Adira Finance (ADMF) Gelar Festival UMKM di 5 Desa Wisata - WisataHits
Jawa Barat

Adira Finance (ADMF) Gelar Festival UMKM di 5 Desa Wisata

Bisnis.comJAKARTA – Emiten sektor pembiayaan PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk. (ADMF) atau Adira Finance kembali menggelar Festival Kreatif Lokal (FKL) ke-3 di 5 desa wisata di Jawa dan Bali pada Agustus hingga November 2022.

Dewa Made Susila, Presiden Direktur Adira Finance menjelaskan, FKL 2022 yang bertemakan “Driving Friendly Tourism Village” ini juga merupakan komitmen pihaknya untuk mendukung UMKM di berbagai daerah di Indonesia, terutama dari sektor pariwisata dan industri kreatif.

“Hal ini juga sejalan dengan visi menciptakan nilai bersama untuk meningkatkan kesejahteraan dan memperkuat eksistensi Adira Finance sebagai perusahaan yang menawarkan solusi keuangan sesuai kebutuhan seluruh masyarakat Indonesia,” ujarnya dalam keterangan resmi. . dikutip Minggu (14/822).

ADMF juga telah menjalin kerjasama strategis dengan pemerintah melalui Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif Republik Indonesia (Kemenparekraf RI) untuk menyukseskan program Corporate Social Responsibility (CSR).

Acara ini juga merupakan bagian dari rangkaian kegiatan memperingati hari jadi Adira Finance ke-32 yang jatuh pada 13 November. FKL 2022 akan mendukung keberlanjutan pengembangan desa wisata yang merupakan bagian dari Indonesia Tourism Village Award (ADWI) Best 50 Villages Tourism Award 2021 menjadi desa wisata ramah pengemudi.

Sementara itu, 5 desa wisata di Jawa dan Bali sudah memiliki komponen pendukung seperti infrastruktur penggerak dan sumber daya manusia, serta ekosistem pariwisata dan industri kreatif.

Antara lain Desa Saung Ciburial, Kabupaten Garut, Jawa Barat; Desa Karanganyar, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah; Desa Rejowinangun, Kota Yogyakarta, DIY; Desa Sanankerto, Kabupaten Malang, Jawa Timur; dan Carangsari, Kabupaten Badung, Bali.

Sedangkan rangkaian kegiatan FKL 2022 terdiri dari Desa Wisata Kreatif yaitu program pengembangan UKM lokal untuk membuat paket wisata Desa Wisata Ramah Mengemudi yang dapat dijual dan memiliki nilai jual.

“Kegiatannya antara lain pendampingan dan peningkatan kapasitas pengelola destinasi pariwisata di sektor pariwisata dan industri kreatif di masing-masing lima desa wisata tersebut,” tambah Made.

Selanjutnya, Driving Friendly Tourism Village Exploration, kegiatan yang akan memberdayakan puluhan komunitas otomotif untuk mempromosikan potensi wisata dan ekonomi kreatif Desa Wisata dalam bentuk konten multimedia dan kegiatan promosi digital.

Ada lagi festival pasar rakyat atau kampanye gerakan sosial untuk merebut simpati publik dan menjadikan pasar rakyat di kawasan desa wisata sebagai ruang publik yang kreatif. Ada juga workshop yang membantu para pedagang pasar dan UMKM dengan literasi keuangan.

Informasi terkait rangkaian kegiatan Local Creative Festival 2022 dapat diakses melalui akun media sosial resmi Adira Finance @adirafinanceid, Youtube Adira Finance dan platform website Friends of Local adira.id/e/fkl2022-pr will.

Adira Finance Syariah juga mendukung program Moslem Friendly Tourism Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif RI dengan berkontribusi dalam pembangunan sarana dan prasarana tempat ibadah umat Islam di 5 desa wisata mulai ADWI 2022 dan seterusnya. Ini termasuk Desa Wisata Undisan, Bangli, Bali; Desa Wisata Kubah Basirih, Banjarmasin, Kalimantan Selatan; Desa Wisata Kambo, Palopo, Sulawesi Selatan; Desa Wisata Air Terjun Moramo Sumber Sari, Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara; dan Desa Wisata Hanjeli, Sukabumi, Jawa Barat.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno juga mengakui komitmen dan konsistensi Adira Finance yang terus mendukung pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif.

“Saya menyambut baik kerjasama Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif RI dengan Adira Finance dalam menjalankan kegiatan festival kreatif lokal secara konsisten dan berkelanjutan. Dengan sinergi yang kuat antara kedua pihak, besar harapan ekosistem destinasi pariwisata dan industri kreatif dapat pulih dari dampak pandemi dan membuat kemajuan,” katanya.

Sementara itu, pelaksanaan FKL 2022 juga didukung oleh berbagai pihak, baik pemerintah maupun swasta, seperti Zurich Asuransi Indonesia, MUFG, Adira Finance Syariah dan Bank Danamon.

Sejalan dengan tujuan Zurich untuk “menciptakan masa depan yang lebih baik bersama”, Zurich telah mendukung kegiatan Festival Kreatif Lokal sejak tahun 2020.

Presiden dan Direktur Zurich Asuransi Indonesia Edhi Tjahja Negara menyampaikan antusiasmenya atas kerjasama dan dukungan program ini untuk mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia di bidang pariwisata dan industri kreatif.

“Melalui produk-produk kami yang menawarkan jaminan kepada pelanggan saat bepergian dan UKM, saya percaya bahwa kami berada di posisi yang tepat untuk mendukung konsumen Indonesia untuk melindungi perjalanan mereka, keluarga mereka, dan karyawan mereka,” kata Edhi.

Lihat berita dan artikel lainnya Berita Google

Tonton video yang dipilih di bawah ini:

Untuk berita lebih lanjut tentang topik artikel ini, lihat:

Adira Finance

Konten Premium Nikmati konten premium untuk informasi lebih lanjut Login / Daftar

Source: finansial.bisnis.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button