Pantai Base G Jayapura, pantai yang indah mempesona dengan suguhan alam yang memukau - WisataHits
wisatahits

Pantai Base G Jayapura, pantai yang indah mempesona dengan suguhan alam yang memukau

Harga tiket: Rp 5.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Tanjung Ria, Kec. Jayapura Utara, Kota Jayapura, Papua; Kasus: Cek lokasi

Obyek-obyek wisata milik Papua tidak pernah absen untuk merebut komentar baik pengunjungnya. Oleh karena itu, pengunjung datang tidak hanya dari daerah tetapi bahkan dari luar negeri. Salah satu bukti bahwa Papua memiliki daya tarik wisata yang menakjubkan adalah Pantai Base G Jayapura dengan view yang berperan seperti obat untuk menghilangkan penat.

Pantai ini memiliki butiran kecil pasir putih halus. Pasir ini memanjang dari satu ujung pantai ke ujung lainnya. Pemandangan laut biru yang sangat ramah dapat memukau siapa saja yang melihatnya. Tidak puas hanya dengan itu, gundukan bukit yang menjulang dengan warna hijau sejuknya juga menghiasi tepi pantai ini. Ini menakjubkan!

Bukan hanya pesonanya saja yang membuat pantai ini dilirik wisatawan mancanegara. Pantai Base G memiliki nilai sejarah yang menarik untuk diulas. Nama asli pantai ini adalah Pantai Tanjung Ria. Ini berfungsi sebagai pelabuhan rumah bagi pasukan Sekutu selama Perang Dunia II. Huruf G di akhir nama pantai ini diambil dari abjad ke-7 yang artinya pelabuhan rumah ke-7 Sekutu.

Atraksi Base G. Plage

Objek wisata yang dimiliki oleh Base G. BeachKredit gambar: Facebook NusaTrip

Pemandangan pantai yang mempesona didukung oleh nilai sejarahnya yang masih sangat jelas hingga saat ini, tidak heran jika pantai ini menjadi tujuan favorit para wisatawan. Bagaikan berada di surga, para wisatawan bisa melepas penat saat melihat pemandangan yang disuguhkan kepada mereka. Berwisata ke sini, wisatawan tidak akan menyesal karena berbagai atraksi yang menarik.

1. Camilan Pantai Yang Indah

Hal pertama dan terpenting yang diincar di antara jutaan objek wisata pantai ini adalah panoramanya. Lain halnya jika mengunjungi desa dimana wisatawan akan disambut dengan tarian khas daerah tersebut. Wisatawan yang berkunjung ke Pantai Base G akan disambut dengan dekorasi alamnya yang unik. Pasir putih yang lembut dan air laut yang biru serta perbukitan yang indah.

2. Kelimpahan ikan

Bukan hanya panoramanya saja yang layak dipuja. Banyaknya ikan di sini juga menambah indahnya pemandangan pantai. Berbagai jenis ikan dengan berbagai ukuran hidup dengan tenang di perairan sekitar pantai ini. Tidak hanya melimpah, biota laut di sana juga masih sangat terjaga dan bersih, jauh dari tangan perusak alam.

3. Gulungan Gelombang Tenang

Berbeda dengan pantai lain yang memiliki ombak besar, Pantai Base G memiliki struktur ombak yang relatif kecil. Deburan ombak yang tenang sangat kontras dengan pemandangan indah dari pantai. Busa putih yang terbawa ombak menggulung lembut membelai pasir putih pantai.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Base G. RangeKredit Gambar: Saluran Google Maps BabyD

Sudahkah Anda menambahkan Pantai Base G ke daftar tujuan Anda? Jika iya, langkah selanjutnya adalah mencari alamat lengkap dan rute menuju destinasi miniatur surga. Pantai ini terletak di kota Jayapura, tepatnya di utara kabupaten Jayapura, di desa Tanjung Ria, Papua. Lokasinya sekitar 10 km dari utara kabupaten Jayapura.

Akses jalan yang akan ditempuh pengunjung sangat mudah. Waktu tempuh dari Kota Jayapura Utara kurang lebih 17 menit. Sedangkan bagi wisatawan yang datang dari luar daerah dapat menghabiskan waktu yang cukup lama mengingat jarak yang ditempuh juga cukup jauh. Perjalanan selama 80 menit jika wisatawan memulai perjalanan dari Bandara Sentani.

