Hampir 60 Tahun, 5 Fakta Menarik Universitas Jenderal Sudirman - WisataHits
Jawa Tengah

Hampir 60 Tahun, 5 Fakta Menarik Universitas Jenderal Sudirman

PERSIS.CO Universitas Jenderal Sudirman atau lebih dikenal dengan Unsoed merupakan salah satu perguruan tinggi negeri terkemuka di Indonesia. Seiring dengan Universitas Sebelas Maret (UNS) di Surakarta dan Universitas Diponegoro (Undip) di Semarang, Unsoed merupakan salah satu kampus terpopuler di Jawa Tengah yang menjadi tujuan lulusan SMA.

AKURAT.CO telah mengumpulkan sejumlah fakta menarik seputar kampus Unsoed yang terletak di Purwokerto.

1. Dari nama pejuang Karesidenan Banyumas

Nama Unsoed diambil dari karakter seorang pejuang kemerdekaan yang lahir di Purbalingga dan dulunya berada di kawasan pemukiman Banyumas. Kemudian, sekitar 13 tahun setelah kematian Panglima Besar, universitas ini lahir, lebih tepatnya pada tanggal 23 September 1963. Kelahiran Unsoed berlangsung sesuai dengan Keputusan Presiden Republik Indonesia No. 195 tanggal 23 September. , 1963.

Baca juga:

2. Di kaki Gunung Slamet

Salah satu tempat wisata di Purwokerto yang bisa menarik banyak wisatawan adalah Gunung Slamet. Kampus Unsoed juga terletak di kaki Gunung Slamet. Tak heran jika kampus ini memiliki cuaca yang sejuk. Terdapat juga sejumlah persawahan hingga perkebunan di sekitar kampus ini.

3. Wisata alam di sekitar kampus

Mahasiswa tidak hanya bisa melanjutkan studi tetapi juga berwisata ke sejumlah destinasi wisata. Mengingat tersedianya wisata alam di wilayah Purwokerto, tak heran banyak lulusan perguruan tinggi yang memilih kuliah di Unsoed. Pasalnya, mahasiswa bisa berwisata singkat ke sejumlah tempat wisata alam di kawasan Purwokerto untuk melepas penat belajar. Diantaranya adalah air terjun, kebun raya, danau dan perbukitan.

4. Biaya hidup cenderung murah

Purwokerto adalah ibu kota Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Meski menjadi pusat pemerintahan Kabupaten Banyumas, Purwokerto dikenal sebagai kota yang ramah kantong. Biaya hidup di sekitar kampus Unsoed termasuk dalam kategori relatif terjangkau. Beberapa kebutuhan pokok di kawasan ini juga dikenal lebih murah. Selain itu, biaya transportasi dan makanan cukup murah.

5. Koneksi Internasional

Unsoed dikenal sebagai salah satu perguruan tinggi yang memiliki koneksi kuat, tidak hanya dengan perguruan tinggi nasional tetapi juga dalam skala global. Unsoed telah sukses menjalin kerjasama dengan sejumlah universitas luar negeri, antara lain Mahasarakham University di Thailand, Georg-August-Universität Göttingen di Jerman, Trinity Christian College di Amerika Serikat, Teikyo University di Jepang, Youngsan University di Korea Selatan dan beberapa Kampus lainnya di wilayah Asia, Eropa dan Amerika.

Itulah beberapa fakta menarik tentang Unsoed, salah satu kampus terpopuler di Jawa Tengah yang berusia hampir 60 tahun. []

Source: akurat.co

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button