Kisah Cinta Jaka Tarub dan Nawang Wulan Versi Penjaga Makam di Pamekasan - WisataHits
Jawa Timur

Kisah Cinta Jaka Tarub dan Nawang Wulan Versi Penjaga Makam di Pamekasan

maduraintiefe.com – Pamekasan memiliki banyak destinasi wisata religi. Salah satunya, Makam Jaka Tarub yang terletak di Dusun Pacanan, Desa Montok, Kecamatan Larangan, Pamekasan. Ada banyak kisah menarik yang bisa diketahui tentang perjalanan sang legenda Jaka Tarub.

Konon Jaka Tarub dulunya adalah ulama legendaris di Indonesia dan nenek moyang raja-raja Mataram. Jaka Tarub adalah seorang ulama pendatang dari negeri Jawa yaitu daerah Banten. Ia adalah putra Syekh Maulana Maghribi.

Spanduk 728x728

Jaka Tarub datang ke Madura untuk menyebarkan agama Islam, khususnya di daerah Pamekasan. “Yang datang ke tempat ini tidak hanya wisatawan domestik tapi juga beberapa wisatawan mancanegara seperti Banyuwangi, Surabaya dan Jember. Mereka semua penasaran dengan kisah Ki Ageng Jaka Tarub dan kisah cintanya dengan bidadari surga,” ujar Muhammad, juru kunci makam Jaka Tarub, Senin (5/12).

Menurutnya, Ki Ageng Jaka Tarub menikah dengan bidadari kahyangan bernama Nawang Wulan. Pernikahan tersebut diawali dengan kedatangan Jaka Tarub di Pamekasan. Saat itu dia melihat bidadari dari surga sedang mandi di sungai.

Melihat hal itu, kata Muhammad, Ki Ageng Jaka Tarub mengambil salah satu selendang yang menghalangi bidadari itu kembali ke surga. Kemudian Jaka Tarub mengundang bidadari Nawang Wulan ke rumahnya. Singkatnya, mereka menikah untuk memiliki anak.

“Ini cerpen Ki Ageng Jaka Tarub,” kata Muhammad.

Alif, salah satu jemaah mengaku tertarik dengan kisah Jaka Tarub. “Saya datang karena tertarik dengan kisah Ki Ageng Jaka Tarub, dari sisi bagaimana beliau menyebarkan Islam di Pamekasan,” ungkapnya.(MID27/*)

Dapatkan informasi terbaru disini

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button