Air terjun Kedung Kayang, air terjun eksotik dengan spot foto keren di Magelang - WisataHits
wisatahits

Air terjun Kedung Kayang, air terjun eksotik dengan spot foto keren di Magelang

Harga tiket: Rp4.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Desa Wonolelo Kedung Kayang, Nagrong, Wonolelo, Kec. Sawangan, Kab. Magelang, Jawa Tengah

Ketika Anda lelah bekerja atau belajar, solusi terbaik tentu saja dengan berlibur. Liburan dengan nuansa alam sangat cocok untuk menghilangkan penat setelah beraktivitas. Salah satu destinasi wisata alam seru yang bisa Anda coba adalah Air Terjun Kedung Kayang.

Termasuk sebagai air terjun tertinggi di Jawa Tengah, destinasi wisata alam ini memiliki pesona alam yang begitu indah. Tak hanya pesona alamnya, wisata keren ini juga menawarkan beberapa spot olahraga foto yang sangat Instagrammable. Wisata indah ini pasti menjadi surganya berburu foto bagi para pecinta fotografi.

Meski Air Terjun Kedung Kayang tidak begitu populer di kalangan wisatawan, namun panorama alamnya berani bersaing terlebih dahulu dengan destinasi wisata terkenal lainnya. Pemandangan alam yang tak tertandingi akan membuat siapa saja terpesona.

Objek Wisata Air Terjun Kedung Kayang

Kredit Gambar: Instagram JOGJA ISTIMEWA

Banyaknya pengunjung yang mengunggah foto usai berlibur di Air Terjun Kedung Kayang membuat banyak wisatawan penasaran untuk datang dan melihat langsung panorama alam air terjun yang sejuk ini. Tak heran jika kecantikan dan keunikannya menjadi daya tarik tersendiri hingga viral di media sosial.

1. Tampilan menawan

Derasnya aliran air yang jatuh bersama rerumputan hijau dan pepohonan yang mengelilingi air terjun semakin mempercantik panorama alam di sini. Tak hanya itu, pengunjung juga bisa menikmati pemandangan pegunungan dari atas air terjun yang sungguh menawan.

Latar belakang air terjun berupa Gunung Merapi dan Merbabu menciptakan lukisan yang begitu indah. Ketinggiannya memungkinkan pengunjung untuk menikmati pemandangan indah kawasan air terjun.

2. Air Terjun yang Mempesona

Keistimewaan destinasi puncak ini adalah Anda bisa menikmati keindahan air terjun dari kedua sisi. Bagi Anda yang ingin menikmati panorama dengan pemandangan yang lebih luas, Anda bisa melihat air terjun dari atas. Jika ingin menikmati air terjun lebih dekat, Anda bisa mengambil jalur yang lebih rendah.

Dimanapun anda menikmati pesona Air Terjun Kedung Kayang tidak akan berkurang atau berubah. Pemandangan air terjun dari atas sungguh akan memukau siapa saja yang melihatnya. Deburan air terjun yang dikelilingi panorama alam pegunungan membuatnya semakin mempesona.

3. Temukan Foto Instagrammable

Air Terjun Kedung Kayang tergolong objek wisataKredit gambar: Facebook Fredericus Ery

Eksotisme panorama alam yang ditawarkan destinasi wisata mungil ini jelas membuat pengunjung sibuk mencari foto terbaik di sini. Pesona air terjun yang bisa dinikmati dari dua sisi, baik dari atas maupun dari bawah, bisa menjadi referensi Anda untuk mencari bidadari terbaik saat berfoto di sini.

Tak perlu khawatir kehabisan spot foto disini, karena setiap sudut tempat wisata ini memiliki sport foto yang cantik dan unik. Berfoto dengan background air terjun dan pegunungan pasti akan membuat foto Anda semakin estetik.

4. Membersihkan Kolam Air Terjun

Mata air yang mengalir dari dua gunung di belakangnya membuat air terjun ini begitu jernih dan sejuk. Lingkungan yang masih asri dan sedikit tersentuh tangan manusia juga menjadi salah satu faktor terjaganya kejernihan air terjun yang indah ini.

