Area Chinatown yang direkomendasikan untuk tujuan liburan Tahun Baru Imlek - WisataHits
Yogyakarta

Area Chinatown yang direkomendasikan untuk tujuan liburan Tahun Baru Imlek

Area Chinatown yang direkomendasikan untuk tujuan liburan Tahun Baru Imlek

TEMPO.CO, jakarta – Beberapa hari menjelang Imlek 2574, suasana kemeriahan sudah terasa, terutama di beberapa tempat hajatan atau pecinan. Tahun Baru Imlek tahun ini jatuh pada hari Minggu tanggal 22 Januari 2023 dan pemerintah telah menetapkan hari libur Tahun Baru Imlek sebagai hari Senin tanggal 23 Januari 2023.

Dinamika ini bisa dimanfaatkan masyarakat untuk menikmati Imlek bersama keluarga. Berikut rekomendasi destinasi liburan bertema Chinatown untuk dikunjungi saat liburan Imlek, menurut tiket.com:

jakarta

Ibukotanya memiliki sejumlah tempat bergaya Chinatown yang patut dikunjungi. Yang pertama adalah kawasan Klenteng dan pasar Petak Sembilan di kawasan Glodok, Jakarta Barat. Selain memiliki klenteng sebagai tempat ibadah Imlek, banyak juga pedagang yang menjajakan aneka pernak pernik imlek.

Tempat bertema Pecinan lainnya adalah Pantjoran PIK di Jakarta Utara. Di sana, pengunjung bisa berfoto dengan latar belakang bangunan berarsitektur China dan mencicipi berbagai kuliner lezat.

Bogor

Kota Pecinan di Kota Bogor berada di kawasan Suryakencana. Tempat ini juga menjadi tempat berlangsungnya Parade Cap Go Meh yang meriah setiap tahunnya. Di Suryakencana, pengunjung dapat menikmati suasana Imlek dan kuliner khas yang memadukan budaya Tionghoa dengan budaya lokal Sunda.

semarang

Kota Semarang memiliki kelenteng unik yang selalu menjadi tujuan wisata yaitu Kelenteng Sam Poo Kong yang terletak di kawasan Simongan. Ini adalah pagoda bersejarah yang dibangun oleh Laksamana Ceng Ho, seorang penjelajah Muslim dari Tiongkok. Setelah beberapa lama tinggal di Semarang, banyak anak buah kapal yang memilih tinggal di Simongan hingga sekarang dan akhirnya memiliki anak.

Surabaya

Di Kota Pahlawan terdapat Kuil Hong Tiek Hian, kuil tertua di sana. Pagoda ini selalu menjadi pusat perayaan Imlek. Selain itu, ada kawasan Kya-kya, sebuah kawasan pecinan yang menawarkan banyak makanan khas China serta berbagai macam kuliner mancanegara yang lezat.

Malaysia

Kawasan Chinatown juga ada di Malaysia jika Anda berminat menghabiskan liburan Imlek ke luar negeri. Tepatnya, ada distrik Pecinan di Jalan Petaling dengan nuansa Tionghoa yang kental. Di sana pengunjung dapat menikmati atraksi barongsai dan mengunjungi destinasi wisata lainnya seperti LEGOLAND Malaysia.

Singapura

Singapura juga memiliki Chinatown yang menarik. Ada Kuil Sri Mariamman dan sejumlah toko yang menjual berbagai pernak-pernik dan kuliner Cina. Tempat lain di Chinatown adalah kawasan Tiong Bahru yang menawarkan berbagai makanan khas China dan makanan yang selalu disajikan secara khusus untuk setiap perayaan Imlek.

Thailand

Hampir separuh penduduk Thailand adalah keturunan Tionghoa, sehingga tidak mengherankan jika ibu kota negara tersebut, Bangkok, menjadi kompleks Pecinan terbesar kedua di dunia. Saat Imlek, festival kuliner selalu digelar untuk sekadar menggiurkan selera pengunjung. Mulai dari pertunjukan barongsai hingga acara musik hingga pesta kembang api. Perayaan Imlek di Bangkok biasanya diadakan di Pecinan Yaowarat.

Baca juga: Jalan-jalan ke Pecinan Kya-kya di Surabaya. Nantinya, Anda bisa berbelanja di Pasar Bong pada malam hari

Selalu update informasi terbaru. Lihat berita terkini dan berita unggulan dari Tempo.co di kanal Telegram Tempo.co Update. klik https://t.me/tempodotcoupdate bergabung. Anda harus menginstal aplikasi Telegram terlebih dahulu.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button