Kisah penjara PKI di Sukoharjo, warga mendengar suara tembakan setiap malam - WisataHits
Jawa Tengah

Kisah penjara PKI di Sukoharjo, warga mendengar suara tembakan setiap malam

Sukoharjo

Pesanggrahan Langenharjo di Sukoharjo disebut-sebut menjadi saksi bisu peristiwa 1965. Situs wisma ini pernah digunakan sebagai penjara pada masa PKI.

Situs Cagar Budaya Sri Susuhunan Pakubuwono IX yang terletak di Desa Langenharjo, Kecamatan Grogol, Kabupaten Sukoharjo ini merupakan semacam tempat tidur susun bagi narapidana PKI saat itu.

Menurut tokoh masyarakat setempat, Madyotomo Sugiman, situs Pesanggrahan Agung Langenharjo pernah dijadikan penjara bagi narapidana PKI dari luar daerah.

“Dulu ada tiga gerbang besar yang dijaga ketat. Tahanan semua ada di dalam,” kata Sugiman, Senin (9/5/2022).

Saat itu, Sugiman berusia sekitar tujuh tahun. Menurutnya, para napi diperbolehkan keluar setiap sore. Mereka biasa menggunakan toilet warga untuk mandi.

Saat itu para napi menjalin komunikasi yang baik dengan masyarakat. Sehingga masyarakat tidak takut dengan keberadaan narapidana PKI di desanya.

Suasana di Pesanggrahan Armharjo, Kecamatan Grogol, Kabupaten Sukoharjo, lokasi penahanan PKI, Senin (9/5/2022).Suasana di Pesanggrahan Armharjo, Kecamatan Grogol, Kabupaten Sukoharjo, lokasi penahanan PKI, Senin (9/5/2022). Foto: Agil Trisetiawan Putra/detikJateng

Namun, pada malam hari, suasana menjadi tegang. Sugiman mengaku sering mendengar suara tembakan dari arah Bengawan Solo.

“Setiap malam saya hanya mendengar suara tembakan. Orang tua saya bilang ada yang ditembak,” katanya.

Menurut orang tuanya, tempat eksekusi PKI berada di tepi Kali Solo. Usai dieksekusi, jenazah dibuang ke sungai.

Jembatan Bacem di Kecamatan Grogol, Kabupaten Sukoharjo, Senin (9/5/2022).Jembatan Bacem di Kecamatan Grogol, Kabupaten Sukoharjo, Senin (9/5/2022). Foto: Agil Trisetiawan Putra/detikJateng

Setelah Langenharjo Pesanggrahan dijadikan penjara PKI, digunakan sebagai tempat penyimpanan senjata. Kemudian depo minyak tersebut selama setahun sebelum dikelola oleh Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB).

Kini Pesanggrahan Langenharjo telah menjadi tempat wisata religi dan budaya. Selain itu, pemandian di sana masih ramai dikunjungi masyarakat.

Sementara itu, juru kunci Pesanggrahan Langenharjo, GPH Soeryo Wicaksono mengatakan, peninggalan Keraton Kasunanan Surakarta telah diberikan kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia sejak zaman kemerdekaan. Situs Pesanggrahan Langenharjo menjadi penjara PKI selama tiga tahun.

“Halaman depan adalah tempat tidur untuk penjara PKI. Untuk tempat eksekusi terutama di Jembatan Bacem. Setelah dieksekusi, dia langsung dibuang di Bengawan Solo,” jelas Wicaksono.

Saksikan video “Ada beberapa hal yang diungkap pengendara motor yang ditilang ETLE di persawahan”.
[Gambas:Video 20detik]
(kanan/aplikasi)

Source: www.detik.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button