Anda akan melihat kolam di bawah air terjun mengalir begitu bersih dan jernih. Jernihnya air kolam kaskade yang cantik ini membuat pengunjung tidak bisa menolak untuk berenang.

5. Suasana sejuk

Berada di kawasan pegunungan membuat suasana di sekitar tempat wisata ini menjadi lebih sejuk. Sejuknya angin pegunungan dan gemericik air terjun dapat menenangkan pikiran dan menghilangkan penat.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Air Terjun Kedung KayangKredit gambar: Google Maps BUDI HARYONO

Air terjun kecil ini berada di atas ketinggian 950 mdpl dan merupakan aliran sungai Gunung Merapi dan Merbabu. Tempat wisata eksotik ini berada di antara Kabupaten Magelang dan Kabupaten Boyolali, tepatnya di desa Wonolelo Kedung Kayang, Nagrong, Wonolelo, Sawangan, Magelang, Jawa Tengah.

Dari pusat kota Magelang, Anda hanya perlu melewati jalan raya Soekarno Hatta arah Blabak. Setibanya di Blabak, lanjutkan berjalan menyusuri Jalan Blabak hingga bertemu dengan Balai Kota Ketep Pass.

Dari balai kota, lurus sedikit lalu ambil pertigaan kanan menuju Jl Blabak – Boyolali. Kemudian Anda tinggal mengikuti jalan menuju kawasan air terjun ini.

Jalan menuju wisata alam ini cukup berkelok-kelok, sehingga dibutuhkan skill yang mumpuni untuk berkendara. Meski begitu, jalan menuju lokasi wisata cukup lebar dan aman, sehingga bisa dilalui mobil atau motor.

Setelah sampai di lokasi, Anda harus memarkir kendaraan dan kembali berjalan menuju air terjun. Dalam perjalanan menuju air terjun, Anda akan menjumpai dua perempatan yaitu menuju ke arah atas air terjun dan menuju ke arah tengah air terjun.

Jika Anda ingin menikmati panorama air terjun dari atas, Anda tinggal mengikuti rambu-rambu yang telah disediakan, jalannya tidak terlalu sulit untuk dilalui. Sementara itu, bagi Anda yang ingin menikmati air terjun lebih dekat, Anda bisa mengikuti jalur bawah yang juga sudah direncanakan.

Berbeda dengan jalur atas, untuk mencapai pusat air terjun membutuhkan banyak tenaga dan keberanian. Bagaimana tidak, Anda akan melewati jalan yang cukup terjal dalam perjalanan menuju pusat air terjun ini.

Pertama-tama Anda akan melewati jalan setapak yang cukup licin karena ditumbuhi lumut. setelah kurang lebih 10 menit berjalan kaki anda akan berhadapan dengan sungai yang agak deras dengan bebatuan besar di dalamnya.

Tidak sampai disitu saja, setelah menyeberangi sungai anda akan mengambil jalan setapak lagi menyusuri sungai. Ujung dari trail ini akan membawa Anda ke sungai terakhir yang harus diseberangi, yang juga merupakan titik terakhir dari air terjun.

Harga tiket masuk objek wisata

Harga Tiket Air Terjun Kedung KayangKredit Gambar: Instagram ℜびɮエ || penyuka pemandangan

Anda bisa menikmati pesona alam yang disajikan Air Terjun Kedung Kayang dengan biaya yang sangat terjangkau. Sesampainya di tempat parkir wisata, Anda cukup membayar Rp 2.000 untuk sepeda motor dan Rp 4.000 untuk mobil.

Harga tiket masuknya sendiri hanya Rp 4.000 per orang. Bagi Anda yang ingin menikmati pesona air terjun dari atas akan dikenakan biaya tambahan sebesar Rp 5.000 untuk menyewa pos pengamatan.

Meski ada biaya tambahan untuk sewa dan parkir, tarif untuk wisata hebat ini masih sangat terjangkau. Dengan dana tidak lebih dari Rp 20.000, Anda sudah bisa menikmati keindahan panorama alam tempat indah ini sepuasnya.

