Tiket, Venue & Atraksi Waduk Wadaslintang - WisataHits
wisatahits

Tiket, Venue & Atraksi Waduk Wadaslintang

Tiket, Venue & Atraksi Waduk Wadaslintang

Harga tiket masuk Waduk Wadaslintang : Rp 10.000. Jam buka: 24 jam. Nomor telepon: -. Alamat/Lokasi: Sigudeg, Sendangdalem, Padureso, Kebumen, Jawa Tengah, Indonesia, 54394.

Waduk Wadaslintang merupakan bendungan yang terletak di dua kabupaten yaitu Wonosobo dan Kebumen. Menempati ribuan hektar lahan, ia memiliki fungsi yang begitu penting bagi masyarakat. Meski sudah ada sejak tahun 1988, bendungan ini masih berfungsi dengan baik. Bahkan pada masanya banyak negara lain yang memuji pembangunan Waduk Wadaslintang.

Waduk Wadaslintang sendiri memiliki fungsi utama sebagai PLTA dan irigasi. Juga, sebagai sarana rekreasi bagi wisatawan. Wisatawan dapat melakukan berbagai kegiatan, mulai dari memancing hingga permainan air. Hal ini juga didukung dengan suasana waduk yang asri dan udara yang segar.

Harga Tiket Masuk Waduk Wadaslintang

Tempat wisata ini mematok harga yang tetap terjangkau. Wisatawan juga akan dikenakan biaya parkir tergantung kendaraannya. Selain itu, jika wisatawan ingin menikmati berbagai wahana yang tersedia, akan dikenakan biaya tambahan.

Biaya masuk
Tiket masuk Rp 10.000
berperahu Rp 10.000
Tarif parkir
Sepeda motor Rp3.000
Mobil Rp5.000

Baca: Tiket dan Atraksi Pesona Kayangan Kebumen

Jam Buka Waduk Wadaslintang

Obyek wisata ini belum menentukan jam buka secara spesifik. Namun biasanya wisatawan meninggalkan tempat wisata tersebut pada sore hari.

Jam operasional
Setiap hari 24 jam

Nikmati keindahan dan kesejukan Waduk Wadaslintang

Waduk Wadaslintang, WonosoboWaduk Wadaslintang, Kebumen. Foto: Gmap/Arzha Ali Rahmat

Waduk Wadaslintang, menempati area seluas 2.626 hektar. Yang merupakan kawasan hutan pinus dan pohon yang rimbun, serta danau untuk waduk. Bendungan itu sendiri memiliki panjang 650 meter, tinggi 116 meter, dan lebar 10 meter. Dengan luasan tersebut, waduk mampu menampung air hingga 443 juta meter kubik.

Air danau di waduk ini sangat jernih, bahkan wisatawan bisa melihat pantulan langit dan pepohonan di permukaan air. Airnya juga cenderung tenang, sehingga pemandangan terlihat begitu damai. Di sekitar waduk, wisatawan juga dapat melihat rimbunnya pepohonan yang membuat kawasan waduk menjadi asri. Ada juga kawasan khusus berupa hutan pinus.

Selain pepohonan, waduk juga dikelilingi perbukitan yang ditumbuhi pepohonan hijau. Sementara di daerah lain yang tidak ada pohonnya, tumbuh rerumputan hijau yang menyebar. Di sisi bukit berumput, wisatawan bisa mengamati air terjun. Yang langsung mengarah ke Danau Reservoir, menimbulkan perasaan riak dan kabut yang unik di bawah.

Baca: Wisata Murah Kebumen Town Square

Wisata Satu Lubang Sewu

Lubang Sewulubang sewu. Foto: Gmap/Sugi Arto

Tak hanya cantik, Waduk Wadaslintang juga memiliki keunikan tersendiri. Yakni keberadaan Lubang Sewu yang letaknya tak jauh dari lokasi waduk. Lubang Sewu adalah ribuan lubang yang terbuat dari batu kapur yang terbentuk secara alami. Proses pembentukannya juga terjadi puluhan bahkan ratusan tahun yang lalu.

Batu-batu kapur ini tersusun secara timbunan di pinggir waduk. Warna batu-batu ini tampak putih, agak kecokelatan pada bagian muka tertentu karena bekas air. Tumpukan batu akan terlihat tinggi saat musim kemarau. Karena air tidak menggenangi dasar kawasan ini.

