi tolak pengesahan RKUHP bertepatan dengan kegiatan Kamisan ke-755 yang rutin digelar masyarakat sipil di seberang Istana Negara. com-Adhik Kurniawan) Solopos. Situs resmi DPR yang diakses Kompas pada Sabtu (12/3/2022), menyebutkan DPR akan menggelar Sidang Paripurna DPR ke-11, Sidang II tahun sidang 2022-2023 pada Selasa (12/6/2020). 2022) di 10.com, SEMARANG – Jawa Timur, Sabtu sore (12/3/2022). Bayu Satria Utama, perwakilan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Indonesia (UI), mengatakan, RKUHP yang dibahas tanpa mempertimbangkan partisipasi publik sangat merugikan demokrasi. Aksi ini dimaksudkan untuk menentang RKUHP yang akan disahkan dalam waktu dekat. Ada beberapa alternatif transportasi yang bisa digunakan untuk menuju ke sana.

Dalam aksi tersebut, spanduk putih bertuliskan “RKHUP Masih Kotor Ancaman Pidana Berubah Menjadi Teror #Siapapun Bisa Dipukul” menjadi suara utama pengunjuk rasa. “Apa gunanya negara hukum kalau pemerintah dan DPR membuat undang-undang seenaknya,” kata Bayu seusai sambutannya. Editor:. Promosi Angkringan Omah Semar Solo: Tempat Gantung Unik Punya Menu Wedang Jokowi Terlihat promosi ini menarik perhatian pengunjung Lawang Sewu yang baru saja meninggalkan tempat wisata tersebut. Selain itu, para pengunjuk rasa membagikan selebaran menolak RUU KUHP atau RKUHP kepada pengguna jalan dan aparat kepolisian yang menjaga ketat aksi tersebut. “Demonstrasi ini tidak ingin meresahkan masyarakat Semarang dan pengguna jalan. Pintu masuk candi berada di empat arah mata angin.

Tapi kami ingin memperjuangkan RKUHP. Karena siapa saja bisa kena pasal bermasalah,” kata Koordinator Korlap Lapangan Umarul Faruq saat demo. Umarul mengatakan, ada 18 pasal bermasalah dalam RKUHP. Pasal-pasal tersebut dianggap mudah menjerat siapa saja yang ingin menyuarakan pendapatnya. Baca Juga: Kronologi Truk Kontainer Bermuat Kayu Lapis Terguling di Kalimalang Semarang “Ada 18 pasal sengketa lainnya dalam RKHUP. Meski disebut Sewu, jumlah candinya kurang dari seribu,” kata Hari Wahyudi, Humas Pengamat Masyarakat Cagar Budaya (KPCB) Klaten.

Karena tidak sejalan dengan hukum pidana,” jelasnya. Umarul berpendapat bahwa RKUHP harus mengatur hubungan antara individu dengan individu dan bukan sebaliknya, yaitu antara individu dengan lembaga atau jabatan tertentu. Ia juga mencontohkan dalam Pasal 218 RKUHP bahwa barangsiapa yang secara terang-terangan menyerang harkat dan martabat Presiden dan Wakil Presiden dipidana tiga tahun penjara. “Barang itu [218 RKUHP] bermasalah bagi kelangsungan demokrasi di Indonesia. Pasal ini juga berpotensi menjadi pasal karet yang menjerat para aktivis dan setiap orang Indonesia yang ingin bersuara,” jelasnya. “(Merek dagangnya, red) bentuk kubah di bagian atasnya,” ujarnya.

Apalagi pasal yang dipersoalkan selanjutnya adalah Pasal 188 RKUHP yang mengatur perkembangan ilmu pengetahuan dan ideologi Marxisme dan Leninisme. Seharusnya, hukum pidana tidak mengatur dengan memberikan bagian yang sangat sempit kepada ilmu pengetahuan, terutama ideologi Marxisme dan Leninisme. Baca Juga: Sempat Kejang, Pria Tanpa Identitas Meninggal di Jalanan Semarang “Menurut saya ideologi ini adalah doktrin progresif yang membuat demokrasi tumbuh,” lanjutnya. Pihaknya meminta pemerintah menunda pengesahan RKUHP dan memperbaiki poin-poin bermasalah. Termasuk penghapusan segala bentuk represi terhadap demokrasi dan represi terhadap kebebasan sipil. Namun, hanya berupa bentuk sederhana tanpa pahatan apapun.

“Kami juga menyerukan penghapusan diskriminasi terhadap masyarakat adat. Lawan pemusnahan pemikiran melalui pelarangan, sosialisasi ilmu dan lain-lain,” tegasnya. Umarul menambahkan, pengesahan RKUHP diprediksi akan dilakukan sebelum 15 Desember 2022, atau sebelum DPR memasuki masa jeda. Sehingga pihaknya akan terus bersuara dan menentang RKHUP tersebut. Baca juga: “Potensi besar sedang dilegalkan, meski belum terserap masyarakat secara keseluruhan, maka kami akan terus menyuarakan dan menuntut,” pungkasnya. Berbeda dengan candi lain yang pelatarannya biasanya berbentuk tanah.

Daftar dan berlangganan sekarang. Hanya dengan Rp 99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita lebih detail dan bebas iklan serta berkesempatan memenangkan hadiah utama berupa mobil Daihatsu Rocky, motor NMax dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button