AIR TERJUN SRI GETHUK - Tiket dan Aneka Kegiatan - WisataHits
wisatahits

AIR TERJUN SRI GETHUK – Tiket dan Aneka Kegiatan

AIR TERJUN SRI GETHUK – Tiket dan Aneka Kegiatan

Harga tiket masuk Air Terjun Sri Gethuk Yogyakarta : Rp 15.000. Jam buka: 08:00 – 16:00. Nomor telepon: -. Alamat/Lokasi: Munggur II, Bleberan, Playen, Gunung Kidul, DI Yogyakarta, Indonesia, -.

Air Terjun Sri Gethuk salah satu tempat wisata terkenal di gunung kidul. Obyek wisata alam yang tidak hanya menawarkan keindahan pemandangan air terjun tetapi juga aliran sungai. Karena letaknya yang berada di tepi Sungai Oyo. Bagi yang ingin ke air terjun ini bisa menyusuri sungai dengan rakit atau berjalan-jalan menyusuri sungai.

Air terjun ini terbentuk dari 3 mata air yang mengalir melalui tebing tinggi. Ketiga narasumber tersebut adalah Ngandong, Dong Poh dan Ngumbul. Dari 3 aliran ini menyembur mata air yang bisa membentuk 3 sampai 5 air terjun tergantung musim. Apalagi ketinggian air terjun ini bisa mencapai sekitar 25 meter.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Sri Gethuk Yogyakarta

Pengunjung dapat menikmati keindahan air terjun ini dengan harga tiket terjangkau. Harga tiket tersebut juga sudah termasuk pemandangan sungai dan tebing. Namun, untuk pergi ke air terjun dengan rakit, Anda harus membayar biaya sewa lagi. Selain itu, beberapa fasilitas dan wahana yang tersedia juga dikenakan biaya tambahan.

Biaya masuk
Tiket masuk Rp 15.000
Tiket rakit Rp 10.000

Baca Juga: 3 Air Terjun Seru di Yogyakarta

Jam buka

Bagi yang ingin ke air terjun ini, datanglah pada pagi hari. Karena pada pagi hari kawasan masih tenang, sehingga Anda bisa beraktivitas lebih leluasa. Untuk jam bukanya hanya sampai sore hari.

Jam buka
Selasa – Minggu 08.00 – 16.00

Aktivitas dan Wahana di Air Terjun Sri Gethuk Yogyakarta

Wisata air terjun Sri Gethuk ini menawarkan keindahan pemandangan. Berbagai pemandangan alam yang bisa dinikmati yaitu air terjun, sungai dan tebing kapur. Kemudian, di sepanjang jalan menuju air terjun, pengunjung bisa menikmati pemandangan pepohonan yang selalu memukau. Selain itu, ada juga berbagai wahana.

Pemandangan alam di air terjun Sri Gethuk, Yogyakarta

Air Terjun Sri Gethuk Gunung KidulPemandangan alam yang terlihat menghiasi sekitar air terjun. Foto: Google Maps/Bara Purnomo

Air terjun ini terletak di Gunung Kidul yang memiliki garis dataran berbukit. Tak heran jika dalam perjalanan menuju air terjun, pemandangan perbukitan kapur dengan pepohonan yang lebat akan menemani Anda.

Selain itu tidak ketinggalan aliran Sungai Oyo menambah asri suasana. Saat musim kemarau, air di sungai ini akan tampak jernih dengan warna kehijauan. Namun saat musim hujan, pemandangan air sungai tidak sebagus biasanya.

Baca: GROJOGAN WATU PURBO: Air Terjun Berjenjang yang Unik

Berenang dan berfoto di air terjun

Sungai Oyo dan Air Terjun Gunung KidulPengunjung yang terlihat aktif berswafoto dan berenang. Foto: Google Maps/Artine Indonesia

Bagi yang menyukai kegiatan fotografi, kawasan di sekitar air terjun sangat cocok untuk dijadikan objek foto. Foto-foto eksotis air terjun yang berlatarkan perbukitan hijau subur kerap menjadi incaran. Ditambah dengan aliran sungai yang berwarna hijau muda, gambarnya akan terlihat unik dan tidak biasa.

Usai berfoto, pengunjung bisa menghabiskan waktu dengan berenang di sungai di depan air terjun. Alirannya cukup tenang dan aman. Namun Anda harus berhati-hati, sungai ini cukup dalam. Oleh karena itu, mereka yang berenang harus memiliki pelampung yang bisa disewa di sini.

Wahana Flying Fox, Body Rafting dan Raft

Pemasangan rakit di Air Terjun Sri GethukPengunjung yang tampak menaiki rakit untuk menuju air terjun. Foto: Google Maps/Siti Zaenab

Di sekitar wisata air terjun ini juga terdapat berbagai wahana yang dapat memacu adrenalin. Beberapa wahana tersebut antara lain: rubah terbang Dan arung jeram. Wahana flying fox sangat cocok bagi yang ingin menikmati pemandangan sambil melakukan atraksi.

Adapun wahana arung jeram cocok untuk yang ingin bersantai di sungai sambil menikmati pemandangan. Wisatawan akan mengapung di sepanjang sungai untuk mencapai air terjun. Jaraknya sekitar 350 meter saja.

Bagi mereka yang tidak ingin berjalan atau arung jeram di air terjun bisa menaiki rakit yang sudah tersedia. Karena biayanya sendiri jauh lebih murah daripada arung jeram. Kapasitas rakit hingga 14 penumpang dan waktu tempuh menuju air terjun hanya 7 menit.

Baca Juga: Tiket Masuk dan Atraksi Air Terjun KEDUNG PEDUT Kulon Progo

Wisata kuliner

Di sekitar kawasan air terjun terdapat warung yang menjajakan makanan dan minuman dengan berbagai menu. Salah satu warung yang bisa ditemui di sini adalah Warung Sri Agung. Menawarkan berbagai menu seperti nasi goreng, soto ayam, ayam goreng dan lain-lain.

Selain makanan, menu minumannya juga cukup banyak, beberapa minuman yang tersedia antara lain teh Rosella, susu jahe, Degan Kakar, dll. Tak ketinggalan tentunya minuman panas khas Yogyakarta yaitu wedang uwuh. Harga menu makanan dan minuman di stand juga cukup terjangkau.

Kemudahan

Tempat Parkir Air Terjun Gunung KidulFasilitas parkir mobil yang luas di Wisata Air Terjun. Foto: Google Maps/Arina Rakhmawati

Tempat wisata ini sudah menawarkan fasilitas yang cukup lengkap dan memadai. Fasilitas yang disediakan antara lain toilet, mushola dan tempat parkir yang luas. Bagi yang ingin berganti pakaian, ada juga ruang ganti. Selain itu, tempat wisata ini juga menawarkan persewaan wahana dan warung makan.

Rute dan Lokasi Menuju Air Terjun Sri Gethuk

Air Terjun Sri terletak di Desa Bleberan, Gunung Kidul, Yogyakarta. Pengunjung bisa menggunakan sepeda motor atau mobil untuk menuju ke sana. Karena letaknya yang berada di kawasan pegunungan, tak heran jika jalan menuju ke sana cukup menanjak. Persiapkan kendaraan dalam kondisi terbaik agar perjalanan berjalan lancar.

Akses jalan menuju wisata ini sudah bagus. Jarak dari kota Yogyakarta ke air terjun sekitar 38 kilometer. Biasanya akan memakan waktu sekitar 1,5 jam jika tidak ada kemacetan lalu lintas. Pengunjung dapat menempuh rute Imogiri-Dlingo atau Pleret-Pathuk.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button