Bumi Perkemahan Mandalawangi, Lokasi Camping Seru dengan Panorama Indah di Cianjur - WisataHits
wisatahits

Bumi Perkemahan Mandalawangi, Lokasi Camping Seru dengan Panorama Indah di Cianjur

Bumi Perkemahan Mandalawangi, Lokasi Camping Seru dengan Panorama Indah di Cianjur

Mandalawangi Camping Ground merupakan camping ground luas yang terletak di Cibodas, Cianjur. Di sini wisatawan dapat berkemah dan menikmati kegiatan rekreasi.

Harga tiket: Rp 24.000 Jam operasional: 08.00-16.00 WIB, Alamat: Jl. Kebun Raya Cibodas, Cimacan, Kec. Cipanas, Kab. Cianjur, Jawa Barat; Kasus: Verifikasi lokasi

Liburan bisa dihabiskan dengan berbagai cara. Salah satu caranya adalah dengan menikmati keindahan alam dan mendekatkan diri dengan alam saat berlibur. Jenis liburan ini paling baik dilakukan di Bumi Perkemahan Mandalawangi. Perkemahan ini terletak di kaki Gunung Gede Pangrango, tepatnya di kawasan Cibodas.

Letaknya yang berada di kaki gunung menjadikan bumi perkemahan ini mampu menawarkan keindahan alam, udara segar dan petualangan. Camping Ground Mandalawangi memiliki luas puluhan hektar, fasilitas lengkap dan kondisi geografis yang beragam. Jadi, acara camping di bumi perkemahan yang asri ini pasti akan seru dan berkesan.

Pengelola bumi perkemahan ini adalah Perum Perhutani KPH Cianjur. Karena dikelola oleh perusahaan milik negara, tidak heran jika tarif berkemah di sini cukup terjangkau. Selain itu, fasilitas campingnya lengkap dan banyak tempat wisata. Maka, banyak turis, rombongan keluarga, dan agensi yang berkemah di sini.

Objek Wisata Bumi Perkemahan Mandalawangi

Objek Wisata Bumi Perkemahan MandalawangiKredit gambar: Google Maps Themoel Dedi Mulyadi

Nama Mandalawangi di Bumi Perkemahan Mandalawangi bisa diartikan sebagai perguruan harum yang baik. Bumi Perkemahan Mandalawangi merupakan bumi perkemahan alami yang sangat indah. Selain itu bumi perkemahan ini juga kaya akan tempat wisata yang berasal dari kondisi geografis wilayah tersebut.

✦ Danau Mandalawangi

Di dalam kompleks bumi perkemahan terdapat sebuah danau, yaitu Danau Mandalawangi. Telaga ini sangat indah dengan airnya yang jernih berwarna hijau dan berbagai jenis tumbuhan di sekitarnya. Selain itu, di tepi pantai juga terdapat beberapa gardu pandang bagi wisatawan yang ingin bersantai dan menikmati keindahan danau.

✦ Air Terjun

Di kawasan Bumi Perkemahan Mandalawangi Cibodas terdapat Air Terjun Rawa Gede. Air terjun ini bisa dibilang hidden gem di area camping wisata ini karena masih asri dan masih sangat alami. Ketinggian air terjun ini sekitar 10 meter dengan mulut air terjun yang tidak terlalu lebar. Ditambah lagi, kolam air terjun di bawahnya juga cukup dangkal, sehingga aman untuk dimainkan.

Saat bermain di kolam ini, wisatawan akan merasakan sensasi sejuk dan dingin. Perjalanan menuju air terjun menawarkan tantangan tersendiri bagi yang belum terlalu berpengalaman dalam trekking. Juga, perjalanan ke air terjun yang indah ini dapat digunakan sebagai bagian dari kegiatan berkemah.

✦ Sungai

Selain danau dan air terjun, Bumi Perkemahan Mandalawangi juga memiliki sungai kecil berbatu yang mengalir melewatinya. Banyak wisatawan memilih berkemah di tepi sungai karena ingin menikmati suara gemericik sungai saat berkemah. Bagi sebagian orang, suara dapat memberikan perasaan tenang dan rileks.

✦ Kegiatan keluar

Daya tarik lain dari perkemahan yang indah ini adalah kegiatan outing. Perkemahan menawarkan berbagai wahana keluar, seperti flying fox melalui sungai berbatu, dan banyak kegiatan menyenangkan untuk menciptakan kebersamaan. Kegiatan ini terbuka untuk anak-anak dan dewasa.

✦ Penyewaan peralatan berkemah

Hal lain yang menjadi daya tarik wisatawan untuk berkemah di bumi perkemahan ini adalah kenyamanannya. Wisatawan tidak perlu membawa perlengkapan camping sendiri karena pihak pengelola menyediakan jasa persewaan tenda dan perlengkapan camping. Segala ukuran dan jenis tenda serta perlengkapan camping seperti matras, sleeping bag, kompor dan genset bisa disewa disini.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Bumi Perkemahan MandalawangiKredit gambar: Google Maps Itsnain

Di manakah alamat Bumi Perkemahan Mandalawangi? Bumi perkemahan ini berada di dalam Kompleks Taman Nasional Gunung Pangrango, tepatnya di Jl. Kebun Raya Cibodas, Kecamatan Cipanas, Cianjur, Jawa Barat. Lokasinya tidak terlalu jauh dari Istana Cipanas dan Rumah Sakit Cipanas. Jarak Istana Kepresidenan dengan bumi perkemahan hanya sekitar 15 menit.

