Sandiaga Uno mengklaim kunjungan wisatawan mancanegara meningkat hingga 150 persen - WisataHits
Yogyakarta

Sandiaga Uno mengklaim kunjungan wisatawan mancanegara meningkat hingga 150 persen

Sandiaga Uno mengklaim kunjungan wisatawan mancanegara meningkat hingga 150 persen

TEMPO.CO, jakarta – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan jumlah kunjungan wisman atau wisman yang tercatat pada November 2022 mencapai 4,58 juta. Angka itu melampaui target paling optimis yakni 3,6 juta kunjungan.

“Hampir 150 persen dari target,” kata Sandiaga Uno dalam rapat kerja dengan Komisi X DPR RI, Rabu, 25 Januari 2023. “Dalam kunjungan wisatawan domestik, tercapai 633 juta perjalanan.”

Baca Juga: Bali Raih TripAdvisor Awards, Lampaui London dan Paris

Sandiaga Uno juga mengatakan devisa negara mencapai $4,26 miliar, atau tiga kali lipat dari target $1,71 miliar. Sedangkan kontribusinya terhadap produk domestik bruto (PDB) tercatat sebesar 3,6 persen.

Selain itu, mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu mengatakan, ekspor produk industri kreatif hingga November tahun lalu mencapai US$24,8 miliar dari target US$25,33 miliar pada 2022. Sedangkan nilai tambah mencapai target Rp1.236 triliun pada industri kreatif.

Kemudian, di bidang penyerapan tenaga kerja, Sandiaga Uno mengklaim sektor pariwisata telah menyerap 22,89 juta tenaga kerja dari target 21,64 juta. Hal yang sama berlaku untuk layanan di industri kreatif. Dia mengatakan, penyerapan tenaga kerja mencapai 23,98 juta atau melebihi target yang ditetapkan sebesar 22,29 juta.

Itu berarti lebih dari tiga juta pekerjaan baru ditambahkan selama tahun 2022, kata Sandiaga.

Baca Juga: Sandiaga Uno: Peluang Media Sosial untuk Memajukan Pariwisata

Ikuti berita terbaru Tempo di Google News, klik di sini.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button