Curug Ciomas, curug cantik dengan bebatuan eksotis di Bogor - WisataHits
wisatahits

Curug Ciomas, curug cantik dengan bebatuan eksotis di Bogor

Curug Ciomas, curug cantik dengan bebatuan eksotis di Bogor
Harga tiket: Rp 10.000 Jam operasional: 07.00-18.00 WIB, Alamat: Cikutamahi, Kec. Cariu, Kab. Bogor, Jawa Barat; Kasus: Verifikasi lokasi

Tempat wisata yang selalu ramai pengunjung tentunya memiliki banyak daya tarik. Misalnya saja Curug Ciomas yang keindahan alam dan suasananya yang asri menjadi daya tarik tersendiri. Setiap hari tidak pernah sepi pengunjung yang biasanya datang berombongan. Saat berlibur, tempat ini mendadak ramai karena dipenuhi wisatawan dari berbagai daerah.

Curug atau biasa disebut air terjun termasuk dalam wisata alam. Air terjun yang kita bicarakan kali ini terletak di dalam hutan, jadi keadaannya masih alami. Meski menempuh perjalanan jauh, tidak menyurutkan niat wisatawan untuk berkunjung. Berada di kaki Gunung Sanggabuana, Anda pasti akan mendapatkan suasana alam yang asri dan udara yang segar.

Sebelumnya, air terjun yang menjadi tujuan banyak wisatawan dari berbagai daerah ini merupakan sebuah bendungan. Fungsinya untuk mengairi sawah dan ladang warga setempat. Namun karena pesona yang mengelilinginya sangat indah, saat ini telah berhasil menjadi salah satu tempat wisata di Bogor yang layak untuk dikunjungi.

Objek wisata air terjun Ciomas

Air Terjun CiomasKredit gambar: Google Maps Hardi Ansyah

Curug Ciomas atau yang dikenal dengan Green Canyon Cariu Bogor memiliki banyak objek wisata yang selalu ramai pengunjung. Sebelum berkunjung, ada baiknya Anda mencari tahu apa saja yang menarik di sini, sehingga Anda mendapatkan sedikit gambaran.

1. Keindahan Curug Ciomas

Daya tarik yang pertama tentu saja keindahan dari air terjun itu sendiri. Memang tidak terlalu tinggi dibandingkan air terjun pada umumnya yang bahkan mencapai puluhan meter. Air terjun ini tingginya hanya sekitar 10-12 meter. Namun aliran air yang keluar cukup deras sehingga menimbulkan semburan air yang cukup deras.

Sementara di sisi lain, pemandangan didapat dari berbagai tumbuhan yang tumbuh subur di sekitar lokasi. Selain Curug Ciomas sendiri, terdapat banyak tumbuhan hijau yang terdiri dari lumut dan tumbuhan merambat. Tak jarang akar-akar pohon besar di sebelahnya menjulur ke sisi dinding air terjun, pemandangannya semakin eksotis.

2. Tebing Eksotis

Seperti air terjun pada umumnya, di sini juga terdapat tebing batu yang mengapit. Garis batu yang khas menjadi daya tarik utama, yang membuat pemandangannya semakin eksotis. Dinding batunya sebagian besar berlumut, pertanda kawasan di sekitarnya lembap atau sering tergenang air.

Selain tebing yang berfungsi sebagai pembatas dan juga tempat mengalirnya air, juga terdapat banyak batu-batu kecil yang tersebar di sekitar Curug Ciomas. Bebatuan ini membuat pemandangan semakin indah, banyak wisatawan menggunakannya sebagai pendukung. Bagi yang suka selfie, batu ini sangat cocok untuk spot dengan background air terjun.

3. Air jernih dan menyegarkan

Bagi yang sering mengunjungi air terjun pasti tahu bahwa di setiap air terjun terdapat kolam. Fungsi kolam ini tidak lain adalah sebagai tempat aliran air yang selanjutnya akan dialirkan ke hulu sungai. Di sini juga terdapat kolam renang yang biasa digunakan pengunjung untuk bermain air atau mandi dan berenang.

Meski kolamnya tidak terlalu besar, namun sangat bersih dan jarang meluap. Air kolam renang yang jernih dan menyegarkan membuat wisatawan semakin nyaman, meski harus menahan sedikit kedinginan. Tepiannya tidak terlalu dalam, tetapi Anda harus berhati-hati jika ingin berenang sampai ke tengah, karena bisa jadi cukup dalam.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Curug CiomasKredit gambar: Google Maps Sarkiyah

Air Terjun Ciomas terletak di Desa Cikutamahi, Kecamatan Cariu, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, tempat wisata Bogor ini letaknya jauh di dalam hutan, butuh perjuangan panjang untuk mencapainya. Jarak ke pusat kota Bogor sangat jauh, sekitar 75 kilometer.