Dari keraton, wisatawan bisa mengarahkan kendaraannya menuju RS Cipanas melalui Jl Raya Cipanas di Jl Raya Ciawi-Cianjur. Sampai di perempatan Cibodas, harus belok kiri menuju Jl. Kebun Raya Cibodas. Datang ke sini, wisatawan harus menggunakan kendaraan pribadi karena tidak ada angkutan umum yang lewat.

Harga tiket masuk dan jam buka

Berapa biaya untuk berkemah semalam di Bumi Perkemahan Mandalawangi? Biaya masuk ke perkemahan di bumi perkemahan yang indah ini adalah Rp 24.000 (weekdays) dan Rp 29.000 (tanggal merah atau akhir pekan) untuk umum. Sedangkan mahasiswa yang ingin berkemah di sini hanya membayar Rp 15.000 atau tiket Rp 18.000.

Wisatawan juga bisa mengunjungi bumi perkemahan ini tanpa berkemah. Biaya mengunjungi wisata ini adalah Rp 16.000 / Rp 18.500 untuk umum. Selain itu, wisatawan juga bisa membeli paket camping yang terdiri dari tenda, matras, makan 3 kali, sleeping bag, dll. Biaya paket camping ini mulai dari Rp 240.000.

Kegiatan yang menarik untuk dilakukan

Kegiatan Menarik Bumi Perkemahan MandalawangiKredit gambar: Google Maps Mandalawangi Cibodas Puncak

Sambil berkemah, wisatawan bisa melakukan aktivitas menarik di Bumi Perkemahan Mandalawangi. Tidak pasti apakah wisatawan dapat menikmati kegiatan ini dari bumi perkemahan lainnya. Maka dari itu tidak heran jika area camping ini menjadi favorit banyak wisatawan dan instansi. Kegiatan menarik apa saja yang bisa dilakukan di sini?

1. Camping di berbagai area camping

Sebagai bumi perkemahan yang luasnya mencapai belasan hektar, tak heran jika bumi perkemahan ini mampu menawarkan berbagai jenis tempat berkemah. Bagi yang suka berkemah di dekat badan air, bisa memilih tempat berkemah di dekat sungai atau danau. Selain itu, wisatawan juga bisa memilih tempat berkemah dengan pemandangan hutan.

2. Bermain air di kolam atau sungai yang mengalir deras

Aktivitas menarik yang wajib dicoba di Bumi Perkemahan Mandalawangi adalah bermain air di kolam air terjun atau di sungai bumi perkemahan ini. Kolam air terjun Rawa Gede cukup dangkal dan aliran air dari air terjun juga tidak terlalu besar. Sehingga baik wisatawan dewasa maupun anak-anak bisa bermain air dengan aman di sini.

Juga, sungai di bumi perkemahan yang indah ini tidak terlalu dalam. Dengan demikian, wisatawan bisa bermain di tepian sungai ini dengan aman. Pengelola sendiri juga memasang tali di seberang sungai untuk tujuan pendidikan dan rekreasi bagi wisatawan.

3. Naik kano menyusuri danau

Danau Mandalawangi bukan hanya untuk dinikmati keindahannya dari gardu pandang yang berdiri di tepinya. Namun, wisatawan juga bisa menjelajahi danau dengan kano. Sampan dapat menampung 3 hingga 4 penumpang. Selama perjalanan, dua wisatawan akan bertugas mendayung. Agar lebih mahir, wisatawan bisa berlatih mendayung terlebih dahulu.

4. Berpartisipasi dalam kegiatan keluar

Beberapa lembaga keagamaan menggabungkan kegiatan berkemah dengan kegiatan di luar negeri. Kegiatan outing ini bisa dilakukan di sela-sela kegiatan camping. Untuk mengikuti kegiatan outbond ini, wisatawan tentunya harus membeli paket outbond tambahan. Meski menambah biaya liburan, pengalaman yang didapatkan tak terlupakan.

5. Ambil gambar

Wisatawan yang hanya melihat-lihat di sini, tidak berkemah, dapat menikmati kegiatan di atas kecuali berkemah. Selain itu, mereka juga bisa mencari foto-foto instagenic di Bumi Perkemahan Mandalawangi. Ada beberapa spot foto menarik di kawasan ini, misalnya air terjun, danau, patung naga di dekat pintu masuk.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Bumi Perkemahan MandalawangiKredit gambar: Google Maps Fathur Nuansa Fajar

Fasilitas bumi perkemahan ini dengan baik dapat memenuhi kebutuhan wisatawan yang hanya sekedar jalan-jalan atau berkemah.

Amenitas ini dibedakan menjadi amenitas wisata, misalnya wahana satu arah, dan amenitas biasa, misalnya toilet, mushola, tempat parkir, shelter atau tempat berteduh saat panas dingin hujan.

Bumi Perkemahan Mandalawangi merupakan bumi perkemahan yang sangat luas. Di sini, berbagai kegiatan menarik selain berkemah bisa dilakukan, seperti bermain air, bermain kano, dan berfoto. Oleh karena itu, sebagian wisatawan lebih memilih mengunjungi bumi perkemahan ini tanpa berkemah.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button