Bantul Gelar Festival Ikan Hias, Tingkatkan Potensi Desa Wisata Kadisoro - ANTARA News Yogyakarta - WisataHits
Yogyakarta

Bantul Gelar Festival Ikan Hias, Tingkatkan Potensi Desa Wisata Kadisoro – ANTARA News Yogyakarta

Bantul (ANTARA) – Pemerintah Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta bekerjasama dengan Kadisoro Pengelola Desa Wisata Nyawiji Dadi Siji (Kajii), menggelar festival ikan hias nasional bertajuk Kadisoro Aquatik Expo untuk mempromosikan potensi wisata ikan hias di Tanah Air. .

“Acara Aquatik Kadisoro ini diadakan tahun lalu di masa pandemi saat PPKM menjadi lomba ikan guppy tingkat nasional. Hari ini kita tutup kompetisi dengan ikan guppy dan ikan molly,” kata Kwintarto Heru Prabowo, Kepala Dinas Pariwisata Bantul, di sela pembukaan Festival Ikan Hias di Bantul, Selasa.

Menurut dia, festival ikan hias ini bertujuan untuk meningkatkan potensi desa ikan hias di Dusun Kadisoro, Desa Gilangharjo, Pandak, mengingat desa wisata ini muncul karena masyarakatnya suka membudidayakan ikan hias.

“Dengan adanya acara ini kami berharap desa wisata yang berasal dari ikan hias ini semakin dikenal. Dan kami bekerja sama dengan Dinas Kelautan dan Perikanan untuk lebih mengembangkan potensi desa wisata ini,” ujarnya.

Ia juga berharap masyarakat yang memiliki hobi beternak ikan hias dapat mengikuti lomba ikan hias atau mengamati para penggemar ikan hias untuk memeriahkan acara yang dapat meningkatkan perekonomian masyarakat desa ini.

“Semoga ini menjadi salah satu pengungkit akselerator terwujudnya Dewi Kajji yang mandiri dan berkelanjutan, apalagi tahun ini Desa Wisata Kajji dinobatkan sebagai desa terbaik kelima se-DIY untuk Kelas Embrio atau Pilot Project Desa Wisata,” ujarnya.

Ia juga menyampaikan bahwa kegiatan untuk lebih mengenalkan potensi desa wisata ini merupakan bentuk pertanggungjawaban dan tanggung jawab pengelola pariwisata untuk selalu berprestasi, apalagi saat ini dinobatkan sebagai salah satu desa wisata terbaik DIY.

“Tentunya ketika kita diberi tanggung jawab atas apa yang telah dicapai, kita harus menaatinya, sehingga jika kita membuat prestasi kemudian tidak membuat kemajuan, kita juga menjadi perhatian dan penilaian Pemda DIY bahwa Kajji Desa Wisata merupakan salah satu dari kelima Desa terbaik yang ada di DIY,” ujarnya.

Selain festival ikan hias yang akan berlangsung selama enam hari ke depan dari tanggal 23-28 Agustus, juga ada pameran ikan hias, warung kuliner dan berbagai produk lokal dari masyarakat setempat.

“Dan yang menarik hari ini terkait dengan kegiatan pemberdayaan potensi lokal, banyak potensi yang bisa digali. Hal ini untuk menunjukkan bahwa Desa Wisata Kajii bisa menjadi salah satu destinasi di Bantul yang harus diperhatikan,” ujarnya.

Source: jogja.antaranews.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button