Adira Finance dan Kemenparekraf gelar festival kreatif lokal di desa wisata 2022: Okezone Travel - WisataHits
Jawa Timur

Adira Finance dan Kemenparekraf gelar festival kreatif lokal di desa wisata 2022: Okezone Travel

Bali – PT Adira Dinamika Multi Finance, Tbk (Adira Finance) kembali menunjukkan komitmennya untuk mendukung pengembangan sektor pariwisata dan industri kreatif. Kali ini, Adira Finance bekerjasama dengan Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif Republik Indonesia (Kemenparekraf RI) menjadi tuan rumah Festival Kreatif Lokal (FKL) untuk ketiga kalinya.

Dengan motto “Desa Wisata Ramah Berkendara”, Local Creative Festival 2022 akan berlangsung dari Agustus hingga November 2022 di lima desa wisata di wilayah Jawa dan Bali.

Local Creative Festival 2022 merupakan program Corporate Social Responsibility (CSR) Adira Finance untuk Indonesia di bawah pilar Sahabat Lokal, dengan fokus pada pengembangan pariwisata, budaya, kearifan lokal dan pemberdayaan UMKM di Indonesia.

Tahun ini merupakan tahun ketiga penyelenggaraan Festival Kreatif Lokal, ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) yang mengatur pengembangan bersama destinasi pariwisata dan industri kreatif, yang akan berlangsung selama lima tahun ke depan.

Menteri Pariwisata dan Industri Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mengakui komitmen dan ketekunan Adira Finance untuk terus mendukung pengembangan pariwisata dan industri kreatif.

“Saya mengapresiasi kerja sama Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif RI dengan Adira Finance dalam menjalankan kegiatan Local Creative Festival secara konsisten dan berkelanjutan,” kata Sandiaga dalam konferensi pers Local Creative Festival 2022 yang diselenggarakan pada Jumat, 12 Agustus 2022. dilaksanakan di Desa Wisata Undisan. Kabupaten Bangli, Bali.

Ia melanjutkan, dengan sinergi yang kuat antara kedua pihak, besar harapan ekosistem destinasi pariwisata dan industri kreatif dapat pulih dari dampak pandemi dan terus maju.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama Adira Finance Dewa Made Susila mengatakan: “Festival Kreatif Lokal merupakan konsep yang menyimpang dari keinginan besar kami untuk membantu perekonomian Indonesia dari sektor pariwisata dan industri kreatif khususnya segmen UMKM.”

Ia mengatakan hal ini sejalan dengan visi menciptakan nilai bersama untuk meningkatkan kesejahteraan dan memperkuat eksistensi Adira Finance sebagai perusahaan yang menawarkan solusi keuangan sesuai kebutuhan seluruh masyarakat Indonesia.

“Untuk menyukseskan tujuan ini, kami memandang perlu untuk melanjutkan kerja sama strategis dengan pemerintah melalui Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif RI,” katanya.

Sebagai bagian dari rangkaian kegiatan memperingati Hari Ulang Tahun Adira Finance ke-32 yang jatuh pada 13 November, Lokal Creative Festival 2022 mendukung pembangunan berkelanjutan desa wisata yang masuk dalam 50 besar desa wisata Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 (ADWI ) untuk ramah pengemudi menjadi desa wisata.

Dengan motto tersebut, Adira Finance bersama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia menyelenggarakan Festival Kreatif Lokal 2022 di 5 desa wisata di Jawa dan Bali yang telah memiliki komponen pendukung seperti infrastruktur penggerak, sumber daya manusia, ekosistem pariwisata dan ekonomi kreatif.

