Bendungan Semantok, destinasi wisata baru di Kabupaten Nganjuk yang multifungsi - WisataHits
Jawa Timur

Bendungan Semantok, destinasi wisata baru di Kabupaten Nganjuk yang multifungsi

Bendungan Semantok, destinasi wisata baru di Kabupaten Nganjuk yang multifungsi

Kabupaten Nganjuk kini memiliki destinasi wisata baru yang tidak kalah menarik dengan kabupaten lainnya yaitu wisata berupa bendungan bernama Bendungan Semantok. Bendungan ini dibangun sejak tahun 2017 dan baru diresmikan pada 20 Desember 2022 oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo.

Bendungan ini dibangun tidak hanya untuk keperluan mengairi persawahan, tetapi juga untuk pariwisata, terlihat tidak hanya ada bendungan tetapi juga taman di sekitarnya. rute jogingtempat pertemuan, sarana olah raga dan tempat ibadah.

Bendungan Semantok terletak di Desa Sambikerep, Kecamatan Rejoso, Kabupaten Nganjuk, Provinsi Jawa Timur. Sedangkan lokasinya tidak dekat dengan pusat kota, berada di bagian paling utara Nganjuk.

Baca Juga: Mengetahui waktu istirahat dan izin meninggalkan pekerjaan berdasarkan UU Ketenagakerjaan dan Cipta Kerja

Kawasan ini dulunya adalah hutan jati. Jadi, saat kita berkunjung ke Bendungan Semantok, kita bisa menikmati pemandangan hutan jati dan pegunungan yang indah.

Sebelumnya, pariwisata di Nganjuk terkonsentrasi di bagian selatan yaitu kecamatan Sawahan dan pusat kota. Dengan adanya bendungan ini serta fasilitas pendukung yang baik dan sejuk, bendungan ini bisa menjadi tujuan wisata baru di Nganjuk khususnya di wilayah utara.

Baca Juga: Serunya Wisata Edukasi di Museum Coklat Monggo Jogja di Kuliner

Peresmian Bendungan Semantok

Momen Presiden Joko Widodo meresmikan Bendungan Semantok di Kabupaten Nganjuk (Instagram/@jokowi)Momen Presiden Joko Widodo meresmikan Bendungan Semantok di Kabupaten Nganjuk (Instagram/@jokowi)

Dari sini, wisatawan tidak hanya disuguhi pemandangan waduk yang luas dan damai, tetapi juga hutan jati pandangan yang mengarah langsung ke Gunung Pandan di sebelah barat dan Gunung Wilis di sebelah selatan. Anda juga bisa berolahraga di sini dan berwisata kuliner.

Meski diresmikan oleh Presiden, bendungan ini belum sepenuhnya dibuka karena masih dalam pemeliharaan.

Beberapa waktu lalu halaman depan dibuka untuk umum dan warga Nganjuk dan sekitarnya sangat heboh dengan adanya bendungan baru ini.

Baca Juga : 4 Daftar Rekomendasi Wisata Sejarah di Magelang

Sayangnya, baru beberapa hari dibuka, akses menuju bendungan kembali diblokir. Meski demikian, hal tersebut tidak mengurangi antusiasme warga setempat, pada pagi dan sore hari masih banyak orang yang lewat untuk melihat tembok bendungan ini, meski hanya dari luar. Bahkan di momen tahun baru lalu sempat terjadi kemacetan dalam perjalanan menuju bendungan.

Melalui akun Instagram resminya Pak Joko Widodo (@jokowi), mengatakan Bendungan Semantok merupakan yang ke-30 dari 60 Bendungan di Indonesia yang akan diresmikannya.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button