Alun-alun Surabaya, Taman Wisata Seni, harga tiket dan jam buka - WisataHits
Jawa Timur

Alun-alun Surabaya, Taman Wisata Seni, harga tiket dan jam buka

jakarta

Surabaya merupakan salah satu kota terbesar di pulau Jawa dan menjadi ibu kota provinsi Jawa Timur. Di balik hiruk pikuk jalanan Kota Pahlawan ternyata ada alun-alun di tengah kota yang ramai dikunjungi orang.

Memang Alun-alun Surabaya merupakan salah satu tempat wisata yang ramai dikunjungi oleh warga lokal maupun wisatawan dari luar kota. Selain tempatnya yang bersih dan nyaman, Surabaya Square juga Instagrammable sehingga banyak orang yang berfoto.

Jadi apa yang bisa Anda lakukan saat mengunjungi Surabaya Square? Lalu bagaimana cara menuju ke sana? Simak pembahasan lengkapnya di artikel ini yuk detikers.

MENAMPILKAN

GULIR UNTUK LANJUTKAN KONTEN

Sejarah Alun-Alun Surabaya

Meski saat ini ramai pengunjung, masih banyak yang belum mengetahui cerita di balik pembangunan Surabaya Square. Alun-alun Surabaya merupakan alun-alun yang tergolong baru dan dibangun oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya, sebagaimana dilansir dalam e-journal berjudul Kajian Konsep Alun-Alun Surabaya Berdasarkan Persepsi Stakeholder oleh Ni Luh Putri Widyarini Leira Kristina dkk. dijelaskan.

Pada 2019 lalu, Tri Rismaharini yang saat itu menjabat Wali Kota Surabaya ingin membangun alun-alun di tengah kota. Kehadiran alun-alun ini dimaksudkan untuk menjadi ruang publik terbuka yang dapat digunakan masyarakat Surabaya untuk berkumpul, bersosialisasi, dan bermain.

Seperti diberitakan website surabaya.go.id, Wali Kota Surabaya saat itu, Tri Rismaharini, akhirnya meresmikan Alun-alun Surabaya pada 17 Agustus 2020, lebih tepatnya pada Hari Kemerdekaan RI ke-75. Lokasi alun-alun ini berada di Kompleks Balai Pemuda, Jalan Gubernur Suryo, Kecamatan Genteng, Surabaya, Jawa Timur.

Namun nyatanya Alun-alun Surabaya lama tidak berada di kawasan Balai Pemuda, melainkan di tempat yang berbeda. Menurut para penggiat sejarah, Alun-alun Surabaya dulunya berada di kawasan kompleks Tugu Pahlawan.

Pada akhir abad ke-18, alun-alun ini kemudian dibongkar oleh pemerintah Belanda karena masuk dalam rencana perluasan bastion benteng kota. Alun-alun Surabaya terbentang dari Jalan Sulung hingga ke tengah Tugu Pahlawan, sehingga jalan ini disebut Jalan Alun-alun pada zaman dulu.

Hal ini sempat menimbulkan kontroversi di kalangan pegiat sejarah terkait penamaan Alun-alun Surabaya. Meski demikian, Alun-alun Surabaya menjadi salah satu destinasi paling diminati wisatawan hingga saat ini.

Ada apa di Alun-alun Surabaya?

Alun-alun Surabaya memiliki sejumlah fasilitas yang dapat digunakan oleh masyarakat. Jadi apa yang terjadi di Surabaya Square? Lihat di bawah ini:

1. Ruang kosong

Basement Alun-alun Surabaya dibuka untuk umum mulai hari ini.  Kawasan tersebut juga dapat menjadi tujuan wisata alternatif bagi warga maupun wisatawan yang berkunjung ke SurabayaRuang terbuka di Alun-alun Surabaya Foto: Deny Prastyo Utomo/detikcom

Sesuai fungsinya, Alun-alun Surabaya memiliki ruang terbuka yang tertata rapi, bersih, nyaman dan berdesain estetis. Hal ini dilakukan agar masyarakat atau wisatawan yang berkunjung ke kita merasa senang dan betah berlama-lama.

