Bantul Ajak Masyarakat Tanam Pohon Jaga Pasokan Oksigen - ANTARA News Yogyakarta - WisataHits
Yogyakarta

Bantul Ajak Masyarakat Tanam Pohon Jaga Pasokan Oksigen – ANTARA News Yogyakarta

Bantul Ajak Masyarakat Tanam Pohon Jaga Pasokan Oksigen – ANTARA News Yogyakarta

Bantul (ANTARA) – Pemerintah Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta mengajak masyarakat menjaga ketersediaan oksigen dengan menanam pohon sebagai upaya penghijauan.

“Menanam pohon ini merupakan salah satu cara mengerem kiamat karena pohon memiliki banyak fungsi antara lain menjaga ketersediaan oksigen dan menjaga air di dalam tanah,” kata Bupati Bantul Abdul Halim Muslih dalam keterangan tertulis Pemkab saat menghadiri penanaman pohon di Banjaran. kawasan wisata, Guwosari, Kabupaten Bantul, Minggu.

Oleh karena itu, Bupati Bantul mengapresiasi dan menyambut baik kegiatan penanaman pohon Tanam Lestari, sebuah lembaga swadaya masyarakat yang bergerak di bidang lingkungan hidup, karena akan memberikan dukungan yang signifikan kepada pemerintah dalam upaya menjaga lingkungan.

Pemda juga berharap agar kegiatan semacam ini dapat diwariskan kepada masyarakat luas, khususnya Kabupaten Bantul.

“Karena perlindungan lingkungan adalah tanggung jawab bersama untuk kesejahteraan anak cucu kita di masa depan,” ujarnya.

Selain itu, menurut Bupati, pembangunan infrastruktur yang terus digalakkan seiring dengan kebutuhan masyarakat yang terus meningkat, berdampak besar terhadap lingkungan, termasuk di Kabupaten Bantul.

Oleh karena itu, Pemerintah Kabupaten Bantul juga menekankan perlunya keseimbangan antara pembangunan dan pelestarian lingkungan, sehingga diharapkan dampak kerusakan lingkungan melalui pembangunan dapat diminimalkan.

Sementara itu, Ketua Tanam Lestari Kusdiono menyiapkan 300 bibit tanaman untuk menghijaukan kawasan wisata tersebut.

“Kami sedang menyeimbangkan jenis bibit tanaman antara tanaman buah dan tanaman hijau lainnya karena tempat ini nantinya akan dijadikan sebagai ekowisata, jadi kami berharap bisa mendukung itu,” katanya.

Organisasi Tanam Lestari yang berkantor di Kabupaten Bambanglipuro telah membudidayakan berbagai tanaman untuk ditanam di daerah tandus di wilayah Bantul, antara lain Mangunan, Bambanglipuro dan Guwosari.

Menurutnya, ke depan pihaknya akan memiliki program untuk memperluas jangkauan penghijauan lingkungan di seluruh kecamatan di Kabupaten Bantul melalui kerjasama dengan pihak terkait.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button