KKN di Kampung Penari, film Indonesia laris syuting di Jogja - WisataHits
Yogyakarta

KKN di Kampung Penari, film Indonesia laris syuting di Jogja

jogja

KKN di Desa Penari untuk sementara menjadi film Indonesia terlaris sepanjang masa. Film yang disutradarai oleh Awi Suryadi ini dirilis dalam satu versi pada 30 April lalu tidak dipotong.

KKN di Kampung Penari sukses meraup 9,2 juta penonton dalam 75 hari tayang di layar lebar. KKN Desa Penari memilih Jogja sebagai lokasi, meskipun film ini konon berlatar di Jawa Timur.

Lokasi syuting film ini berada di Kabupaten Gunungkidul, Sleman dan Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Berikut beberapa lokasi syutingnya:

1. Rumah di Ngluweng

Rumah ini berada di kawasan perkebunan di Dusun Ngluweng, Playen, Gunungkidul. Proses syuting film KKN di Kampung Penari di rumah ini memakan waktu sekitar satu bulan. Rumah ini hanya bisa dicapai melalui jalan setapak.

“Syutingnya sekitar dua tahun lalu, sebelum COVID-19, November 2019. Syutingnya di sini sekitar sebulan,” ujar warga Ngluweng, Danuri, Rabu (18/5/2022).

Sebelum menjadi lokasi film, rumah tersebut pernah ditempati oleh Ngadiyo dan istrinya.

“(Ngadiyo) pindah sekitar 1,5 tahun yang lalu. Ya kemungkinan (rumahnya jadi seram). Setelah (untuk) syuting, pemilik rumah (Ngadiyo) sakit dan kemudian tinggal bersama anaknya di desa Banaran. , Playen ,” katanya.

2. Batu Kapal Bantul

Selain rumah yang menjadi lokasi syuting, film KKN di Kampung Penari juga disyuting di objek wisata. Batu Kapal Bantul, objek wisata di Klenggotan RT 1, Srimulyo, Piyungan, Bantul, juga menjadi lokasi shooting selama sehari.

“Kalau tidak salah tanggal 15 Januari 2020. Banyak warga yang melihatnya,” kata Koordinator Taman Wisata Batu Kapal Samsi Dwi Asaparudin, Selasa (17/5).

“Syuting dilakukan dari pagi hingga tengah malam. Tidak ada warga yang terlibat, semuanya berasal dari sana,” kata Samsi.

Batu Kapal, Piyungan, Bantul, lokasi syuting film KKN di Desa Penari, Selasa (17/5/2022).Batu Kapal, Piyungan, Bantul, lokasi syuting film KKN di Desa Penari, Selasa (17/5/2022). Foto: Pradito Rida Pertana/detikJateng

3. Jembatan Plunyon-Sleman

Jembatan Plunyon Kali Kuning, Cangkringan, Sleman juga menjadi lokasi syuting film KKN di desa Penari. Plunyon Bridge digunakan selama tiga hari syuting pada Desember 2019.

“Syuting selama tiga hari, yang satu hari dibatalkan karena gunung tidak terlihat dan diulang keesokan harinya,” kata Sargiman, pengelola Taman Kalikuning, Rabu (18/5).

“Penembakan terjadi di jembatan timur. Ada syuting juga di bawah jembatan,” tambah Sargiman.

Syuting di Jembatan Plunyon adalah untuk adegan saat para mahasiswa baru tiba di lokasi KKN (Kelas Kerja Nyata).

Selengkapnya di halaman berikutnya.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button