Lokasi, harga tiket, tips berkunjung - WisataHits
Yogyakarta

Lokasi, harga tiket, tips berkunjung

Taman Wisata Alam Tankaman merupakan salah satu tempat wisata terbaru di Jogja yang menampilkan kemegahan pemandangan Gunung Merapi. Tidak hanya itu, ruang yang luas membuat tempat ini begitu sejuk dan menenangkan sehingga cocok untuk menjauh dari semuanya untuk sementara waktu.

Ada banyak hal yang dapat dilakukan di Taman Wisata Alam Tankaman di kawasan Kaliurang mulai dari berkemah hingga bersepeda. Sebelum langsung ke lokasi, simak dulu informasi lokasi, harga tiket, dan tips berkunjung!

1. Lokasi Taman Alam Tankaman

Taman Alam Tankaman: Lokasi, Harga Tiket, dan Tip BerkunjungTaman Alam Tankaman (instagram.com/heytiyok_)

Taman Alam Tankaman terletak 26 kilometer dari pusat kota dan dapat ditempuh dengan kendaraan bermotor, baik roda dua maupun roda empat. Perjalanannya tidak lama, hanya sekitar 46 menit sampai 1 jam tergantung kepadatan jalan.

Meskipun termasuk harta karun karena berada di kawasan Hutan Rakyat Kaliurang, namun tempatnya mudah ditemukan. Jaraknya hanya sekitar 800 meter dari icon Kaliurang yaitu Tugu Udang.

alamat: Kaliurang, Hargobinangun, Kapanewon Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

2. Rute Taman Alam Tankaman

Jika Anda berkunjung ke Jogja, pastikan untuk mengunjungi taman yang satu ini. Selain itu, rute menuju Taman Wisata Alam Tankaman juga mudah diingat dan jalanan sudah diaspal sehingga nyaman untuk dilalui.

Saat Anda berada di dekat Malioboro, lanjutkan perjalanan Anda ke Jalan Mayor Suryotomo. Lalu belok kanan ke Jalan Mataram dan saat melewati bundaran, ambil exit 1 tetap di Jalan Mataram.

Kemudian, setelah melewati Gardu PLN Lama, belok kanan sedikit ke Jalan Abu Bakar Ali dan ikuti jalan yang sama. Di pertigaan kawasan Kridosono, belok kiri ke Jalan Yos Sudarso, belok sedikit ke kanan ke Jalan Faridan Muridan Noto, lalu belok kiri ke Jalan Suroto.

Lanjut ke bundaran UGM, ambil exit pertama menuju Jalan Terban dan ikuti jalan belok kanan menuju Jalan Unity setelah KFC UGM. Lurus sejauh 2,5 km dan ikuti Jalan Kaliurang hingga melewati RS Panti Nugroho. Belok kanan tetap di Jalan Kaliurang.

Setelah lurus 7,6km, belok kanan ke Gang Gareng dan belok kanan 160m, belok kiri 40m, belok kiri lagi 70m, lurus 80m, lalu belok kanan 400m dan sampailah di Tankaman Kaliurang.

Baca Juga: 6 Tempat Wisata di Jogja dengan Pemandangan Gunung Merapi Terbaik

3. Biaya masuk dan jam buka Taman Alam Tankaman

Taman Alam Tankaman: Lokasi, Harga Tiket, dan Tip BerkunjungTankaman Kaliurang (instagram.com/tankaman.kaliurang)

Masuk ke Taman Alam Tankaman tidak mahal. Anda hanya perlu membayar biaya pengembalian dengan tulus di pintu masuk. Meski konsep yang diusung Bayar sesuai keinginan Anda Tentunya sebagai pengunjung sebaiknya memberikan dana yang layak untuk mendukung tempat wisata ini agar bisa terus lestari ya.

Berbeda jika ingin mencoba wahana di sini seperti camping atau trekking. Biaya camping di Tankaman Kaliurang mulai dari Rp 25.000 per orang, trekking mulai Rp 160.000 per orang, sewa gazebo mulai Rp 450.000 atau jika hanya ingin bersantai sambil menikmati makanan dan minuman tradisional. pedesaan biayanya hanya Rp 15.000 per orang.

Ingatlah bahwa Taman Alam Tankaman tutup setiap hari Selasa. Selain itu, mereka tidak buka 24 jam, melainkan hanya dari pukul 08.00-16.00 WIB.

4. Fasilitas di Taman Alam Tankaman

Taman Alam Tankaman: Lokasi, Harga Tiket, dan Tip BerkunjungTaman Alam Tankaman (instagram.com/agnes.nv_)

Taman Alam Tankaman bisa menjadi tempat terbaik untuk melarikan diri dari kesibukan kota dan pekerjaan berat yang membuat Anda pusing setiap hari. Anda hanya ingin bersantai atau mencoba bersepeda Kenaikandijamin bikin lebih kalem dan segar.

Di pagi hari Anda bisa melihat Gunung Merapi yang diapit oleh dua bukit yaitu Bukit Kendil dan Bukit Plawangan. Di sisi lain, Anda juga bisa menikmati Plunyon Bridge dari sini. Pada malam hari Anda juga akan disuguhkan pesona lava pijar dari Merapi.

Tenang, meski tergolong baru dan menyatu dengan alam, fasilitas di Tankaman Kaliurang tergolong lengkap. Mulai dari tempat parkir yang luas, toilet bersih dan makanan sederhana seperti pisang goreng, mendoan hingga kacang rebus yang enak.

5. Tips mengunjungi Tankaman Kaliurang

Taman Alam Tankaman: Lokasi, Harga Tiket, dan Tip Berkunjungtankaman kaliurang (instagram.com/bekti.andari)

Ayo luangkan waktu untuk merasakan pengalaman berwisata di taman alam Tankaman ini. Jika Anda tidak ingin datang ketika sudah penuh, cobalah untuk memilih waktu hari dalam seminggu atau di luar hari libur nasional. Datang pagi juga lebih menyenangkan karena udaranya lebih segar dan bersih.

Jangan lupa membawa jas hujan atau payung jika berkunjung di musim hujan. Daripada mengenakan pakaian yang bagus, kenakan sesuatu yang nyaman dan longgar sehingga Anda dapat bergerak dengan mudah dan sepatu anti selip agar Anda tetap aman saat berjalan.

Bahkan jika Anda berencana untuk berkemah, bawalah semua perlengkapan Anda karena tidak ada persewaan di sini. Berhati-hatilah untuk tidak meninggalkan sampah dan menghindari terlalu banyak kebisingan karena hal ini pasti akan mengganggu pengunjung lainnya.

Baca Juga: Bunker Kaliadem Merapi: Informasi Lokasi, Harga Tiket, dan Tips

Komunitas IDN Times adalah media yang menawarkan platform untuk menulis. Semua karya tulis sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button