Desa Wisata ADWI 2021

1. Desa Saung Ciburial, Kabupaten Garut, Jawa Barat

2. Desa Karanganyar, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah

3. Desa Rejowinangun, Kota Yogyakarta, DI Yogyakarta

4. Desa Sanankerto, Kabupaten Malang, Jawa Timur

5. Desa Carangsari, Kabupaten Badung, Bali

Rangkaian kegiatan Local Creative Festival 2022 terdiri dari beberapa kegiatan antara lain:

1. Desa Wisata Kreatif, program pengembangan UKM lokal untuk membuat paket wisata desa ramah pengemudi yang bisa dijual dan dibeli nilai jual. Kegiatannya meliputi pendampingan dan peningkatan kapasitas pengelola destinasi pariwisata di sektor pariwisata dan industri kreatif di masing-masing lima desa wisata.

2. Eksplorasi Desa Wisata Ramah Mengemudi adalah kegiatan mempromosikan puluhan komunitas penggerak untuk mempromosikan potensi wisata dan ekonomi kreatif desa wisata dalam bentuk konten multimedia dan kegiatan promosi digital.

3. Festival Pasar Rakyat, kampanye yang dilakukan oleh sebuah gerakan sosial untuk mendapatkan simpati masyarakat dan menjadikan Pasar Rakyat di kawasan Desa Wisata sebagai ruang publik yang kreatif. Selain itu ada juga bengkel yang membantu pedagang pasar dan UMKM dengan literasi keuangan.

Penyelenggaraan Local Creative Festival 2022 juga didukung oleh berbagai pihak, baik dari pemerintah maupun swasta, seperti Zurich Asuransi Indonesia, MUFG, Adira Finance Syariah dan Bank Danamon.

Sejalan dengan tujuan Zurich untuk menciptakan masa depan yang lebih baik bersama, Zurich telah mendukung Festival Kreatif Lokal sejak tahun 2020. Presiden Direktur PT Zurich Asuransi Indonesia, Tbk Edhi Tjahja Negara mengatakan pihaknya senang dapat bekerjasama kembali dan mendukung program ini untuk mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia di sektor pariwisata dan industri kreatif.

“Melalui produk-produk kami yang menawarkan jaminan kepada pelanggan saat bepergian dan UKM, saya percaya bahwa kami berada di posisi yang tepat untuk mendukung konsumen Indonesia dan melindungi perjalanan mereka, keluarga mereka, dan karyawan mereka,” katanya.

Informasi terkait rangkaian kegiatan Local Creative Festival 2022 dapat diakses melalui akun media sosial resmi Adira Finance @adirafinanceid, YouTube Adira Finance dan platform website Sahabat Lokal. adira.id/e/fkl2022-pr.

Sahabat Adira Finance juga dapat mendaftar untuk mengikuti kegiatan menjelajahi desa wisata ramah pengemudi dan mendapatkan informasi tentang budaya, tempat populer, kuliner, serta berbagai kegiatan wisata dan produk berkualitas di berbagai daerah di Indonesia, dikemas secara menarik artikel, foto dan video melalui media sosial Adira Finance.

Adira Finance Syariah juga mendukung program Moslem Friendly Tourism Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif RI dengan berkontribusi dalam pembangunan sarana dan prasarana tempat ibadah umat Islam di lima desa wisata mulai ADWI 2022.

Kelima desa wisata tersebut adalah Desa Wisata Undisan, Bangli, Bali; Desa Wisata Kubah Basirih, Banjarmasin, Kalimantan Selatan; Desa Wisata Kambo, Palopo, Sulawesi Selatan; Desa Wisata Air Terjun Moramo Sumber Sari, Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara; dan Desa Wisata Hanjeli, Sukabumi, Jawa Barat.

Festival Kreatif Lokal 2022. (Foto: Adira Finance)

“Saya mengajak teman-teman semua untuk menghadiri Local Creative Festival 2022 dan mari terus dukung dan sumbangsih untuk sektor pariwisata dan industri kreatif Indonesia,” ujarnya.

“Seperti yang dijanjikan merek “Sahabat setia selamanya”, Adira Finance hadir untuk UMKM yang ingin berkembang dan menjadi lebih progresif sehingga bermanfaat bagi ekosistem sekitar dan perekonomian Indonesia,” ujar Dewa Made Susila.

(Paus)

Source: travel.okezone.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button