Kisah Horor Benteng Pendem, Lokasi Syuting Film Soekarno: Konon Banyak Hantu Bergentayangan di sana! - WisataHits
Jawa Tengah

Kisah Horor Benteng Pendem, Lokasi Syuting Film Soekarno: Konon Banyak Hantu Bergentayangan di sana!

INDOZONE.ID – Benteng Willem 1 atau Benteng Pendem menjadi lokasi syuting film “Soekarno”. Benteng ini dibangun pada zaman Belanda antara tahun 1834 hingga 1845 dan terletak di Desa Lodoyong, Kecamatan Ambarawa, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

Disebut Benteng Pendem karena letaknya di tengah rawa dengan pondasi kuburan kayu. Sementara itu, nama Benteng Willem sendiri diambil alih oleh Raja Belanda Willem Frederik Prins van Oranje-Nassau.

benteng gantung Benteng Ambarawa Pendem. (Z Kreator/Eko Haryanto)

Benteng Pendem Ambarawa digunakan sebagai barak tentara, serta gudang logistik dan senjata perang. Seiring berjalannya waktu, fungsi benteng ini berubah, sekarang dijadikan sebagai objek wisata.

Tiket masuknya seharga Rp 5.000 per orang, apalagi benteng ini masih aktif digunakan sebagai penjara kelas IIA Ambarawa yang dihuni sekitar 450 narapidana. Benteng ini juga berfungsi sebagai asrama bagi keluarga para pengawal dan perwira militer yang bertugas di Ambarawa.

benteng gantungBenteng Ambarawa Pendem. (Z Kreator/Eko Haryanto)

Sekitar 20 keluarga tinggal di asrama benteng ini. Dari cerita warga yang tinggal di asrama benteng ini, banyak pengalaman mistis yang terjadi tidak hanya pada malam hari, tetapi juga pada siang hari.

Irzin (63), pengelola wisata Benteng Pendem yang juga tinggal di asrama ini, menceritakan kisah mistis yang menimpanya.

“Kalau hanya suara orang yang menelepon sangat sering, tidak ada orang di sana ketika saya berbalik. Juga di malam hari, saya berjalan menaiki tangga ke lantai dua bersama dengan orang jangkung yang belum pernah saya lihat sebelumnya, tetapi ketika saya sampai di lantai dua, saya naik lebih dulu dan ketika saya melihat ke belakang, sosok itu tidak ada. ” ucap Irzan.

benteng gantung Benteng Ambarawa Pendem. (Z Kreator/Eko Haryanto)

Di balik sejarah mistis yang melingkupi tempat ini, Benteng Pendem memiliki arsitektur bergaya Belanda yang sangat indah. Banyak wisatawan yang datang ke sini hanya ingin berfoto dengan latar belakang bangunan tua.

Pada tahun 2013, benteng ini dipilih sebagai lokasi syuting film “Soekarno” yang dibintangi oleh Ario Bayu dan Maudy Koesnaedi dan disutradarai oleh Hanung Bramantyo.

Buat cerita lucumu sendiri dan dapatkan berbagai hadiah menarik! Mari bergabung Z Pencipta dengan mengklik di sini.

Z PenciptaZ Pencipta

Source: www.indozone.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button