Asean Tourism Forum akan membebaskan biaya pengiriman untuk pembelian oleh-oleh khas Jogja ke negara-negara Asia - WisataHits
Yogyakarta

Asean Tourism Forum akan membebaskan biaya pengiriman untuk pembelian oleh-oleh khas Jogja ke negara-negara Asia

TEMPO.CO, jakarta – Jadwal acara Forum Pariwisata ASEAN (ATF) 2023 yang akan digelar di Yogyakarta pada Februari 2023, akan memberikan layanan kepada delegasi asing untuk membeli oleh-oleh khas usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) lokal. General Manager ATF 2023 Gusti Kanjeng Ratu Bendara mengatakan, Dinas Koperasi dan UKM Yogyakarta akan memberikan fasilitas gratis ongkos kirim bagi delegasi ATF yang membeli barang-barang UMKM dari DI Yogyakarta.

Gratis ongkos kirim untuk peserta

“Fasilitas pengiriman gratis ini agar peserta delegasi tidak ragu untuk membeli oleh-oleh UMKM Yogya karena dapat dikirimkan ke negara masing-masing secara gratis,” kata Bendara, Rabu, 28 Desember 2022.

Bendara mengatakan, acara yang akan dihadiri 700 delegasi dari 10 negara anggota ASEAN dan 5 negara Asia ini diharapkan mampu mendongkrak perekonomian DIY, khususnya dari sektor pariwisata dan UMKM-nya. Pemerintah kini telah memilah dan mengkurasi UMKM mana saja yang akan dihadirkan dalam acara tersebut. “Nantinya akan dipamerkan sekitar enam hingga sepuluh jenis produk UMKM lokal Yogya,” kata Bendara.

Lihat: Yogyakarta tuan rumah Asean Tourism Forum, dua agenda utama disiapkan

Produk yang dijual di Teras Malioboro 1 Yogyakarta. Dermaga. Dinas Koperasi dan UMK DIY

Sebagai ajang pariwisata internasional, Asean Tourism Forum bertujuan untuk mendorong peningkatan ekonomi bagi UMKM di sektor DIY. Pada acara ini salah satu agenda utamanya adalah travel exchange (TRAVEX) agar UMKM dapat terlibat di DIY. “Event ini juga menjadi salah satu cara DIY untuk mencapai tujuannya menjadi salah satu destinasi wisata budaya unggulan di Asia Tenggara pada tahun 2025,” ujarnya.

Asean Tourism Forum adalah pintu gerbang pariwisata Yogyakarta

Acara ini diharapkan dapat menarik banyak delegasi luar negeri yang akan menyempatkan diri untuk kembali ke Yogyakarta. “ASEAN Tourism Forum itu seperti gerbang besar yang akan dijebol bersama agar peserta delegasi asing bisa melihat potensi pariwisata Yogya,” ujarnya.

Ada dua agenda utama dalam Asean Tourism Forum. Agenda pertama adalah pertemuan menteri atau pertemuan menteri pariwisata dari 10 negara ASEAN dan menteri pariwisata dari lima negara undangan seperti China, Korea Selatan, Jepang, India dan Rusia. Agenda kedua acara ATF adalah Travel Exchange yang akan diselenggarakan di Jogja Expo Center (JEC), Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

WICAKSONO SWASTA

Baca: Yogyakarta sambut ASEAN Tourism Forum dan siapkan 182 event di 2023

Selalu update informasi terbaru. Tonton breaking news dan berita pilihan dari Tempo.co di channel Telegram “http://tempo.co/”. klik https://t.me/tempodotcoupdate bergabung. Anda harus menginstal aplikasi Telegram terlebih dahulu.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button