Malay Beach, pantai ekologis dan pasir putih yang menawan di Batam - WisataHits
wisatahits

Malay Beach, pantai ekologis dan pasir putih yang menawan di Batam

Malay Beach, pantai ekologis dan pasir putih yang menawan di Batam
Harga tiket: Rp 10.000 Jam operasional: 24 jam, Alamat: Batu Besar, Kec. Nongsa, Kota Batam, Kepulauan Riau; Kasus: Verifikasi lokasi

Waktu liburan merupakan waktu yang dinanti-nanti oleh sebagian besar orang, merencanakan liburan merupakan poin penting sebelum pergi berlibur. Bagi Anda yang ingin berlibur ke Kota Batam, tidak ada salahnya untuk mengunjungi destinasi wisata yang satu ini.

Kota Batam terletak di bagian barat Indonesia. Kawasan ini dikenal sebagai kota yang memiliki keistimewaan bebas pajak. Barang yang datang dari luar negeri ke Kota Batam tidak akan dikenakan PPnBM, PPN dan bea cukai. Jadi jangan heran jika menemukan barang elektronik di Batam dengan harga lebih murah.

Ciri khas lain Kota Batam terletak pada keindahan wisata baharinya. Salah satu pantai di kota Batam yang paling populer untuk dikunjungi adalah Pantai Melayu. Pantai 24 jam ini memiliki daya tarik yang tidak kalah dengan pantai lainnya di Indonesia. Penasaran ingin tahu seperti apa pantai di Kota Batam ini? Simak ulasan berikut ini

Daya tarik yang dimiliki Pantai Melayu

Atraksi Pantai MalaysiaKredit gambar: Google Maps Yusril Ihza Syahputra

1. Pantai pasir putih

Malay Beach memiliki daya tarik berupa pantai berpasir putih. Pasir putih ini terhampar di pantai sejauh mata memandang. Selain putih, pasir pantainya juga halus dan nyaman untuk dilalui dengan bertelanjang kaki.

2. Pemandangan yang selalu bagus

Pantai cantik ini masih terjaga keasliannya, seolah belum banyak orang yang mengeksplorasi keindahannya. Pemandangan di sekitar pantai akan membuat wisatawan terlena dan betah berlama-lama. Meski Batam adalah kota yang ramai, pengunjung akan menemukan kedamaian di pantai eksotis ini.

3. Keindahan Bawah Air

Daya tarik utama dari pantai Malaysia yang menawan ini adalah keindahan alam bawah lautnya, kondisi air lautnya yang masih sangat jernih dengan pemandangan bawah laut yang dapat terlihat jelas bahkan dari permukaan. Ada ikan-ikan kecil yang berenang dan juga terumbu karang yang menambah keindahan lanskap bawah laut.

4. Bisa melakukan olahraga air

Di pantai yang indah ini pengunjung tidak hanya disuguhi pemandangan pantai tetapi juga tersedia fasilitas olahraga air seperti banana boat, harga sewa sangat terjangkau. Dengan demikian, pengunjung bisa melakukan aktivitas diving seru di sini.

5. Memiliki taman yang menenangkan

Wisatawan yang membawa anak-anak tidak perlu khawatir anak-anak bosan di pantai, karena di lokasi pantai juga terdapat taman santai yang bisa digunakan untuk bersantai dan bermain anak-anak.

6. Pulau kecil di sekitar pantai Malaysia

Daya tarik pantai MalaysiaKredit gambar: Google Maps Pa_JioPa_iJo PurNomo

Daya tarik selanjutnya adalah adanya pulau-pulau kecil di sekitar garis pantai. Pengunjung bisa datang ke pulau kecil ini dengan menaiki perahu atau lebih dikenal dengan pom pom untuk diantar ke pulau tersebut.

7. Keindahan sunset dan sunrise

Matahari terbenam dan matahari terbit yang indah dapat dilihat dari pantai Melayu Batam. Keindahannya begitu indah berpadu dengan pemandangan gugusan pulau-pulau kecil yang mengelilinginya. Untuk bisa menikmati pemandangan indah ini, pengunjung bisa menyesuaikan waktu kedatangannya yaitu pagi dan sore hari.

8. Gazebo sebagai tempat menginap

Wisatawan yang ingin menginap di dekat pantai tidak perlu bingung mencari tempat menginap karena pihak pengelola telah menyediakan fasilitas berupa gazebo yang bisa disewa untuk bermalam. Pengelola gazebo ini adalah warga setempat.

9. Warung kecil untuk menghilangkan penat

Ada warung kecil di pinggir pantai sebagai pelengkap saat perut lapar. Ada warung yang menawarkan berbagai makanan dan minuman. Ada juga air kelapa yang cocok diminum di pinggir pantai.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat pantai melayuKredit gambar: Google Maps Hariyadi Nugroho

Pantai cantik ini terletak di desa Rempang Cate yang merupakan bagian dari wilayah kecamatan Galang, Kepulauan Riau. Untuk menuju ke sana, Anda bisa menggunakan transportasi darat roda empat atau dua. Dari pusat kota kira-kira 1 jam perjalanan.

Jalan menuju lokasi Pantai Melayu cukup mudah dilalui, hanya membutuhkan waktu sekitar 45 menit dari jembatan penghubung antara Pulau Galang dan Pulau Rembang. Di sisi kanan jalan Anda akan menemukan gerbang selamat datang yang merupakan pintu depan.

Sedangkan bagi wisatawan yang datang dari Jembatan 4 Barelang hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit. Jam buka pantai ini adalah 24 jam nonstop, tidak ada batasan waktu untuk mengunjungi pantai indah ini.