ruang bawah tanah ke-2

Basement Alun-alun Surabaya dibuka untuk umum mulai hari ini.  Kawasan tersebut juga dapat menjadi tujuan wisata alternatif bagi warga maupun wisatawan yang berkunjung ke SurabayaBasement Alun-alun Surabaya. Foto: Deny Prastyo Utomo/detikcom

Berbeda dengan alun-alun pada umumnya, Alun-alun Surabaya memiliki ruang bawah tanah atau biasa disebut basement. Di basement terdapat ruangan yang sering digunakan untuk berbagai acara seperti pameran seni.

3. Gedung Pusat Kebudayaan

Di dalam Alun-alun Surabaya juga terdapat gedung Balai Budaya. Gedung ini sering digunakan untuk pertunjukan budaya daerah, termasuk yang berasal dari Jawa Timur.

4. Ornamen air mancur

Alun-alun Surabaya juga memiliki ornamen air mancur di bagian luar (outdoor). Air mancur ini menjadi viral di media sosial dan menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat dan wisatawan.

5. Instalasi seni kaca
Ada instalasi seni kaca di basement Surabaya Square. Pada pameran seni, instalasi diisi dengan berbagai karya seni.

6. Area Taman Seluncur

Ada juga skate park di basement Alun-alun Surabaya. Tenang, skatepark ini gratis digunakan, jadi kamu bisa mengajak temanmu bermain skateboard.

7. Area Pujasera

Anda tidak perlu khawatir perut lapar karena ada area food court di Surabaya Square. Di tempat ini, detics bisa mencicipi berbagai kuliner khas Jawa Timur yang enak.

Tiket masuk Surabaya Square

Terkait tarif masuk, Pemkot Surabaya tidak menetapkan harga bagi setiap orang yang masuk ke Alun-alun Surabaya. Semua penduduk dan turis bebas masuk.

Namun, jika detics ingin berkeliling Surabaya dengan cara lain, Anda dapat membeli tiket wisata Surabaya dan mengambil paket perjalanan Bus Jalur Belanja dan Kuliner Surabaya ke Kompleks Balai Pemuda. Wahana ini tersedia pada hari Selasa, Sabtu dan Minggu dengan harga Rp 10.000/orang.

Jam buka Alun-alun Surabaya

Sebagai informasi: Alun-alun Surabaya buka mulai pukul 07:00 hingga 21:00 WIB. Jangan khawatir, Surabaya Square juga buka setiap hari, jadi kamu bisa berkunjung kapan pun kamu mau.

Lokasi dan akses ke Surabaya Square

Alun-alun Surabaya terletak di Jalan Gubernur Suryo 15, Embong Kaliasin, Kecamatan Genteng, Surabaya, Jawa Timur. Letak Alun-alun sendiri berada di pusat kota Surabaya dan dekat dengan balai kota sehingga mudah dijangkau oleh masyarakat.

Karena letaknya yang strategis, Alun-alun Surabaya sangat mudah diakses baik dengan kendaraan pribadi maupun angkutan umum. Jika Anda mengunjungi alun-alun dengan kendaraan umum, Anda dapat naik bus Suroboyo dari Terminal Purabaya dan turun di halte Gubernur Suryo.

Bagi yang membawa kendaraan pribadi, Anda bisa berkendara menuju alun-alun melalui Jalan Gubernur Suryo. Lokasi Alun-alun Surabaya sendiri berada di persimpangan antara Jalan Gubernur Suryo dan Jalan Yos Sudarso.

Demikian pembahasan detail mengenai Alun-alun Surabaya dan sejarahnya, fasilitas umum yang tersedia, harga tiket masuk, jam operasional, lokasi dan akses menuju alun-alun. Semoga artikel ini dapat membantu anda yang masih bingung mencari informasi tentang Surabaya Square.

Simak video “Melihat Berbagai Layang-Layang Indah Menghias Langit Surabaya Jawa Timur”.
[Gambas:Video 20detik]
(ilf/des)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button