Air terjun Parangloe Gowa, nikmati keindahan air terjun sambil memasak - WisataHits
wisatahits

Air terjun Parangloe Gowa, nikmati keindahan air terjun sambil memasak

Harga tiket: Rp 5.000; Kasus: Cek lokasi
Alamat: Belapunranga, Kec. Parangloe, Kab. Gowa, Sulawesi Selatan.

Air Terjun Parangloe yang terletak di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan ini menawarkan pemandangan deretan bebatuan yang memiliki anak tangga sambil dialiri air. Untuk itulah air terjun ini disebut juga air terjun berjenjang dan air terjun berjenjang karena bentuk air terjunnya berupa susunan atau susunan bebatuan. Bentuknya yang seperti ini menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung.

Air Terjun Parangloe disebut-sebut sebagai air terjun terindah di Gowa berkat susunan bebatuan yang berjajar sempurna. Suasana air terjun ini masih cukup alami karena lokasinya yang jarang diketahui orang. Selain alami, suasana yang tenang dan begitu damai juga dapat dengan mudah kita temukan ketika wisatawan memutuskan untuk berlibur ke sana.

Dengan struktur cascading yang memiliki keunikan tersendiri dan lokasinya yang alami dengan suasana yang tenang, menarik wisatawan untuk datang ke sini. Terutama wisatawan yang mencari liburan dengan panorama air terjun yang megah sambil ditemani suasana yang tenang dan alami. Ini wajib dikunjungi bagi anda yang mencari destinasi wisata liburan.

Atraksi air terjun Parangloe

Objek wisata air terjun ParangloeKredit gambar: Google Maps Noor Fithriya

Tempat wisata dengan debit air hingga 20 meter ini juga memiliki daya tarik yang bisa menjadi bonus tambahan bagi Anda yang berencana datang ke sini.

1. Lokasi berada di tengah hutan belantara

Air terjun mencolok di Gowa ini ditemukan di tengah hutan belantara. Hingga udara yang indah menjadi hal yang mudah ditemukan wisatawan di sini. Deretan pepohonan hijau akan menyapa wisatawan dari tempat parkir di sekitar Air Terjun Parangloe. Dalam perjalanan menuju air terjun, wisatawan akan ditemani deretan pepohonan hijau seperti di alam.

Lokasinya yang seolah berada di tengah hutan belantara menciptakan hawa asri begitu terasa. Oleh karena itu sangat cocok jika dijadikan sebagai ruang bersantai dari hiruk pikuk kota. Pepohonan hijau yang menjulang tinggi di sisi air terjun juga menambah kesan alami seperti dekorasi cantik buatan alam. Bagaimana, tertarik untuk berlibur ke sini?

2. Dilengkapi gazebo dan warung makan

Jika berbicara tentang objek wisata, tentu tidak lengkap rasanya jika melewatkan keberadaan warung makan. Serta gazebo dan warung makan yang bisa wisatawan temukan di air terjun ini. Menghadirkan udara segar karena lokasinya yang berada di tengah hutan belantara membuat wisata kuliner berpotensi menjadi hal yang baik jika dilakukan di sini. Wisatawan yang datang tidak akan kelaparan.

Selain warung makan yang menjadi incaran wisatawan pecinta kuliner, kawasan air terjun Parangloe juga dilengkapi dengan gazebo. Gazebo-gazebo yang berdiri disana menyuguhkan pemandangan air terjun dengan pepohonan rindang yang terlihat begitu indah. Wisatawan yang menghabiskan liburannya disini akan merasakan liburan yang berkualitas dengan adanya gazebo dan warung makan serta suasananya.

3. Keindahan suguhan berjenjang

Daya tarik utama sekaligus daya tarik yang mempengaruhi jumlah pengunjung di sini adalah keindahan air terjunnya. Tidak ada kata lain yang dapat sepenuhnya menggambarkan tempat ini selain kata “indah”. Bahkan karena keindahan yang disuguhkan, Parangloe disebut-sebut sebagai air terjun terbaik di Gowa oleh para wisatawan yang datang. Tentu saja, itu fakta.

Air terjun yang meneteskan air tawar ini memiliki ketinggian 20 meter dengan keunikannya. Bagaimana tidak unik, karena air terjun ini memiliki struktur batuan yang sejajar yang menjulang ke atas sambil diguyur air terjun. Ini menjadi incaran pengunjung, karena pemandangan indah seperti ini belum tentu bisa ditemukan di destinasi wisata air terjun lainnya.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat air terjun ParangloeKredit gambar: Google Maps Waka Ru

Air Terjun Parangloe termasuk objek wisata favorit meski tempatnya masih tergolong sepi. Sesuai dengan namanya, air terjun dengan pemandangan indah ini terletak di Kecamatan Parangloe, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, tepatnya di Desa Bori. Wisatawan dapat menempuh jarak hingga 20 km dari kota Makassar. Rute yang ditempuh juga mencakup dua akses jalan menuju air terjun.

Rute pertama adalah memulai perjalanan dari pusat kota Makassar. Setelah wisatawan berada di Makassar, wisatawan dapat melanjutkan perjalanan ke Kabupaten Gowa. Wisatawan dapat melewati desa Malino yang terletak di kecamatan Tinggimoncong. Sampailah kita di bendungan Bili-Bili dengan luas bendungan 384,40 km2.