Harga tiket masuk wisata pantai

Harga Tiket Masuk Wisata Pantai MelayuKredit Gambar: Google Maps romi bunarta

Tarif masuk Pantai Melayu sangat terjangkau, hanya Rp 10.000 per orang, wisatawan sudah bisa melihat keindahan alamnya. Tiket masuk hanya dikenakan untuk pengunjung dewasa sedangkan untuk anak-anak tidak dikenakan biaya masuk.

Bagi wisatawan yang membawa kendaraan akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp3.000 untuk sepeda motor roda dua dan Rp5.000 untuk kendaraan roda empat. Biaya lainnya juga akan dikenakan kepada pengunjung yang menggunakan beberapa fasilitas yang telah disediakan.

Wisatawan harus membayar Rp 15.000 untuk menyewa gazebo jika ingin beristirahat di sana dan Rp 200 ke toilet untuk buang air kecil dan Rp 4.000 untuk mandi. Wisatawan yang ingin bermain wahana air seperti banana boat hanya perlu membayar Rp 20.000 per orang.

Harga makanan di warung sekitar pantai juga sangat terjangkau, mulai dari Rp 10.000 untuk minuman air kelapa dan Rp 20.000 sampai Rp 60.000,- untuk makanan yang mengenyangkan. Harga tiket yang terjangkau dan banyaknya fasilitas yang disediakan akan membuat pengunjung betah berada di pantai yang indah ini.

Aktivitas seru yang bisa dilakukan di Pantai Melayu

Aktivitas seru di pantai MalaysiaKredit Gambar: Google Maps My Teroka Alam

1. Perburuan foto yang menarik

Kegiatan hunting foto menjadi hal yang menarik selama liburan di Pantai Melayu Batam. Pengunjung bisa mendapatkan banyak spot foto di pantai pasir putih ini. Abadikan momen menarik perjalanan Anda di smartphone atau layar kamera. Spot foto yang menarik antara lain area dekat lookout, foto saat menaiki banana boat atau speedboat, dll.

2. Main wahana air

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, di Pantai Malay Batam pengunjung bisa menaiki wahana air berupa speedboat dan banana boat. Soal keamanan, jangan khawatir, wahana mainan ini sudah dilengkapi dengan standar keamanan khusus. Ada juga satpam yang berjaga di pantai.

3. Mainkan air

Ke pantai tanpa bermain air rasanya kurang lengkap, apalagi pantai eksotik ini memiliki pasir putih yang halus. Berenang di pantai bisa menjadi salah satu aktivitas yang menarik untuk dilakukan di sini. Untuk menjamin keamanan pengunjung, disediakan pelampung karet yang dapat digunakan oleh orang dewasa dan anak-anak.

4. Snorkling

Pecinta keindahan bawah laut tidak boleh melewatkan kesempatan untuk mengeksplorasi keindahan alam bawah laut di Pantai Melayu Batam. Pengunjung dapat menyewa peralatan yang disediakan atau membawa peralatan sendiri. Untuk bisa melakukan snorkeling tentunya membutuhkan pengalaman dan juga pengawasan ahli.

5. Bola voli pantai

Aktivitas seru di Pantai MelayuKredit Gambar: Google Maps My Teroka Alam

Kegiatan olahraga yang juga bisa dilakukan di pantai menawan ini adalah voli pantai. Kegiatan ini cocok bagi pengunjung yang datang bersama rombongan teman atau keluarga. Angin sejuk dan suasana damai pantai ini pasti akan memberi Anda perasaan sporty yang berbeda.

6. Bersepeda

Sebagai hobi bersepeda, pengunjung juga bisa melakukan aktivitas bersepeda di Pantai Melayu. Kegiatan bersepeda dapat dilakukan pada pagi dan sore hari saat matahari tidak terik. Agar bisa mengayuh dengan nyaman, pastikan wisatawan menghormati hak pengunjung lainnya.

7. Waktu matahari terbenam

Kegiatan berburu matahari terbenam hampir wajib dilakukan di semua pantai. Pesona keindahan matahari terbenam yang hanya terjadi sekali dalam sehari mampu menghipnotis siapapun yang melihatnya. Nikmati matahari terbenam ini bersama teman, keluarga, dan orang-orang terkasih.

Fasilitas yang tersedia di area pantai

Fasilitas Pantai MalaysiaKredit Gambar: Google Maps Aisha Pasha Patria

Sebagai tempat wisata, tentunya pihak pengelola Pantai Melayu berusaha semaksimal mungkin untuk memastikan pengunjung bisa nyaman berada di pantai indah ini. Beberapa fasilitas yang sudah tersedia antara lain toilet umum, flushing room, tempat parkir, taman bermain, gazebo, mushola, persewaan pelampung, water sport, warung makan dan guide.

Wisatawan yang penat bermain bisa memanfaatkan persewaan kios milik warga untuk beristirahat sambil menikmati kuliner yang ditawarkan di warung tersebut. Cara untuk bisa menyewa gazebo ini sangat sederhana, pada akhirnya tinggal menghubungi nomor handphone masing-masing gazebo.

Berbagai fasilitas penunjang yang telah tersedia seharusnya dapat memberikan kenyamanan dan keamanan bagi pengunjung yang datang sendiri, bersama anak-anak maupun rombongan. Sehingga diharapkan pantai indah di Kota Batam ini menjadi tempat liburan favorit.

Demikian ulasan mengenai Malay Beach sebagai tempat berlibur di Kota Batam. Untuk mendapatkan nuansa liburan yang lengkap, manfaatkan semua fasilitas yang ada, rasakan semangat baru berpetualang di pantai yang indah ini. Saran untuk mengunjungi pantai ini adalah membawa baju ganti karena bermain air adalah kegiatan wajib.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button