9 tips aman naik bus malam - WisataHits
Jawa Barat

9 tips aman naik bus malam

SuaraBogor.id – Jika Anda ingin berwisata namun memiliki budget terbatas, naik bus malam Pahala Kencana bisa menjadi pilihan yang bisa Anda tempuh. Naik bus di malam hari dapat menghemat uang dan waktu Anda, terutama jika Anda memiliki rute yang panjang. Kemudian Anda dapat menggunakan waktu untuk tidur.

Namun, perjalanan bus malam juga bisa membosankan. Tempat tidur kecil, jalan bergelombang, klakson keras, dan dikelilingi oleh orang-orang yang tidak Anda sukai adalah alasan mengapa perjalanan malam itu menakutkan.

Namun, ada beberapa tips yang dapat Anda ingat untuk menikmati perjalanan bus malam yang aman dan nyaman. Berikut tips lengkapnya.

Tips aman naik bus malam
1. Hindari kursi belakang
Duduk di belakang bus bukanlah tempat yang menyenangkan bagi seseorang. Jika Anda sering mengalami mabuk perjalanan, hindari bagian belakang bus karena di sanalah paling bergelombang. Apalagi saat bus melewati jalanan yang tidak bagus. Jadi sebaiknya hindari kursi belakang saat bepergian dengan bus malam.

Baca Juga: Tak Kalah Kompetitif, Inilah 5 Destinasi Wisata Di Pulau Samosir Sebelah Danau Toba

2. Kenakan pakaian hangat
Hal yang paling dihindari saat bepergian dengan bus malam adalah dingin karena AC. Jadi pastikan Anda mengenakan pakaian hangat atau membeli selimut yang cukup untuk menghangatkan tubuh Anda. Anda juga bisa membawa bantal kecil saat akan tidur agar lebih nyaman.

3. Jangan minum terlalu banyak
Beberapa bus memiliki toilet, seperti bus Pahala Kencana. Namun, beberapa tidak memiliki toilet, sehingga Anda harus menunggu sampai bus berhenti di rest area untuk pergi ke toilet.

Oleh karena itu, ketika Anda bepergian, Anda dapat mengetahui terlebih dahulu apakah bus yang akan Anda tumpangi memiliki toilet atau tidak. Jika tidak, cobalah untuk tidak minum terlalu banyak sebelum perjalanan Anda.

4. Bawa makanan ringan
Bus biasanya berhenti di tempat peristirahatan, tetapi tidak ada jaminan mereka akan berhenti di tempat yang Anda sukai atau yang memiliki banyak pilihan makanan. Jadi jangan lupa siapkan minuman dan snack sebelum berangkat. Hal ini juga dilakukan untuk mengantisipasi jika bus tidak berhenti sama sekali.

5. Ketahui waktu bangun Anda
Jika Anda naik bus di malam hari, Anda harus memperhatikan saat tiba di tempat tujuan. Jangan tiba tengah malam atau dini hari jika tidak ada angkutan umum yang mengantar Anda ke penginapan. Pastikan untuk memeriksa waktu untuk membeli tiket bus online dengan Traveloka agar Anda dapat merencanakan kedatangan Anda dengan percaya diri.

Baca Juga: 3 Destinasi Wisata di Singapura yang Cocok untuk Penyembuhan

6. Hati-hati saat berhenti di rest area
Jika bus malam berhenti di rest area, pastikan untuk mengamankan barang-barang berharga Anda sebelum turun dari bus untuk melakukan peregangan. Jangan lupa untuk mengingat nomor bus Anda, pada malam hari bisa saja ada yang salah lihat karena mata sedikit kabur. Jadi untuk memastikan tidak salah naik bus, kamu bisa memperhatikan beberapa hal berikut ini:

Kenali nama dan logo perusahaan bus Anda.

Ingat di mana bus Anda diparkir.

Hati-hati dengan penumpang lain.

Ketahui nomor bus Anda.

7. Gunakan penyumbat telinga
Penumpang lelah tapi sopir bus harus tetap terjaga untuk sampai di kota tujuan. Tidak heran para pengemudi bus menyetel musik dengan cukup keras sepanjang perjalanan.

Belum lagi suara rem, telepon dan percakapan penumpang lainnya. Oleh karena itu, Anda harus memakai ear plug atau penyumbat telinga untuk tidur yang nyaman dan tidak terganggu.

8. Bawalah sesuatu untuk menemani perjalanan
Jika Anda tidak bisa tidur di perjalanan, Anda perlu melakukan sesuatu agar Anda tidak bosan. Jika Anda bepergian di malam hari, Anda tidak akan bisa menikmati pemandangan karena gelapnya malam. Anda dapat membawa buku atau pemutar game atau mendengarkan musik selama perjalanan bus malam Anda. Namun, jika teman sekamar Anda juga tidak tidur, Anda dapat berbicara dengannya.

9. Gunakan GPS
Pengumuman tentang halte bus tidak selalu jelas. Namun, jika Anda merasa sudah semakin dekat dengan tujuan, tak ada salahnya meninjau kembali navigasi Anda. Dengan cara ini Anda dapat melihat seberapa dekat Anda dengan tujuan Anda dan bersiap untuk turun.

GPS juga memungkinkan Anda untuk mengetahui jarak dari terminal ke tempat Anda menginap atau tempat wisata terdekat. Jadi Anda bisa memutuskan kendaraan mana yang akan digunakan untuk sampai ke sana.

Itulah beberapa tips untuk anda yang ingin berwisata malam dengan bus Pahala Kencana. Semoga tips di atas dapat membantu membuat perjalanan Anda lebih aman dan nyaman. Tetap waspada saat keluar dan sekitar di malam hari.

Untuk memudahkan perjalanan Anda, jangan lupa untuk membeli tiket bus Pahala Kencana secara online hanya di website resmi dan aplikasi Traveloka.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button