Akan menjadi tuan rumah Kontes Sinden Rock Idol 2023. Berikut penjelasan Kadisparta dan beberapa artis rock - WisataHits
Jawa Timur

Akan menjadi tuan rumah Kontes Sinden Rock Idol 2023. Berikut penjelasan Kadisparta dan beberapa artis rock

Kontes Sinden Idol (adalah)Kontes Sinden Idol (adalah)

BATU (SurabayaPost.id) – Dinas Pariwisata Kota Batu akan menggelar “Lomba Sinden Batu Idola 2023 Melalui Malang Raya” pada 27-28 Februari dan 1 Maret 2023 bekerjasama dengan sejumlah seniman Kota Batu.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Pariwisata Kota Batu Arief As Siddiq saat koordinasi aktif tersebut di Padepokan Griya Shinta Dewa, Jalan Rambutan Songgoriti, Desa Songgokerto, Kota Batu, Selasa (20/12/2022).

“Lomba Sinden Idola Rock 2023 se-Malang Raya menampilkan seniman dan sesepuh Kota Batu, Ibu Agung Shinta, budayawan kesenian Sinden Karawat, bersama maestro Karawitan Pak Batu,” kata Arief.

Dalam Kontes Sinden Batu Idola 2023 se-wilayah metropolitan Malang, kata Arief, Disparta berkomitmen agar seluruh budaya di Kota Batu berkontribusi sebagai kota wisata dan budaya.

“Disparta berkomitmen pada semua budaya, semua jenis seni budaya. Kita dorong Kota Batu untuk maju dan berkontribusi terhadap Kota Batu sebagai kota wisata budaya,” ujarnya.

Arief sangat aktif dan melayani peserta di atas 50 tahun di setiap kategori mulai dari anak-anak hingga remaja dengan usia maksimal 15 tahun dan untuk masyarakat umum segala usia.

“Yang terpenting acara ini gratis untuk seluruh warga Malang Raya. Luar biasanya panitia akan memberikan hadiah menarik berupa dana pembinaan jutaan rupiah dan juga sertifikat souvenir menarik.

“Yang tidak kalah pentingnya adalah kegiatan ini dilakukan di kawasan Songgoriti yang dulunya merupakan pusat kebudayaan, terbukti dengan keberadaan Candi Empu Supa, dan pada hari pertama akan diadakan acara seremonial khusus di Candi Supa. memberi. ” dia berkata.

Hal itu, katanya, akan menjadi daya tarik penonton, dan pada hari kedua penjurian kompetisi, para juri yang terdiri dari pakar seni Sinden yang kredibel tentu akan memulai semua ini.

Para tetua berpose bersamaPara tetua berpose bersama

Di saat yang sama, Agung Shinta, sesepuh Sinden di Kota Batu, mengaku prihatin dengan keberadaan Sinden yang kian suram.

“Itu salah satu budaya kita. Kami telah sepakat untuk mengadakan kompetisi Sinden Idol Batu 2023 di Malang Raya, kami akan mengadakannya pada tanggal 27 dan 28 Februari 2023 dan 1 Maret,” kata Shinta.

Yang terpenting, kata dia, Sinden ini bisa lestari, meski menurutnya perlu
dibedakan, sangat berbeda antara sinden dan pengamen.

“Berdasarkan keprihatinan bahwa kegiatan ini diprakarsai oleh Disparta Kota Batu. Saya berharap akan ada banyak peserta dan banyak peminat yang ingin berpartisipasi. Demi melestarikan budaya dan tidak hanya batunya tapi juga Malang, budaya kita tidak diremehkan oleh daerah lain.

“Batu Kota Wisata dan kota budaya dengan demikian akan menumbuhkan toleransi yang tinggi sebagai warga negara Indonesia yang pancasilais,” ujarnya.

Sementara itu, Eko Saputro, Ketua Pepadi Kota Batu, mengaku prihatin sebagai penyanyi dan artis di Karawitan.

“Jadi yang kita fokuskan secara khusus adalah bahwa di masyarakat sekarang, karakter Sinden sebenarnya hilang. Untuk melestarikan seni karawitan yang mendukung pewayangan, secara khusus kami fokuskan untuk mengembangkan dan menghidupkan kembali rasa kebersamaan, khususnya bagi remaja putri yang ingin mendalami seni karawitan, ujarnya.

Jadi, katanya, dengan momen ini dia bisa ikut mengobarkan cintanya untuk kembali ke warisan mulia.

“Selain itu, kemarin tanggal 15 Desember kita memperingati Hari Gamelan Sedunia karena terkait dengan kompetisi Sinden Idol di Kota Batu. Kompetisi ini bertujuan untuk membuka potensi baru penyanyi muda dengan mengajak anak-anak usia 10 sampai 15 tahun memperkenalkan kepada khalayak luas bahwa tidak dibatasi usia, jelasnya.

Hal itu, jelasnya, dengan harapan momen ini benar-benar menginspirasi dan menangkap potensi Sinden yang nantinya akan mengembangkan seni Karawitan itu sendiri dan nantinya berlangsung di lokasi.

“Griya Shinta Dewa Dalem Agung Ibu Shinta dan nantinya akan meningkatkan minat masyarakat dalam membangkitkan potensi budaya. Kami sangat berharap khazanah budaya kota Batu yang terkonsentrasi di Songgoriti dapat semakin membawa nama kota Batu,” harapnya.

Sekadar informasi, Lomba Sinden Rock Idol 2023 akan diselenggarakan pada 27-28 Februari dan 1 Maret 2023 di Malang Raya di Padepokan Griya Shinta Dewa, Jalan Rambutan. No.20 Songgoriti, Desa Songgokerto, Kota Batu.

Pendaftaran gratis, pemenang mendapatkan uang pembinaan, voucher hadiah dan souvenir. Peserta kategori Anak/Remaja (maksimal 15 tahun, semua umur. Narahubung untuk pendaftaran, Naning Wulandari: 08213965 1331, Ki Eko Saputro: 085336379289. ( Gus)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button