Selain itu, wisatawan dapat menuju ke rute kedua. Wisatawan dapat menemukan kantor desa yang terletak 200 meter dari pusat desa Malino. Setelah itu, lanjutkan perjalanan menuju pintu masuk yang bersebelahan dengan kantor desa. Wisatawan akan menempuh perjalanan hingga 2 km untuk sampai ke pusat air terjun. Rute ini juga bisa ditempuh dengan kendaraan roda dua.

Harga tiket masuk objek wisata

Harga Tiket Masuk Air Terjun ParangloeKredit gambar: Google Maps Didit S

Keindahan alam yang disuguhkan khusus kepada pengunjung membuat Air Terjun Parangloe begitu menarik. Bahkan, para wisatawan yang berkunjung tidak hanya dari dalam wilayah Gowa tetapi juga dari luar daerah. Banyak wisatawan yang datang dari luar daerah hanya untuk menikmati suguhan alam yang disajikan dengan indah oleh air terjun ini. Dan kau?

Wisatawan yang tertarik mengunjungi air terjun ini bisa menyiapkan dana sebesar Rp 200.000 sebagai biaya untuk mengunjungi tempat tersebut. Karena banyak wisatawan yang datang dari luar daerah menjadikan bus sebagai alat transportasi yang bisa dipilih untuk menuju air terjun. Dengan dana tersebut, wisatawan dapat melakukan perjalanan dari pusat kota Makassar ke desa Malino dengan menggunakan bus.

Aktivitas seru yang bisa dilakukan di air terjun

Aktivitas Seru di Air Terjun ParangloeKredit gambar: Google Maps JuNa Sport

1. Pelacakan di tengah hutan belantara

Wisatawan yang ingin merasakan keindahan sejati air terjun ini semua bisa melakukan kegiatan lanjutan. Karena lokasinya yang berada di alam, aktivitas trekking adalah sesuatu yang tepat untuk dilakukan di sini. Juga mengingat wisatawan harus menempuh jarak 2 km dari markas desa untuk sampai ke air terjun. Jadi tindak lanjut di sini sangat tepat jika dilakukan.

Bebatuan yang cukup curam dan licin merupakan hal yang biasa saat tracking di sini. Wisatawan juga dapat menemukan batang pohon yang tumbang untuk sedikit menghambat perjalanan, tetapi ini tidak masalah, bahkan dapat dikatakan bahwa itu adalah kesenangan tersendiri. Suasana alam yang sejuk dan dikelilingi pepohonan hijau yang tinggi membuat teman-teman baik selama perjalanan.

2. Wisata kuliner di atas gazebo

Air terjun Gowa ini juga dilengkapi dengan warung makan dengan kios pendampingnya. Keberadaan warung makan di sini menjadikan Parangloe sebagai air terjun yang tidak ketinggalan wisata kulinernya. Sangat cocok bagi pecinta kuliner yang ingin merasakan sensasi makan yang berbeda dengan pemandangan alam.

Wisatawan dapat mencicipi berbagai jajanan yang dijual oleh warung makan di sini. Aktivitas menyantap makanan akan lebih terasa jika dilakukan di atas gazebo yang telah disediakan. Sambil menyaksikan keindahan air terjun, waktu makan jadi lebih berkesan. Jadi, bagi wisatawan yang tertarik mengunjungi air terjun ini, tidak perlu khawatir dengan keberadaan warung makan.

3. Rasakan kesegaran air terjun

Wisatawan yang ingin merasakan kesejukan Air Terjun Parangloe yang sesungguhnya bisa bermain air di bawahnya. Namun, kehati-hatian adalah sesuatu yang harus diperhatikan oleh wisatawan. Pasalnya, air terjun ini sudah beberapa kali membuat korban. Sehingga wisatawan bisa lebih berhati-hati agar tidak melanggar larangan tersebut agar hal buruk tidak terjadi.

Fasilitas yang tersedia di Air Terjun Parangloe

Fasilitas air terjun ParangloeKredit gambar: Google Maps Hunter Mimin

Letaknya yang agak jauh dari pusat Kota Makassar dan berada di pedesaan, berarti fasilitas yang tersedia di sini hanya seadanya. Lokasinya yang terpencil dengan jumlah wisatawan yang sedikit juga menjadi faktor mengapa fasilitas di air terjun Parangloe hanya seadanya. Selain itu, air terjun ini tidak kalah dengan penyajian lanskapnya.

Hanya ada beberapa fasilitas umum seperti stand makanan yang dilengkapi dengan gazebo. Kios-kios makanan yang tersedia di sini menjual berbagai jenis makanan ringan yang dapat digunakan sebagai perangsang rasa lapar. Keberadaan warung makan yang berada di sini menjadi kesenangan tersendiri bagi wisatawan yang lelah setelah mengikuti destinasinya.

Selain warung makan, air terjun ini juga menyediakan gazebo yang bisa digunakan pengunjung untuk duduk dan bersantai sambil bersantap. Tempat pengamatan ini memiliki pemandangan air terjun yang sangat bagus dengan susunan bebatuan yang semakin meningkat. Sehingga wisatawan bisa mendapatkan dua fasilitas umum sekaligus saat berkunjung ke sini.

Itulah beberapa hal menarik tentang Air Terjun Parangloe. Sebuah air terjun yang menawarkan pesona keindahan luar biasa yang tidak perlu diragukan lagi. Bentuk dekorasi alam yang dipamerkan oleh air terjun ini memberikan pesona tersendiri yang patut untuk dipuja. Lokasinya yang tenang dengan jumlah pengunjung yang tidak ramai juga menjadi pelengkap saat berlibur ke sini.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button