BBPJN Jatim Bali meresmikan Pelebaran Koridor Tengah Pantai Malang Selatan – El Jabar Juli tahun ini - WisataHits
Jawa Timur

BBPJN Jatim Bali meresmikan Pelebaran Koridor Tengah Pantai Malang Selatan – El Jabar Juli tahun ini

BBPJN Jatim Bali meresmikan Pelebaran Koridor Tengah Pantai Malang Selatan – El Jabar Juli tahun ini

SURABAYA, eljabar.com – Jalan Raya Srigonco di Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang sudah lama dirindukan masyarakat dan wisatawan. Pekerjaan pemeliharaan belum dilakukan, truk pengangkut material untuk JLS Malang melintas, sehingga kerusakan jalan semakin parah.

Pengelolaan jalur koridor tengah menuju pariwisata di Pantai Malang Selatan akan segera dilakukan oleh pemerintah pusat. Jalan Raya Srigonco merupakan bagian dari jalan Gondanglegi – Balekambang yang telah menjadi jalan nasional. Pembangunan fisik jalan di ruas ini rencananya akan dimulai pada Agustus tahun ini.

Hal itu terungkap setelah Plt. Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga (DPUBM) Kabupaten Malang, Suwignyo, pekan lalu menggelar pertemuan dengan Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Jawa Timur-Bali.

“Perawatan fisik diharapkan dilakukan mulai Juli hingga Agustus tahun ini,” kata Suwignyo.

Selain itu, menurut Suwignyo, ada dua aktivitas permukiman koridor tengah Pantai Malang Selatan awal tahun ini. Yang pertama pembebasan lahan di sekitar Jalan Raya Srigonco. Kegiatan kedua adalah pelaksanaan tender pengadaan supervisory advice.

“Pembebasan lahan dilakukan untuk memenuhi standar jalan nasional, lebar minimal antara 15 hingga 18 meter. Lebar jalan eksisting saat ini hanya 12 meter,” ujarnya.

Suwignyo juga mengatakan, pembangunan jalan tersebut akan dilakukan dalam dua sesi. Seksi pertama mulai dari jalur JLS sampai Bantur sepanjang sekitar 15 kilometer akan dibangun akhir tahun ini.

“Untuk ruas selanjutnya ke Kecamatan Gondanglegi akan dilakukan tahun depan,” jelas Suwignyo.

Sedangkan kegiatan pembebasan lahan akan dibagi menjadi tiga segmen, kata Suwignyo. Untuk ruas pertama, pembebasan lahan dimulai dari JLS hingga Desa Srigonco, Kecamatan Bantur.

Selanjutnya seksi kedua dari Bledokan, Kabupaten Bantur menuju Wonokerto. Bagian ketiga dimulai di Wonokerto dan berakhir di kawasan Gondanglegi.

“Pembebasan lahan untuk segmen satu sudah selesai dan pembebasan lahan untuk segmen dua diharapkan selesai tahun ini,” katanya.

Pembebasan lahan untuk segmen satu akan sepenuhnya dikelola oleh pemerintah pusat. Anggaran Rp 55 miliar dari APBN terserap untuk ganti rugi lahan warga yang terkena pelebaran ruas jalan JLS – Bantur.

Selain itu, pembebasan lahan untuk segmen dua dan tiga membutuhkan anggaran sebesar Rs 90 crore. Nantinya, Pemkab Malang akan menanggung biaya pembebasan lahan untuk segmen dua dan segmen tiga bersama pemerintah pusat.

Sebelumnya, sosialisasi penyusunan dokumen Rencana Aksi Pengadaan Tanah dan Pemukiman Kembali (LARAP) pelebaran jalan Gondanglegi – Balekambang BBPJN Jawa Timur – Bali telah dilakukan pada 28 Juli 2022 di Balai Desa Srigonco.

Dalam kegiatan ini juga dicatat total kebutuhan luas lahan yang dibutuhkan untuk pembangunan infrastruktur transportasi. Selain rencana aksi untuk mengatasi dampak sosial ekonomi warga sekitar yang terkena dampak perluasan jalan.

“Kegiatan ini bertujuan untuk membantu warga Desa Srigonco yang terkena dampak pelebaran jalan Gondanglegi – Balekambang memahami dampak positif pelebaran jalan dan dampak sosial ekonomi pembangunan,” ujar Nia Aulia dari BBPJN Jatim – Bali.

Setelah LARAP selesai, tahap selanjutnya adalah penyerahan. Penandatanganan dokumen oleh pemilik tanah diselesaikan pada 11 Oktober 2022 oleh Kantor Pertanahan Kabupaten Malang di Balai Desa Srigonco, Kecamatan Bantur.

Secara terpisah, eljabar.com menghubungi ponsel Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Pansela Kabupaten Malang 3 Leo Aditya Mahardika terkait jadwal pembangunan fisik ruas jalan JLS – Bantur.

Namun, konfirmasi tertulis dari eljabar.com melalui aplikasi pesan lintas platform tidak ditanggapi oleh PPK Pansela 3 Kabupaten Malang.

Hingga berita ini diturunkan, belum ada kepastian penyelesaian pembangunan pelebaran ruas jalan JLS – Bantur yang direncanakan Agustus tahun ini. (*wn)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button