Stadion Brantas di Kota Batu akan segera direnovasi total - WisataHits
Jawa Timur

Stadion Brantas di Kota Batu akan segera direnovasi total

Suasana babak final Lomba Ide Desain Stadion Gelora Brantas yang digelar Pemkot Batu, Sabtu (10/12) di Hotel Cakrawala kota

Steinstadt, Bhirawa

Sebuah stadion sepak bola yang representatif akan tersedia bagi warga Kota Batu untuk menyediakan fasilitas olahraga yang ramah bagi warga. Ini menyusul renovasi Stadion Brantas di Kota Batu setelah stadion tersebut dijadikan arena pawai para pedagang saat revitalisasi Pasar Besar. Dan pada Sabtu (10/12), Pemkot Batu menggelar babak final Lomba Ide Desain Stadion Gelora Brantas di Hotel Cakrawala kota tersebut.
Diketahui, Pemkot Batu telah bekerjasama dengan Perhimpunan Arsitek Indonesia Jawa Timur dan Daerah Malang untuk menggelar kompetisi ini. Dan pada babak final kemarin (12/10), terdapat lima finalis yang lolos pada babak penjurian tahap pertama. Mereka kemudian mempresentasikan desain mereka kepada juri.
Ketua Dewan Juri, Ir I Gusti Ngurah Antaryama PhD mengatakan, evaluasi ide desain Stadion Gelora Brantas difokuskan pada empat komponen utama. Yaitu fungsi, fasad, kesenangan & kelayakan.
“Kedepannya, Stadion Brantas bertujuan menjadi stadion yang tidak hanya fungsional tetapi juga memiliki fasad yang menarik, dapat menjadi destinasi wisata olahraga yang ramah bagi semua kalangan, serta memenuhi kinerjanya sebagai tempat olahraga yang layak,” ujar Antaryama, Sabtu (10/12 – ).
Setelah melewati sesi penjurian, di desain stadion bernama Sasana Padu – Stadion Gelora Brantas, Kota Batu, diumumkan pemenang pertama. Dan desainer asal Sasana Padu berhak atas hadiah senilai Rs 50 juta.
“Dengan hasil tersebut, Detail Engineering Design (DED) pembangunan Stadion Gelora Brantas Kota Batu akan dibahas pada tahap selanjutnya yaitu pada tahun 2023,” kata Antaryama.
Acara final lomba ide Stadion Gelora Brantas dan presentasi peserta diapresiasi oleh Walikota Batu, Hj Dewanti Rumpoko. Walikota yang secara pribadi hadir pada pembukaan tersebut juga bersedia bertindak sebagai juri kehormatan untuk ajudikasi tersebut.
Dewanti berharap stadion yang akan dibangun dapat mempercantik wajah Kota Wisata Batu. Dan dengan dirubahnya Stadion Brantas, Kota Batu akan semakin terkenal.
“Kita tidak akan bisa melakukan sesuatu dengan sempurna, tapi mudah-mudahan stadion yang akan dibangun mendekati sempurna,” harap walikota. [nas]

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button