Dengan jarak tersebut, Anda membutuhkan setidaknya 2 jam lebih jika berangkat dari pusat kota. Tapi perjuanganmu pasti akan terbayar, karena banyak keindahan yang kamu dapatkan di tempat itu. Selama perjalanan pun, Anda akan dimanjakan dengan pemandangan indah pepohonan yang berada di sekitar air terjun.

Rute terbaik menuju Curug Ciomas adalah melalui kawasan Citeureup terlebih dahulu baru kemudian kawasan Cileungsi. Dari situ lanjutkan perjalanan ke Alun-alun Jonggol lalu lanjutkan perjalanan ke Pasar Cariu. Perjalanan Anda semakin dekat, gunakan SMP 2 Cariu sebagai referensi Anda selanjutnya.

Dari sana Anda tinggal mengikuti jalan utama sambil melihat rambu-rambu yang tersedia. Sekitar 3 kilometer Anda akan sampai di lokasi, lewati Jalan Mayor Oking agar lebih mudah. Jika Anda masih kesulitan dengan petunjuk arah yang kami berikan, tidak ada salahnya menggunakan aplikasi peta digital atau Google Maps.

Harga Tiket Masuk Wisata Alam

Wisatawan yang berkunjung ke Curug Ciomas tentu tidak gratis, yakni harus membeli tiket masuk. Harganya standar, seperti saat mengunjungi air terjun pada umumnya. Seorang turis yang datang hanya membayar 10.000 rupee, tetapi tidak termasuk biaya parkir atau beberapa fasilitas berbayar.

Biaya parkir disesuaikan dengan kendaraan yang Anda bawa, baik itu mobil atau motor. Jika membawa sepeda motor, siapkan dana tambahan sebesar 5.000 rupiah. Lain halnya jika membawa mobil, dibutuhkan dana tambahan sebesar 8000 rupiah untuk sewa tempat parkir dan keamanan.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Curug Ciomas

Aktivitas Menarik di Curug CiomasKredit gambar: Google Maps Hamonangan Siregar

Berkunjung ke tempat wisata sebaiknya tidak hanya mempertimbangkan daya tarik. Selain itu, penting juga untuk mengetahui kegiatan apa saja yang cocok dan menyenangkan untuk dilakukan di sana. Hal ini juga berlaku untuk curug Ciomas, berikut beberapa rekomendasi aktivitas yang bisa kamu lakukan!

1. Nikmati pemandangan alam

Keindahan alam yang dapat Anda lihat di sini tidak dapat ditemukan di tempat lain. Walaupun mengunjungi objek wisata yang sama, namun dari segi pesona memiliki ciri khas yang berbeda. Keindahan di sini didominasi oleh semak-semak hijau yang mengelilingi air terjun. Belum lagi tatanan alam tebing bebatuan yang terlihat sangat eksotik.

2. Berenang dan bermain air

Setiap kali Anda mengunjungi wisata air, pasti Anda ingin berenang, bukan? Di Curug Ciomas juga, keinginan untuk berendam tentu lahir karena jernihnya air kolam. Selain itu, airnya juga menyegarkan meski agak dingin bagi sebagian orang. Namun, seperti yang disebutkan sebelumnya, Anda harus berhati-hati saat melakukan aktivitas ini.

3. Lompat tebing

Jika berenang saja tidak cukup, ada kegiatan lain yang sangat seru untuk dilakukan yaitu lompat tebing. Tidak semua wisatawan berani melakukan aktivitas ini karena ketinggian tebingnya cukup tepat. Namun jika Anda berhati-hati, kegiatan ini dijamin seru. Jika ingin lebih aman sebaiknya menggunakan pelampung yang bisa disewa di sekitar lokasi.

4. Berburu spot foto

Keindahan Curug Ciomas secara keseluruhan tidak hanya cocok untuk menikmati panorama alam saja. Kami juga menyarankan Anda untuk melakukan aktivitas hunting spot foto. Bagi yang suka fotografi, pasti melakukan aktivitas ini jika berkunjung ke sini. Bagaimana tidak, hampir semua titik dan sudut lokasi cocok dijadikan background foto, hasilnya memuaskan.

Fasilitas yang tersedia di area air terjun

Pemasangan air terjun CiomasKredit gambar: Google Maps Achid Wisnu

Air terjun pada umumnya memiliki fasilitas yang minim, namun tidak untuk yang sedang kita bahas kali ini. Bisa dibilang fasilitas di sini cukup lengkap dibandingkan dengan tempat lain. Area parkirnya luas, bahkan untuk pengunjung yang membawa bus sekalipun. Fasilitas lainnya antara lain toilet, ruang ganti, warung yang menjual makanan dan juga mushola yang berada di dekat pemukiman warga.

Hal tersebut bisa dikatakan tentang sebuah tempat wisata alam di Bogor yang bernama Curug Ciomas. Berkunjung ke tempat ini dijamin tidak akan membosankan karena memiliki banyak daya tarik. Selain itu, banyak kegiatan seru yang bisa dilakukan, apalagi jika datang secara rombongan.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button