Bebas macet, berikut 4 jalur alternatif menuju destinasi wisata di Yogyakarta - WisataHits
Yogyakarta

Bebas macet, berikut 4 jalur alternatif menuju destinasi wisata di Yogyakarta

2. Berkendara ke Kulon Progo via Sentolo

Bagi wisatawan yang ingin mengunjungi berbagai tempat wisata di Kulon Progo seperti; B. Waduk Sermo menuju kebun teh bisa menggunakan jalur alternatif ini. Jalur alternatif menuju Kulon Progo antara lain ruas Tegalsari Siluwuk, ruas Sentolo-Dekso-Klangon, ruas Temon-Troya-Brosot, ruas JJLS Jalan Nasional-Congot-Brosot dan Jembatan Timbang Kuaru.

Wisatawan bisa menggunakan jalur alternatif menuju Kulon Progo ini untuk menghindari antrean kendaraan di Jalan Wates. Selain itu, jalur alternatif ini juga bisa digunakan jika ingin menuju Yogyakarta International Airport (YIA).

3. Melalui Jalur Selatan (JJLS) menuju Kawasan Wisata Pantai Gunungkidul

Wisatawan yang ingin mengunjungi pantai Gunungkidul bisa mencoba jalur alternatif ini. Kemacetan kerap terjadi di jalur Yogyakarta-Wonosari, terutama saat liburan panjang.

Wisatawan cukup berkendara menuju kawasan pantai Parangtritis kemudian menyusuri kemegahan Pegunungan Seribu untuk sampai ke kawasan pantai Gunungkidul. JJLS belum populer karena relatif baru.

Kondisi jalan di tanggul selatan sudah dapat dilalui, kondisi aspal baru dan jalan yang cukup lebar dapat mencegah penumpukan kendaraan. Namun, wisatawan harus tetap waspada karena jalur ini melewati pegunungan yang memiliki banyak tikungan dan tanjakan.

Para wisatawan juga akan melewati berbagai objek wisata yang masih alami di daerah Bantul dan Gunungkidul mulai dari atraksi paralayang, laut berkah, pantai Parangtritis dan lainnya.

Jalan lintas selatan juga menawarkan pemandangan yang membuat wisatawan melupakan kebisingan kota Ypgyakarta. Keindahan Pegunungan Seribu yang terhampar dapat dimanfaatkan wisatawan untuk beristirahat sejenak sambil menghirup udara segar.

4. Kawasan Wisata di Kabupaten Sleman, Kaliurang dan Candi Prambanan

Wisatawan yang ingin mengunjungi Kaliurang dan Candi Prambanan dapat mengambil jalur alternatif Cangkringan yang lebih cepat dan nyaman. Jalur alternatif ini juga merupakan jalur alternatif Magelang-Solo.

Wisatawan yang datang dari Kaliurang bisa mengakses jalur alternatif ini melalui Jalan Kaliurang dan belok ke timur setelah pertigaan Terminal Pakem. Jika wisatawan datang dari Candi Prambanan, jalur ini dimulai setelah berbelok ke utara pertigaan Bogem.

Jalur alternatif Kaliurang-Prambanan melalui Jalan Cangkringan-Ngemplak-Kalasan dalam kondisi baik. Meski berkelok-kelok, jalan dua jalur ini cukup lebar dengan kondisi aspal yang mulus sehingga memudahkan kendaraan roda empat maupun roda dua untuk melintasinya.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button