Beri motivasi, BRTPD DIY adakan trip 105 PPKS - WisataHits
Yogyakarta

Beri motivasi, BRTPD DIY adakan trip 105 PPKS

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN – Balai Rehabilitasi Terpadu Penyandang Disabilitas (BRTPD) Daerah Istimewa Yogyakarta kembali memfasilitasi kegiatan outing bagi 105 tanggungan kesejahteraan sosial (PPKS) dengan berbagai jenis disabilitas beserta pendamping dan pekerja sosialnya, yang sudah hampir tiga tahun tidak terselenggara. karena dampak Covid 19.

Dalam keterangan resminya, Kepala Dinas Sosial DIY Endang Patmintarsih, SH, M.Si mengatakan outbound ini merupakan kegiatan belajar di luar kelas, bertujuan untuk menjadi wadah memotivasi PPKS difabel untuk lebih mandiri dan menumbuhkan semangatnya, terus berjuang menggali potensi masa depan.

Kegiatan rekreasi dituntut agar PPKS lebih percaya diri dan tidak minder, berani berbicara, membangun kerjasama dan saling menghargai antar teman dalam kelompok melalui permainan untuk melatih pikiran dan aktivitas fisik yang bernilai positif.

Baca Juga: Tingkatkan Kemandirian Penyandang Disabilitas, Dinas Sosial BRTPD DIY Berikan Beberapa Pelatihan

Endang juga mengucapkan terima kasih kepada BRTPD yang telah menyelenggarakan tamasya ini bekerja sama dengan Balai Pengelolaan Hutan dan Kesatuan Lingkungan Hidup dan Kehutanan DIY dan Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman.

Harapannya kerjasama ini dapat memberikan akses PPKS BRTPD dan membuka kesempatan kerja untuk membantu menggairahkan sektor pariwisata.

Peni Sumarwati, S.Psi, Kepala BRTPD DIY, dalam laporan pelaksanaan kegiatan mengatakan situasi Covid-19 menyebabkan anak-anak menjadi bosan karena kegiatan rekreasi, terutama tamasya, dan ini mempengaruhi kondisi mental anak-anak. beberapa PPKS yang mengalami gangguan.

Anak mudah emosi dan pertengkaran seringkali dipicu oleh hal-hal yang sebenarnya sangat sederhana.

Kegiatan ekskursi ini kami kemas dalam bentuk one way flight yang berlangsung pada Rabu 10 Agustus 2022 di Wisma Airlangga kawasan wisata Kaliurang.

Baca Juga: Bupati Bantul Dukung BRTPD Sebagai Tempat Promosikan Anak Terlibat Tindak Pidana Jalanan

Peserta outobond terdiri dari berbagai disabilitas, tunarungu, tunanetra dan tunagrahita.Instruktur Tagana mengatakan bahwa mereka mampu mengatasi semua tantangan dalam permainan yang diberikan.

Para peserta yang terdiri dari PPKS dan pendampingnya dibagi menjadi 4 kelompok besar yang masing-masing dipimpin oleh seorang fasilitator dari Tagana, Kabupaten Bantul.

Game yang disediakan antara lain Garuda Puzzle, Transfer Stick dan Transfer Ball.

Terpisah, Pj Direktur Dinas Pariwisata Sleman, Ir. Suparmono, MM mengucapkan terima kasih kepada BRTPD yang telah menilai dan memilih Kaliurang sebagai tempat yang baik untuk kegiatan ekskursi PPKS.

Pada kegiatan PPKS ke depan, kami dan pemangku kepentingan Kaliurang lainnya siap mendukung mereka dan berusaha menjadi tuan rumah yang lebih baik. (tribunjogja.com)

Source: jogja.tribunnews.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button