PHRI percepat pemulihan Covid-19 dan kembangkan pariwisata berbasis UMKM - WisataHits
Yogyakarta

PHRI percepat pemulihan Covid-19 dan kembangkan pariwisata berbasis UMKM

PHRI percepat pemulihan Covid-19 dan kembangkan pariwisata berbasis UMKM

KULON PROGO, KOMPAS.com – Pengurus Besar Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (BPC PHRI) Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta berkomitmen dalam pengembangan pariwisata berbasis usaha mikro, kecil, dan menengah.

Pengembangan pariwisata berbasis UMKM diharapkan dapat mengakselerasi pertumbuhan ekonomi pascapandemi Covid-19.

Ketua BPC PHRI Kulon Progo Sumantoyo di Kulon Progo mengatakan, kepengurusan BPC PHRI 2023-2028 akan fokus mengembangkan pariwisata-UMKM di Kulon Progo agar pariwisata dan UMKM di Kulon Progo bisa bersinergi.

“UMKM pariwisata lebih mudah menghasilkan uang, mereka menjualnya di pagi hari dan membelanjakannya di sore hari, mereka membuatnya lagi di sore hari, tidak seperti UMKM lainnya. Ini juga tidak bisa menjadi fokus instansi terkait, sehingga nantinya instansi terkait bisa mengembangkannya bersama-sama,” kata Sumantoyo seperti dikutip Antara.

Dikatakannya, PHRI juga telah menggalakkan digitalisasi di sektor pariwisata di Kulon Progo, sehingga diharapkan dapat meningkatkan potensi pendapatan UMKM pariwisata lebih baik lagi.

Selain itu, ia juga mendorong agar instansi/instansi memprioritaskan pengeluaran untuk kegiatan bagi anggota PHRI Kulon Progo karena PHRI Kulon Progo juga turut berkontribusi dalam PAD melalui pajak hotel dan restoran di Kulon Progo.

“Program kerja jangka pendek kita adalah bagaimana anggota PHRI ini bisa masuk ke e-catalogue atau pasar mbiz, jadi nanti paling tidak kita minta teman-teman OPD untuk membeli dari anggota PHRI Kulon Progo,” harapnya.

Sumantoyo juga berharap adanya kerjasama antara destinasi dan dinas terkait untuk mendukung akomodasi infrastruktur guna meningkatkan potensi pendapatan wisata yang menjadi salah satu program prioritas PHRI Kulon Progo.

“Kerja sama ini mempercepat pertumbuhan pariwisata,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Kulon Progo Joko Mursito mengatakan, pemerintah kabupaten dalam hal ini Dinas Pariwisata bersedia bekerja sama dengan PHRI Kulon Progo dan bersinergi untuk meningkatkan kesejahteraan anggota PHRI Kulon Progo.

“Dengan berkembangnya hotel-hotel di Kulon Progo tentunya akan menambah semangat PHRI dalam mengembangkan produknya. Dan kami selalu berharap sinergi PHRI dengan Dinas Pariwisata akan mencakup apa yang bisa kami lakukan, kami bersedia untuk mengembangkannya. Kami akan menunggu rekomendasi atau program PHRI yang bisa dilaksanakan. Kita bisa melakukannya bersama-sama,” kata Joko.

Promosikan UMKM Anda dengan memasang iklan di jaringan Kompas Gramedia melalui Pasangiklan.com. Konsultasikan sekarang juga dengan tim sales Pasangiklan.com tentang strategi promosi bisnis Anda.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button