Menteri Perhubungan mengendalikan lokasi pembangunan bandara dan pelabuhan - WisataHits
Yogyakarta

Menteri Perhubungan mengendalikan lokasi pembangunan bandara dan pelabuhan

Menteri Perhubungan mengendalikan lokasi pembangunan bandara dan pelabuhan

tanpa judul

Krjogja.com – JAKARTA – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi tahun ini fokus pada pembangunan sarana dan prasarana transportasi di IKN Nusantara. Ia telah menyiapkan sejumlah lokasi dermaga atau pelabuhan VVIP dan bandara di IKN. Sejumlah infrastruktur transportasi yang dibangun di IKN adalah dermaga wisata, bandara VVIP, dan transportasi ramah lingkungan.

“Hari ini kita cek bersama titik-titik pelabuhan atau dermaga seperti dermaga wisata Marina di Labuan Bajo. Ada tiga alternatif lokasi, tapi kami memilih satu lokasi, yakni di kawasan Punggur yang jaraknya sekitar 9 km dari IKN,” kata Menhub Budi, Sabtu (21/1/2023).

Menhub Budi menambahkan, jarak dan waktu tempuh Punggur-Balikpapan tidak terlalu jauh, sehingga akses kedua wilayah tersebut menjadi lebih mudah. “Selain itu, lokasinya juga memiliki pemandangan laut yang indah. Dermaga ini nantinya akan dilengkapi dengan fasilitas kapal wisata dan kawasan kuliner serta fasilitas lainnya yang menarik bagi wisatawan,” ujarnya.

Selain menentukan lokasi dermaga wisata yang akan dibangun, Menhub juga menilai lokasi bandara VVIP yang akan digunakan untuk melayani tamu negara. “Kami survey dengan helikopter untuk melihat beberapa titik yang bisa menjadi alternatif lokasi Bandara VVIP yang juga akan menjadi Lanud TNI AU,” kata Menhub. Ia menyatakan sedang berkoordinasi dengan TNI AU, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat serta pihak terkait lainnya untuk menentukan lokasi dari beberapa usulan lokasi alternatif.

“Titik dermaga wisata sudah kita tentukan, kemudian kita masih pendataan untuk bandara, mudah-mudahan dalam waktu dekat bisa ditentukan lokasinya,” kata Menhub.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button