Aktivitas yang bisa dilakukan di Air Terjun Kedung Kayang

Kredit Gambar: Google Maps dian hermawan

1. Berenang di aliran air terjun

Kurang asik kalau main di air terjun tapi tidak bisa merasakan kesejukan air di dalamnya. Berenang memang menjadi pilihan terbaik untuk melengkapi liburan Anda di air terjun tertinggi ini.

Air terjun yang masih jernih dan segar ini tentu sangat menggoda siapa saja untuk terjun ke dalamnya. Hembusan angin dan sejuknya air terjun mampu menghilangkan rasa lelah selama perjalanan menuju air terjun yang sejuk ini.

2. Menikmati panorama air terjun

Bagi Anda yang lebih suka duduk dan menikmati keindahan alam, Anda bisa memilih dua tempat yang tersedia di sini, yaitu tempat di atas air terjun dan tempat di bawah air terjun. Tempat pertama tentunya sangat cocok bagi pecinta keindahan alam yang tidak terlalu menyukai tantangan.

Untuk menikmati panorama alam dari atas Air Terjun Kedung Kayang, Anda cukup melalui jalan atas dengan petunjuk arah yang ada. Sesampainya di pos pengamatan, Anda akan langsung disuguhkan lukisan alam yang sangat lengkap dan sempurna.

Dua gunung yang berdiri kokoh di belakang air terjun, hijaunya rerumputan dan pepohonan serta putihnya air terjun membentuk panorama alam yang sungguh memukau mata. Anda bisa duduk santai di gardu ini sambil menikmati karya Tuhan dan semilir angin yang membuat Anda lebih rileks.

3. Berburu Foto

Kegiatan dilakukan Air Terjun Kedung KayangKredit gambar: Google Maps GAB Relu B.

Berfoto di tempat wisata dan mengunggahnya ke media sosial sudah menjadi budaya, terutama di kalangan milenial. Keindahan pemandangan alam Air Terjun Kedung Kayang pastinya menjadi surga bagi para milenial.

Tak heran jika tempat wisata populer ini dipenuhi kaum milenial yang mencari foto keren di sini. Berbagai titik di tempat wisata populer ini bisa kamu jadikan sebagai spot foto yang keren.

Dua spot foto utama milik air terjun cantik ini juga bisa menjadi referensi spot foto. Mengambil foto di dekat air terjun akan membuat Anda terlihat lebih berani dan percaya diri atau berpose dari tempat yang menguntungkan dengan latar belakang lukisan alam yang menakjubkan, keduanya menghasilkan foto yang sangat estetis.

4. Jadilah petualang

Pecinta alam pasti sangat menyukai segala macam tantangan dan petualangan. Wisata air terjun ini bisa Anda jadikan sebagai tujuan liburan sekaligus memuaskan hasrat berpetualang.

Jalur menuju ujung air terjun yang cukup terjal dan licin pastinya akan menambah keseruan petualangan anda. Ditambah lagi, sungai berarus deras dan bongkahan batu besar siap menyambut petualangan air terjun Anda.

Fasilitas yang tersedia di area air terjun

Fasilitas Air Terjun Kedung KayangImage Credit: SOLO CITY Instagram • Share Solo Raya

Air Terjun Kedung Kayang yang masih tergolong baru ini belum memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Letaknya yang cukup jauh dari aglomerasi, serta jalan yang agak terjal juga menjadi faktor minimnya peralatan di sini.

Namun Anda tidak perlu khawatir, wisata alam ini menyediakan fasilitas toilet untuk buang air besar dan mengganti baju basah setelah bermain air. Warung makan belum tersedia di lokasi ini, sehingga Anda harus membawa perbekalan sendiri dari satu sama lain.

Meski begitu, fasilitas jalan menuju pusat air terjun sudah sangat memadai dan kokoh sehingga aman untuk dilalui. Fasilitas lain yang tersedia di tempat wisata ini adalah tempat parkir yang luas dan gardu pandang yang bisa Anda gunakan untuk menikmati panorama pemandangan air terjun yang indah ini.

Suasana alam yang asri dan kesejukan Air Terjun Kedung Kayang terbukti ampuh menenangkan pikiran. Mencicipi keindahan karya Tuhan dan menikmati semilir angin pegunungan akan menambah ketenangan liburan Anda.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button