Wisatawan bisa memanjat bebatuan ini karena cukup aman dengan permukaan yang rata. Namun Anda harus berhati-hati saat berjalan, karena tidak ada jaminan khusus disini. Lokasinya cocok untuk dijadikan spot foto yang unik. Apalagi di sore hari menjelang matahari terbenam, pemandangan akan semakin indah.

Baca: Pantai Surumanis Kebumen: Tiket dan Atraksi

Perahu wisata danau

Perahu untuk bergerak di danauPerahu untuk bergerak di danau. Foto: Gmap/Mafa Ikhir

Wisatawan dapat menikmati keindahan danau dengan mengikuti perahu wisata. Kawasan Waduk Wadaslintang begitu luas sehingga perairannya bisa dijelajahi. Anda akan merasakan suasana tenang dengan angin sepoi-sepoi saat perahu sedang berjalan. Untuk menggunakan perahu, wisatawan hanya perlu membayar sedikit.

Di beberapa tempat danau terdapat keramba yang menjadi tempat berkembang biak ikan. Beberapa pemelihara ikan air tawar menggunakan danau sebagai habitat pemelihara ikan. Berupa kolam apung dari kayu dan tong besar. Wisatawan juga bisa mampir ke keramba untuk membeli ikan langsung dari petani.

Selain perahu, wisatawan juga bisa berkeliling kawasan danau dengan mengayuh sepeda. Ini lebih lambat, jadi lebih aman. Dan wisatawan bisa lebih puas menikmati setiap titik di kawasan danau. Namun tentunya membutuhkan tenaga yang sedikit lebih untuk mengayuh sepeda ini.

Baca: Tiket, Pesona, dan Aktivitas Hutan Mangrove Kebumen

Memancing di waduk

Waduk Wadaslintang juga menjadi habitat beberapa jenis ikan air tawar. Beberapa ikan hasil tangkapan nelayan kemudian dijual langsung ke pengunjung. Ada yang dijual mentah, ada yang sudah diolah. Umumnya diubah dengan cara dipanggang.

Namun, wisatawan tetap bisa mendapatkan ikan tanpa membelinya. Yakni melalui penangkapan ikan langsung dari waduk. Ada tempat-tempat yang bisa dikunjungi wisatawan untuk melemparkan kail mereka. Atau Anda juga bisa menyewa perahu untuk pergi ke tengah danau dan memancing di sana.

Suasana danau cukup tenang sehingga tidak sulit menangkap ikan. Selain itu, memancing juga bisa menjadi salah satu cara untuk merelaksasikan pikiran. Jenis ikan yang biasa dijumpai di sini adalah mujair, lele siam, platipus, brek dan betutu.

Bersenang-senang dengan Banana Boat

Dilarang berenang di Waduk Wadaslintang. Karena danau ini cukup dalam. Namun, wisatawan tetap bisa bermain perahu pisang. Waterpark sewaan ini sangat cocok untuk menikmati serunya bermain air.

Wisatawan akan dibekali perlengkapan khusus seperti jaket pelampung, sehingga aman saat bermain. Dan tentunya setiap bagian akan diawasi oleh pemandu yang juga akan menaiki pelampung.

Baca: Catatan dan Pesona GOA JATIJAJAR

Menikmati sore hari di Waduk Wadaslintang

Menikmati sore hari di Waduk WadaslintangMenikmati sore hari di Waduk Wadaslintang. Foto: Gmap/Ade Ard

Sore hari adalah waktu yang tepat bagi wisatawan untuk menikmati suasana di sini. Ada banyak tempat yang menawarkan pemandangan matahari terbenam yang menawan. Wisatawan juga bisa berjalan-jalan santai atau bersepeda melewati jalanan aspal. Pemandangan dari atas jalan ini sungguh indah dan enak dipandang.

Kemudahan

Obyek wisata ini telah dilengkapi dengan fasilitas umum pendukung. Seperti toilet, mushola, tempat parkir dan warung. Ada juga area bermain anak di area waduk yang bisa dinikmati secara gratis.

Lokasi Waduk Wadaslintang

Tangki ini terletak di Sigudeg, Sendangdalem, Kec. Padureso, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah 54394. Hanya berjarak 22 kilometer dari Alun-alun Kebumen dan hanya 40 menit dengan mobil.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button