10 ide liburan seru untuk bersantai di akhir tahun - WisataHits
Yogyakarta

10 ide liburan seru untuk bersantai di akhir tahun

KOMPAS.com – Dalam waktu singkat, 2022 akan segera berakhir. Sudahkah Anda menyiapkan rencana liburan akhir tahun?

Liburan akhir tahun bisa menjadi cara untuk melepaskan penat dari rutinitas tahun lalu. Liburan juga menginspirasi semangat baru untuk tahun depan.

Baca juga: 8 Tips Liburan Akhir Tahun Murah Meski High Season

Liburan juga tidak harus mahal, karena bisa dilakukan dengan hal sederhana bersama teman dan keluarga.

Ide liburan akhir tahun

Kompas.com telah menyusun ide liburan akhir tahun dari berbagai sumber Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif (Kemenparekraf) Indonesia.

Baca juga: Harga kamar hotel naik 15 persen Selama musim liburan

1. Wisata alam

Pepatah bahwa alam memberikan ketenangan jiwa memang benar adanya. Jika ingin melepaskan diri dari rutinitas setahun belakangan, wisata alam adalah pilihan yang tepat.

Ada banyak destinasi wisata alam di Indonesia. Mulai dari Bali, Gili Trawangan, Labuan Bajo, Mandalika, Gunung Bromo, Banyuwangi, Yogyakarta dan masih banyak lagi lainnya.

Anda akan menemukan pantai pasir putih, sawah hijau, air terjun yang menyegarkan dan banyak lagi. Usai menikmati wisata alam, dijamin Anda akan kembali menyambut tahun baru dengan penuh harap.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Destinasi Bali yang Bikin Liburan Akhir Tahun Tak Terlupakan

Panorama pulau Padar. SHUTTERSTOCK/PRAWAT THANANITHAPORN Panorama Pulau Padar.

2. Wisata Petualangan

Jika Anda pecinta aktivitas yang memompa adrenalin, maka cobalah wisata petualangan. Biar makin seru, coba ajak temanmu berpetualang bersama.

Berbagai macam aktivitas liburan yang menguji nyali Anda. Sebut saja paralayang bungee jumping, Mendaki, selancar tubuhkayak, papan luncurdan masih banyak lagi.

Anda bisa bermain ski air di Uluwatu, Bali, atau parasail melintasi langit biru di Tanjung Benoa, Bali.

Cara lain untuk menguji adrenalin Anda adalah panjat tebing di Lembah Harau Sumatera Barat atau menjelajahi gua-gua di Yogyakarta.

Baca Juga: Liburan di Banda Neira, Lihat Panduan Transportasi Lengkap

3. Wisata budaya dan sejarah

Indonesia memiliki keragaman budaya. Setiap daerah memiliki bahasa, budaya, adat istiadat, dan tradisi masing-masing yang menarik untuk dijelajahi.

Jadi mengapa tidak memanfaatkan liburan akhir tahun untuk membenamkan diri dalam budaya Indonesia? Ada beberapa museum, bangunan bersejarah, adat istiadat, tradisi dan atraksi lokal yang bisa dipilih untuk mengisi musim liburan akhir tahun.

Anda bisa mengunjungi Candi Borobudur di Magelang, Candi Prambanan di Sleman, Keraton Surakarta dan Museum Ullen Sentalu di Yogyakarta.

Kemudian desa adat Ratenggaro di Sumba, Pura Uluwatu di Bali, Fort Rotterdam di Makassar dan situs purbakala Trowulan di Jawa Timur.

Baca Juga: Asal Usul Candi Borobudur, Situs Peninggalan yang Pernah Terbengkalai

Harga tiket masuk Borobudur saat ini dibanderol Rp 50.000, sedangkan harga tiket masuk Candi Borobudur atau tiket Borobudur untuk anak Rp 25.000.GAMBAR KOMPAS/FIKRIA HIDAYAT Untuk harga tiket masuk Borobudur saat ini dipatok Rp 50.000 sedangkan harga tiket masuk Candi Borobudur atau tiket Borobudur untuk anak Rp 25.000.

4. Belanja kerajinan tangan

Berbelanja pasti menyenangkan bagi semua orang. Namun, agar tampil beda, cobalah berbelanja kerajinan lokal.

Ada banyak pusat kerajinan yang tersebar di berbagai kota. Di sini Anda akan menemukan berbagai cinderamata, pernak-pernik, kerajinan tangan, barang antik, dan makanan khas daerah untuk dibawa pulang.

Baca Juga: 6 Taman di Surabaya, Tempat Liburan Murah dan Meriah

5. wisata kesehatan

ekspresi wisata kesehatan masih terdengar asing bagi sebagian orang. Namun, dengan meningkatnya perhatian terhadap kesehatan mental, lahirlah aktivitas wisata kesehatan.

Jenis wisata ini mengacu pada kegiatan yang membawa ketenangan pikiran untuk mendukung kesehatan mental dan emosional.

Saat ini sudah banyak bermunculan destinasi wisata yang menawarkan penawaran tersebut wisata kesehatan. Misalnya yoga, meditasi, perawatan spa di Bali atau meditasi di pura di Yogyakarta.

Baca Juga: 11 Tempat Wisata Hits di Sentul, Foto Siap Liburan dan Instagramable

ilustrasi yogaIlustrasi yoga Shutterstock

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button