2 Tahun Vakum, Grebeg Sudiro kembali digelar di Kota Solo - WisataHits
Jawa Tengah

2 Tahun Vakum, Grebeg Sudiro kembali digelar di Kota Solo

2 Tahun Vakum, Grebeg Sudiro kembali digelar di Kota Solo

SOLO, KOMPAS. com – Dua tahun vakum selama pandemi Covid-19, Grebeg Sudiro Kota Solo, Jawa Tengah kembali digelar.

Festival budaya yang menjadi simbol akulturasi budaya Tionghoa dan Jawa ini rencananya akan digelar mulai 10 hingga 30 Januari 2023 mendatang.

Ketua Panitia Grebeg Sudiro 2023 Arga Dwi Setyawan mengatakan, festival ini sudah berlangsung selama 14 tahun.

Baca juga: Grebeg Sudiro, Tradisi Meriah Perayaan Tahun Baru Imlek di Kota Solo

Grebeg Sudiro menawarkan berbagai kegiatan yaitu wisata perahu hias, spanduk mantram, pesta seni, bazaar UMKM, karnaval budaya, pertunjukan kerukunan Sudiro dan pesta kembang api.

Puncak festival adalah Karnaval Budaya, yang akan berlangsung pada 15 Januari 2023.

“Sebanyak 1.550 peserta akan terlibat dalam pementasan berbagai kesenian tersebut,” kata Arga Dwi Setyawan, Senin (1/9/2023).

Karnaval semakin semarak dengan hadirnya PKL Pasar Gede, PKL dan 290 orang peserta bazaar.

Dalam event ini juga akan dilakukan rekayasa lalu lintas berupa penutupan Jalan Jenderal Sudirman dan Jalan Urip Sumoharjo mulai pukul 19.00-23.00 WIB.

“Sedang dilakukan rekayasa lalu lintas dari Jembatan Pasar Gede hingga Persimpangan Warung Pelem,” kata Mudo Prayitno, Kepala Bidang Manajemen Rekayasa Lalu Lintas Dinas Perhubungan (Dishub) Solo, Senin (1/9/2023).

Selain itu, terdapat tujuh lahan parkir, yakni Gedung Parkir Ketadan, Jalan RE Martadinata, Jalan Urip Sumohardjo, Jalan Suryo Pranoto, Jalan Arifin, Benteng Vastenburg, dan Jalan Ronggowarsito.

“Untuk kirab budaya dimulai tanggal 15 Januari pukul 13.00 WIB sampai selesai. Dari rute tersebut, Pasar Gede melalui Jalan Sudirman menuju Jalan Mayor Kustanto, kemudian dari Jalan Calon Mulyadi menuju Jalan RE Martadinata menuju Jalan Juanda dan berakhir di Jalan Sudiroprajan menuju Pasar Besar,” ujarnya.

dapatkan pembaruan pesan yang dipilih dan berita terkini setiap hari dari Kompas.com. Yuk gabung di grup Telegram “Kompas.com News Update” caranya klik link lalu gabung. Anda harus menginstal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel Anda.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button