5 Rekomendasi Wisata Curug di Banyumas yang Sering Menarik Perhatian Pengunjung Solopos.com - WisataHits
Jawa Timur

5 Rekomendasi Wisata Curug di Banyumas yang Sering Menarik Perhatian Pengunjung Solopos.com

5 Rekomendasi Wisata Curug di Banyumas yang Sering Menarik Perhatian Pengunjung Solopos.com

Solopos.com, BANYUMAS — Banyumas merupakan salah satu kabupaten di Jawa Tengah yang menawarkan berbagai wisata menarik. Secara geografis Kabupaten Banyumas merupakan daerah pegunungan atau dataran tinggi, salah satunya Gunung Slamet yang terkenal.

Karena keunggulan letak geografisnya, menciptakan banyak tujuan wisata alam yang menakjubkan. Cukup banyak yang menarik perhatian wisatawan domestik maupun mancanegara.

Special Offers Penawaran spesial yang menarik, menginap di Loa Living Solo New Bisa nonton Netflix sepuasnya!

Ada banyak air terjun atau cascade di Banyumas dengan keindahan alamnya yang unik. Dari sekian banyak air terjun, menjadi alternatif yang sangat baik untuk mengisi waktu liburan bersama teman dan keluarga.

Solopos interaktif

Berikut beberapa rekomendasi tempat wisata air terjun di Banyumas yang bisa Anda kunjungi.

1. Air Terjun Ceheng

Wisata alam di Curug Ceheng sangat populer di kalangan remaja yang suka berkemah dan sangat cocok untuk rekreasi keluarga. Letaknya di Kabupaten Sumbang, ujung timur Kota Purwokerto, lebih tepatnya di Kabupaten Sumbang, jaraknya sekitar 9 kilometer.

Ketinggian Curug Ceheng kurang lebih 600 meter di atas permukaan laut membuat suhu udara di sekitarnya terasa sangat sejuk. Daya tarik air terjun ini adalah keindahan alam yang luar biasa.

Air di Curug Ceheng sangat jernih sehingga airnya terasa sangat segar dan dapat menambah keseruan bermain air. Plus, pakis yang mengelilingi air terjun menambah daya tarik pemandangan.

Di sekitar Curug Ceheng banyak terdapat pedagang yang menjajakan aneka jajanan untuk para wisatawan. Makanannya pun beragam dan beragam mulai dari pecel, minuman ringan dan berbagai jajanan lainnya.

2. Air Terjun Carang

Berbeda dengan Curug Ceheng, Curug Carang ini masih cukup tersembunyi. Hal ini membuat tempat wisata ini tidak banyak dikunjungi wisatawan.

Kuis Solopos - Asah Otak Lucu

Air Terjun Carang ini terletak di Desa Kemutung Kidul, Kecamatan Baturaden, Kabupaten Banyumas, Provinsi Jawa Tengah.

Meski tersembunyi, pesona keindahan Curug Carang memang tak tertandingi. Air terjun ini juga memiliki dua jenis air terjun dengan ketinggian yang berbeda. Air terjun pertama tingginya sekitar 30 meter. Sedangkan yang kedua sekitar 10 meter.

Selain itu, tumbuhan lumut yang hidup liar di sekitar lokasi air terjun sangat menyenangkan bagi siapa saja yang melihatnya.

3. Air Terjun Cipendok

Air Terjun Cipendok terletak di Dusun II Lebaksiu Karanganyar, Karangtengah, Kecamatan Cilongok, Kabupaten Banyumas. Jarak dari pusat kota sekitar 25 km dan dapat ditempuh dengan kendaraan roda dua maupun roda empat.

Air Terjun Cipendok merupakan salah satu air terjun yang banyak diminati wisatawan. Ada banyak spot foto yang menarik untuk dicoba.

Air terjun ini sudah dikelola dengan baik sehingga fasilitas yang terjaga juga sangat memuaskan diantaranya tempat parkir mobil yang nyaman, mushola, cottagedaerah keluar, dan lainnya.

Tak hanya itu, air terjun ini juga memiliki banyak hewan langka di sekitarnya. Anda bisa melihat burung elang Jawa yang berputar-putar di sekitar lokasi ini atau hewan endemik Purwokerto yaitu monyet abu-abu.

Flashback 2022 - Pos tunggal Emagz

Udara pegunungan yang sejuk juga bisa Anda rasakan di sini. Wisatawan yang datang bisa menikmati kesejukan Air Terjun Cipendok sambil mandi atau bermain di kolam.

4. Air Terjun Gomblang

Curug Gomblang terletak di Desa Kalisalak, Kecamatan Kedungbanteng, Kabupaten Banyumas. Air terjun ini menawarkan keindahan air terjun yang jatuh dari ketinggian dan kemudian Anda akan disambut oleh angin sejuk dan air jernih yang mengalir dari ketinggian.

Pengelola Curug Gomblang sudah banyak berkembang di berbagai instansi. Cuek Spot Selfie dibangun untuk wisatawan, misalnya dek Per Spot Selfie atau foto dengan teman yang berkunjung.

Curug Gomblang merupakan salah satu wisata alam yang masih tersisa. Hal itu terlihat dari kondisi airnya yang tidak pernah surut sepanjang tahun. Selain itu, airnya sangat jernih dan bebas dari sampah.

Dengan ketinggian sekitar 50 meter dan kolam utama yang tidak terlalu dalam, pengunjung bisa bermain air di bawah air terjun.

5. Air Terjun Baturaden

Seperti namanya Curug Telu, di sini pengunjung bisa menikmati tiga air terjun sekaligus dengan latar alam yang benar-benar memanjakan mata. Air terjun ini memiliki tiga aliran air terjun yang terdiri dari satu air terjun besar dan dua air terjun kecil.

Anda akan menyaksikan keindahan air terjun yang berpohon dan dihiasi dengan tumbuhan menghijau, hijau lumut dan tumbuhan paku menghiasi kawasan Curug Telu.

Cerita Solopos

Ditambah lagi dengan adanya batu-batu kecil yang bisa digunakan untuk bermain mengumpulkan batu-batuan dan ada batu-batu besar untuk melompat dari sisi air terjun. Ada juga kolam renang sedalam enam meter jika Anda ingin berenang.

Uniknya, di belakang air terjun ini juga terdapat tebing yang menjadi tempat berlindung kelelawar liar dari terik matahari.

Tempat wisata Air Terjun Telu ini berada di Desa Karangsalam, Kecamatan Baturaden, Kabupaten Banyumas.

Untuk lebih banyak berita dan artikel, lihat Berita Google

Simak berbagai berita pilihan dan terbaru dari Solopos.com di grup Telegram “Solopos.com Latest News”. Klik tautannya lalu gabung/join. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button