PLN aktifkan ekowisata di Sungai Mudal Yogyakarta, ekonomi nasional lebih bergairah - WisataHits
Yogyakarta

PLN aktifkan ekowisata di Sungai Mudal Yogyakarta, ekonomi nasional lebih bergairah

TAGAR.id, Jakarta – PT PLN (Persero) berkontribusi dalam peningkatan perekonomian kota melalui Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL). Hal ini dibuktikan dengan adanya ekowisata Sungai Mudal di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Ekowisata Sungai Mudal telah menjadi mitra PLN Peduli selama 6 tahun. Kini ekowisata semakin berkembang dan menarik minat pengunjung. Destinasi wisata ini juga menampung hingga 60 tenaga kerja lokal sebagai pengelola dan pengelola.

“Dukungan dari PLN ini membantu dalam pelaksanaan program pemerintah yaitu pengentasan kemiskinan, penyerapan tenaga kerja dan peningkatan kesejahteraan masyarakat sekitar,” jelas Rudi Hastaryo selaku pengelola.

Ketika orang bosan di rumah, biasanya mereka mencari wisata alam yang tidak hanya menyejukkan tapi juga terjangkau.

Ia menambahkan, kunjungan wisatawan ini terus meningkat selama tiga tahun terakhir. Ditemukan jumlah pengunjung ekowisata Sungai Mudal mencapai 38.000 orang dari Januari 2022 hingga Agustus 2022, meningkat 52% dibandingkan tahun 2021.

Pada tahun 2016, PLN mendukung program TJSL untuk mengembangkan DAS Mudal sebagai ekowisata.

Untuk memastikan keberlanjutan program TJSL, Komisaris PLN Eko Sulistyo didampingi General Manager PLN Jawa Tengah dan Unit Induk Distribusi DIY M. Irwansyah Putra melakukan kunjungan pada Selasa (13/9).

Komisaris PLN Eko Sulistyo berpesan kepada masyarakat setempat dalam kunjungannya untuk terus merawat dan mengelola lokasi ekowisata dengan baik agar warga dapat memanfaatkannya secara maksimal.

“Ekowisata milik warga sekitar, coba lestarikan agar ekowisata tetap berbasis masyarakat, sehingga nilai tambah lingkungan alam dapat dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat,” ujarnya.

Eko optimistis wisata alam akan semakin diminati wisatawan, terutama pasca pandemi.

“Kalau orang bosan di rumah biasanya mencari wisata alam yang tidak hanya menyejukkan tapi juga terjangkau,” kata Eko.

PLN sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) terus berupaya untuk hadir di masyarakat, tidak hanya dengan menyediakan listrik, tetapi juga melalui program TJSL yang dapat memberdayakan masyarakat.[]

Source: www.tagar.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button