Kota Solo menyambut Tahun Baru Imlek 2023 dan semakin indah di malam hari. Ada ribuan lampion hias di Kawasan Pasar Gede dan Balaikota Solo - Fokus Jateng - WisataHits
Jawa Tengah

Kota Solo menyambut Tahun Baru Imlek 2023 dan semakin indah di malam hari. Ada ribuan lampion hias di Kawasan Pasar Gede dan Balaikota Solo – Fokus Jateng

Kota Solo menyambut Tahun Baru Imlek 2023 dan semakin indah di malam hari.  Ada ribuan lampion hias di Kawasan Pasar Gede dan Balaikota Solo – Fokus Jateng

FOKUS TENGAH – SOLO – Perayaan Imlek di Solo akan semarak karena panitia telah menyiapkan ribuan lampion dan sejumlah atraksi yang sangat menarik. Menyambut Tahun Baru Imlek 2023, Kota Solo makin cantik di malam hari. Ribuan lampion dihias di area Pasar Gede dan di Balaikota Solo.

Pantauan Fokujateng.com, Minggu siang (15/1/2023), warga Solo dan sekitarnya memadati kawasan Pasar Gede dan Balai Kota Solo untuk menikmati acara pembukaan Grebeg Sudiro yang merupakan bagian dari rangkaian Chinese New Perayaan tahun di tahun 2023 .

Meski di Solo sempat diguyur hujan, para pengunjung yang sudah memadati sejak pukul 11.00 WIB siang itu tak mau beranjak di depan panggung pembukaan kirab budaya yang tak jauh dari Pasar Gede Solo itu.

Pada malam hari, kawasan Pasar Gede di Jalan Urip Sumoharjo hingga depan Balai Kota Solo di Jalan Jenderal Sudirman mulai dipenuhi pedagang yang berbaur dengan ribuan warga. Suasana Minggu malam terasa menyenangkan karena udara cukup dingin setelah hujan sore di kota Solo.

Warga berduyun-duyun menikmati aneka jajanan, mulai dari wedangan, telur gulung, cimol, seafood bakar, kerak telor, penjual aksesori hingga pernak pernik imlek seperti replika barongsai dan lain sebagainya.

Tur perahu yang bagus

Wisata light boat menyusuri Sungai Pepe menjadi salah satu destinasi yang paling diminati saat perayaan Grebeg Sudiro dan Imlek di Solo. Lampion-lampion hias yang dipasang di sepanjang Sungai Pepe menjadi pemandangan yang indah bagi pengunjung.

Kemeriahan perayaan Imlek yang dipusatkan di kawasan Pasar Gede dan depan Balai Kota Solo ini pasti dimanfaatkan oleh anak muda untuk berfoto selfie atau selfie dengan latar belakang lampion di depan Pasar Gede dan di Pasar Jembatan Gede.

Terkait perayaan Imlek sendiri, Panitia Imlek Kota Solo telah menyiapkan banyak agenda agar perayaan Imlek 2023 juga bisa dinikmati dan menghibur warga Solo.

“5.000 lampion bundar dipasang dimana tahun lalu hanya 1.000. Kemudian kami menambahkan 12 tanda zodiak, tanda zodiak Cina dan semuanya baru. Ada bunny master di Gladag (bundaran) dan ada bunny family di alun-alun (Balai Kota Solo),” kata Sumartono Hadinoto, Ketua Panitia Imlek Bersama 2023 kepada Focusjateng.com di Persatuan Masyarakat Surakarta (PMS). kantor kemarin.

Kembang api di Langit Solo

Ditambahkannya, ada atraksi yang meriah pada Sabtu malam, 21 Januari 2023, yaitu penyalaan kembang api selama kurang lebih 25 menit pada pukul 24.00 WIB atau 00.00 WIB, 22 Januari 2023. untuk Menyambut kedatangan 2574, dilanjutkan dengan pesta kembang api pada pukul 00.00 sekitar 20-25 menit,” jelas Sumartono.

Pesta kembang api itu, diakuinya, merupakan yang pertama sejak dua tahun vakum akibat pandemi Covid-19. Sementara itu, pesta kembang api senilai Rp 50 juta akan digelar di Solo City Hall Plaza tahun ini.

Tentu tontonan ini akan menarik minat masyarakat Solo dan sekitarnya. Bisa dibayangkan indahnya langit di Kota Solo dengan aneka kembang api warna-warni. Dinamika ini tentu menghiasi akun media sosial warga Solo dan sekitarnya.

Perayaan Imlek dengan tema “Merajut Harmoni Dalam Kebhinekaan” sebagai puncak acara akan dilaksanakan pada tanggal 5 Februari di Pendhapi Gede Balai Kota Solo dan bersamaan dengan Perayaan Cap Go Meh (bulan ke 15 penanggalan Imlek). -red). Di Tahun Kelinci ini, panitia berharap ekonomi akan jauh lebih baik di tengah perkiraan resesi ekonomi. “Tapi kita berharap Indonesia bisa lebih baik, bertahan dalam segala keadaan dan maju,” harap Sumartono.

Sepanjang rangkaian acara, akan ada penampilan barongsai dan barongsai di setiap acara Imlek 2023 di kota Solo. (Angkat Kartika)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button