Pantai Bagedur, pantai menawan dengan keunikan hamparan pasir indah di Lebak - WisataHits
wisatahits

Pantai Bagedur, pantai menawan dengan keunikan hamparan pasir indah di Lebak

Pantai Bagedur, pantai menawan dengan keunikan hamparan pasir indah di Lebak

Pantai Bagedur merupakan pantai yang memiliki karakteristik pasir yang padat. Pantai cantik di Lebak, Banten ini sangat unik dengan panorama menawan yang menjadi favorit para wisatawan.

Harga tiket: Rp5.000 Jam operasional: 24 jam, Alamat: Sukamanah, Kec. Malingping, Kab. Lebak, Banten; Kasus: Verifikasi lokasi

Banten merupakan daerah dengan potensi yang luar biasa, terutama dalam hal wisata pantai. Karena ada banyak tempat wisata tepi pantai yang menarik untuk dikunjungi. Salah satu wisata pantai tersebut adalah pantai Bagedur yang memiliki sejuta pesona dan keunikan.

Pantai menawan ini memiliki panjang garis pantai lebih dari 2 km dengan lebar sekitar 50 meter. Dengan garis pantai berpasir yang panjang, pantai cantik ini menjadi favorit wisatawan lokal maupun regional. Apalagi pantai yang indah ini juga indah dan menyejukkan mata.

Apalagi sekarang sedang dibangun beberapa fasilitas. Ombak yang mencapai bibir pantai juga tidak terlalu besar karena panjangnya pantai. Tentu menyenangkan karena anak-anak bisa berenang atau bermain di pasir.

Atraksi yang ditawarkan oleh Pantai Bagedur

Pantai BagedurFoto: Google Maps/Drose Channel

Pantai indah ini memiliki keistimewaan berupa medan berpasir yang luas dan landai. Tekstur persisnya yang cenderung lebih padat juga menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung.

✦ Kendaraan bisa langsung menuju pantai

Salah satu kelebihan dan daya tarik dari pantai yang indah ini adalah kendaraan dapat parkir langsung di pinggir pantai. Hal ini tentunya akan memudahkan pengunjung untuk menikmati keindahan pantai dari dalam mobil. Selain itu, karakteristik pasirnya yang padat membuat kendaraan tidak terpeleset saat melewatinya.

✦ Gelombang yang cukup kuat

Pantai indah ini terletak di sisi selatan, sehingga memiliki ombak yang cukup kuat dan besar. Meski dengan ombak yang kencang, kesegaran pantainya tak terbantahkan. Pengunjung masih bisa bermain air yang dihiasi ombak besar.

✦ Tutupan pasir pantai Bagedur yang unik

Hamparan pantai berpasir yang indah ini memiliki keunikan tersendiri dibandingkan dengan pantai lainnya. Pantai indah ini memiliki tekstur pasir yang keras dan padat yang dapat dilalui oleh kendaraan roda dua atau empat. Tekstur pasir yang padat ini dapat terjadi karena kandungan mineral yang memperkuat pasir menjadi lebih keras.

Berbeda dengan beberapa pantai lainnya, pantai cantik ini justru memiliki pasir yang warnanya terlihat agak unik dengan warna agak kehitaman. Namun, hal itu tidak membuat pantai menjadi kotor, justru terlihat lebih menawan.

✦ Pantai yang landai dan luas dengan panorama yang mempesona

Saat pertama kali memasuki kawasan pantai, pengunjung akan terkagum-kagum dengan pemandangan pantai yang luas dengan medan yang landai. Meski ombaknya besar, namun batas darat dan lautnya cukup luas. Dari kawasan pantai Bagedur, pengunjung bisa melihat panorama yang luar biasa dengan formasi bebatuan.

✦ Tempat unik untuk berkemah

Pasir pantai yang memiliki tekstur padat tentunya sangat cocok untuk mendirikan tenda dan menyalakan api unggun. Wisatawan juga bisa bermalam sambil memandang hamparan pantai yang indah. Pantai indah ini sangat cocok untuk mengadakan acara karena tempatnya masih sepi pengunjung.

✦ Akomodasi tersedia di pantai Bagedur

Banyak yang tidak mengetahui bahwa kini Pantai Bagedur menawarkan akomodasi di kawasan pantai. Dengan demikian, jika tidak ingin memasang tenda, Anda bisa langsung menyewa penginapan yang tersedia. Jarak antara hostel dan pantai juga cukup dekat, sekitar 100 meter dari bibir pantai.

