Akhir Pekan Disporapar Kota Malang Gelar Ngalam Heritage Run 10K, Ada 12 Pelari Luar Negeri - WisataHits
Jawa Timur

Akhir Pekan Disporapar Kota Malang Gelar Ngalam Heritage Run 10K, Ada 12 Pelari Luar Negeri

WAKTU JATIM – Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Malang akan menggelar Ngalam Heritage Run 10K pada akhir pekan Minggu (20/11/2022) mendatang yang diikuti oleh 850 peserta, 12 di antaranya dari Amerika dan Timor Leste.

Kepala Disporapar Kota Malang Baihaqi mengatakan, kegiatan Ngalam Heritage Run 10K merupakan upaya dari Disporapar Kota Malang kembali membangkitkan acara-acara lari di Kota Malang yang sebelum pandemi Covid-19 dulu kerap kali digelar.

Pihaknya menyebut, lari sepanjang jalur 10 kilometer ini juga merupakan upaya dari Disporapar Kota Malang untuk lebih mengealkan berbagai potensi dari segala aspek yang dimiliki Kota Malang.

Mantan Pelaksana Tugas (Plt) Inspektur Kota Malang ini menjelaskan, bahwa dengan mengusung konsep Ngalam Heritage Run 10K merupakan wujud sinergi dan implementasi dari misi Wali Kota Malang Sutiaji. Yaitu mewujudkan kota yang produktif, berdaya saing tinggi dengan berbasis ekonomi kreatif berkelanjutan dengan menggali kejayaan malang tempo dulu.

“Itu bagian usaha kita untuk mengembangkan ekonomi kreatif. Ini kan nyambung nanti dengan destinasi Kayutangan Heritage dan segala macam,” ujar Baihaqi kepada JatimTIMES.com, Jumat (18/11/2022).

Petalari.

Menurutnya, Kota Malang memang tidak memiliki destinasi wisata alam. Di mana dengan banyaknya warisan kawasan-kawasan, bersejarah, serta edukatif, itu lah yang dijual oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Malang kepada wisatawan domestik maupun mancanegara.

“Sehingga kita terus berinovasi, berkreasi untuk menggali sejarah yang kita kenali sekarang dalam rangka mengangkat Kota Malang sebagai kota industri, kota wisata dan kota pendidikan,” terang Baihaqi.

Pihaknya menjelaskan, sesuai konsep yang diusung, maka dalam Ngalam Heritage Run 10K juga akan menjerumuskan kawasan-kawasan heritage. Di mana dimulai di Stadion Gajayana, kemudian ke Jalan Besar Ijen, Jalan Kawi, Jalan Arif Rahman Hakim, Jalan Basuki Rahmat, Jalan BS Riadi, Jalan Buring, Jalan Guntur, Jalan Anjasmoro, Jalan Raung, Jalan Simpang Ijen, Jalan Surabaya, Jalan Jombang , Jalan Galunggung, Jalan Dieng, Jalan Wilis, Jalan Besar Ijen, Jalan Semeru dan finis Stadion Gajayana.

“Pasti nanti akan melewati rute-rute yang heritage. Seperti di daerah Basuki Rahmat, Jalan Kawi, kemudian Jalan Ijen, ini kan heritage semua sampai nanti di depan pembantu gubernur (bakorwil) juga banyak kawasan heritage,” ujar Baihaqi.

medali

Selain itu, dia juga telah menyiapkan medali bagi para finisher dengan desain yang mengusung konsep heritage dan dipesan dari luar negeri. Di mana nantinya hanya finisher dengan catatan waktu di bawah 2.5 jam yang bisa mendapatkan medali tersebut.

Kemudian, panitia juga akan memilih lima podium untuk pelari laki-laki dan lima podium untuk pelari perempuan. Untuk podium satu berhadiah Rp 1,5 juta; podium dua Rp 1,25 juta; podium tiga Rp 1 juta; podium empat Rp 750 ribu; serta podium lima Rp 500 ribu.

Lebih lanjut, permintaan akan berupaya untuk menjadikan acara Ngalam Heritage Fun 2022 harus berkelanjutan dan menjadi calendar event tetap Pemkot Malang. Hal itu juga nantinya akan membuat Kota Malang semakin dikenal di dalam maupun luar negeri.

Malang untuk Indonesia, Malang untuk Dunia. Sehingga kalau sudah seperti itu, semuanya akan terangkat. Ekonominya, olahraganya, semuanya terangkat, sehingga masyarakat Kota Malang akan dampbaannik elebhtera kes lagi,” tandas Baihaqi.

Sebagai informasi, terdapat 12 pelari dari America dan Timor Leste yang akan mengikuti gelaran Ngalam Heritage Run 2022, di antaranya:

1.Michael Lucero, Amerika
2. Elia Lucero, Amerika
3.Brian Coughlin, Amerika
4. Seth Eli Vidrio, Amerika
5. Shanika Rae Musser, Amerika
6. Leandro Rico da Costa, Timor Leste
7. Laurensius Casimiro, Timor Leste
8. Adao dos Santos Cabral, Timor Leste
9. Denilson Correia Mesquita, Timor Leste
10. Paulo da Silva Freitas, Timor Leste
11. Gilman da Silva Godinho, Timor Leste
12 . Justino Dos Santoso, Timor Leste

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button