Alamat dan rute menuju pantai

Alamat Pantai BagedurFoto: Google Maps/Fakhriy Dinansyah

Pantai Bagedur terletak di Desa Sukamanah, Kecamatan Malingping, Kabupaten Lebak, Banten. Jaraknya sekitar 83 km dari Kabupaten Pandeglang dan 115 km dari Rangkasbitung. Ada beberapa rute yang bisa ditempuh pengunjung dengan jarak yang berbeda-beda.

Jalur dan jalur tersebut antara lain jalur Gunung Kencana, jalur Sukabumi Pelabuhan Ratu dan jalur Saketi. Mayoritas wisatawan lebih memilih jalur Gunung Kencana dibandingkan jalur lainnya. Meski jalur Gunung Kencana juga tidak terlalu kencang. Hanya saja, Jalan Kencana dipenuhi hutan dan jalanan berkelok-kelok.

Meski begitu, jalannya sangat mulus karena tertimbun. Namun jalur yang menghemat waktu adalah jalur Sukabumi Pelabuhan Ratu yang hanya memakan waktu 2 jam.

Harga Tiket Masuk Wisata Bahari

Tarif masuk ke Pantai Bagedur relatif murah yaitu hanya sekitar Rp 5.000 untuk kendaraan roda dua. Sedangkan pengunjung yang menggunakan roda empat dikenakan tiket masuk sebesar Rp 15.000. Jika rombongan menggunakan bus, biayanya hanya sekitar Rp35.000.

Wisatawan yang datang tanpa membawa kendaraan akan dikenakan tiket masuk ke Pantai Bagedur kurang lebih Rp2.000 per orang. Wisata pantai yang indah ini dibuka untuk umum setiap hari selama 24 jam. Hindari mengunjungi pantai indah ini saat musim liburan karena sering terjadi puncak pengunjung.

Aktivitas seru yang bisa dilakukan

Aktivitas seru di pantai BagedurFoto: Google Maps/Mauluddin Anwar

Banyak kegiatan menarik yang bisa dilakukan di pantai Bagedur, mulai dari kegiatan rekreasi hingga olahraga. Wisatawan bisa menikmati keindahan pantai dengan berbagai aktivitas seru.

1. Lakukan aktivitas olahraga di pantai

Pantai indah ini sangat cocok sebagai tempat olahraga. Karena kepadatan pasirnya yang akan dijadikan sebagai arena bermain voli pantai atau bermain sepak bola pantai. Keseruan berlatih kedua olahraga ini akan semakin terasa dengan hentakan dan angin yang menyejukkan tubuh.

2. Kamp

Bagi pengunjung yang menyukai aktivitas luar ruangan dan ingin bermalam, ada juga kemungkinan kegiatan berkemah. Pantai berpasir yang luas dan padat sangat cocok untuk mendirikan tenda di sepanjang pantai. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan lahan berumput dengan dataran yang lebih tinggi untuk menghindari air pasang.

3. Nikmati ikan bakar

Selain menikmati pemandangan pantai, pengunjung juga bisa mencicipi berbagai makanan khas seafood seperti ikan bakar dan cumi. Makanan ringan dan minuman ringan juga tersedia. Pengunjung juga bisa membeli ikan segar dari penjaja makanan laut di sekitar pantai dan bisa membakarnya tepat di pinggir pantai.

4. Berenang

Pantai Bagedur Pandeglang sangat aman digunakan untuk berenang dengan ombak kecil karena garis pantainya yang lebar. Namun, wisatawan harus selalu mewaspadai ombak dan arus laut sebelum berenang. Jika ombaknya besar, lebih baik menunda berenang.

5. Menikmati pemandangan matahari terbenam

Pantai selalu memiliki matahari terbenam yang indah, termasuk pantai yang indah ini. Matahari terbenam akan semakin indah dengan kombinasi langit yang menguning dan pantulan cahaya di pantai yang basah. Biasanya matahari terbenam antara pukul 17.30 dan 18.30 tergantung musim.

Fasilitas yang tersedia di area pantai

Fasilitas Pantai BagedurFoto: Google Maps/Badut Udin Badut

Fasilitas yang tersedia di Pantai Bagedur cukup memadai. Memang tersedia toilet umum, kamar mandi, dan warung makan. Zona pantai yang luas juga memudahkan pengunjung untuk memarkir kendaraannya tidak jauh dari laut asalkan tidak terlalu dekat dengan batas maritim.

Ada banyak pantai yang bisa dinikmati keindahannya di Pulau Jawa, termasuk di kawasan Banten. Namun Pantai Bagedur cukup berbeda karena menampilkan nuansa pantai yang unik dengan berbagai aktivitas menarik. Apalagi dengan rute dan tiket masuk yang terjangkau, pantai cantik ini semakin menjadi favorit para wisatawan.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button