Wisatawan dapat memulai perjalanan dari Jalan Kinsa yang terletak di kota Jayapura Utara, kemudian belok kiri ke Jalan M. Yamin. Dari Jalan M. Yamin, wisatawan masih bisa berbelok ke kiri menuju Jalan Sujarwo Condoronegoro. Setelah itu, arahkan kendaraan ke kiri menuju Jalan Tanjung Ria IV. Dari sana, wisatawan bisa mengikuti jalan untuk sampai ke Pantai G Base.

Sedangkan wisatawan yang datang dari luar daerah dan turun di Bandara Sentani dapat memulai perjalanan dari Bandara Jalan Sentari kemudian berbelok ke kiri menuju Jalan Raya Abepura. Saat melewati bundaran, ambil jalan menuju Jalan Ardipura Raya. Lanjutkan perjalanan menuju Jalan Dr. Sam Ratulangi hingga menuju Jalan Tanjung Ria IV, belok kanan hingga bertemu lokasi.

Harga tiket masuk wisata pantai

Harga Tiket Base G. BeachKredit gambar: Google Maps Mc_Ephend Srava Cabva

Berkunjung ke Pantai Base G tidak harus mahal karena pantai ini memiliki tiket masuk yang sangat terjangkau. Bahkan Anda yang notabene anak kos bisa masuk ke pantai ini dengan leluasa karena harga tiketnya yang terjangkau. Cocok juga untuk anda yang hemat tapi ingin liburan pantai.

Hanya dengan Rp 5.000 hingga Rp 10.000, wisatawan sudah bisa melihat indahnya panorama yang disuguhkan pantai cantik ini dengan indahnya. Wisatawan yang membawa kendaraan pribadi juga akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp20.000 untuk kendaraan roda dua dan Rp50.000 untuk kendaraan roda empat. Karena domain ini masih dikelola oleh komunitas.

Aktivitas Seru Yang Bisa Dilakukan Di G Base Pantai Beach

Aktivitas Seru di G Base Pantai BeachKredit Gambar: Instagram gwl

1. Saksikan matahari terbit yang luar biasa

Jangan heran kalau pagi-pagi sekali banyak wisatawan yang datang ke Base G. Karena mereka semua menunggu sunrise yang akan disuguhkan dengan cara yang menakjubkan. Langit mendung yang berubah menjadi warna jingga keunguan begitu indah dengan pesona deburan ombak laut yang tenang, kicauan burung di lereng bukit juga akan mempercantik suasana.

2. Tangkap banyak ikan

Memancing adalah kegiatan yang menarik bagi sebagian orang, mungkin termasuk Anda. Berkunjung ke sini adalah pilihan yang sangat cocok jika Anda seorang nelayan sejati. Wisatawan bisa memancing dengan berlimpah di sini. Dari berbagai jenis dan ukuran. Wisatawan juga akan ditemani oleh penduduk setempat yang juga menikmati kegiatan memancing.

3. Berenang santai di pantai

Ombak di Pantai Base G tidak terlalu besar. Memang pemecah gelombang yang terletak 1 km dari bibir pantai ini dibangun oleh pengelola. Ombak di Pantai Base G tidak terlalu besar. Wisatawan bisa berenang di pantai. Karena disini cukup luas dengan kedalaman yang dangkal.

Penginapan murah dekat pantai

Akomodasi di dekat Pantai Base GKredit gambar: Google Maps Arno Febrianto

1. Hotel BEISSJI INN

Hotel BESISSJI INN terletak dekat dengan pantai Base G. Lokasi yang dekat ini berdampak baik pada pemandangan yang disuguhkan. Dari lantai empat hotel ini, wisatawan dapat dengan mudah melihat pemandangan kota Jayapura Utara dengan pemandangan pantai di malam hari. Suara ombak di malam hari akan menjadi alunan musik alam yang indah.

2. Hotel Tirta Mandala

Hotel Tirta Mandala memiliki fasilitas yang cukup menarik bagi wisatawan yaitu kolam renang. Kolam renang di hotel ini cukup besar dan bisa menampung banyak pengunjung. Tidak hanya kolamnya saja yang bisa dilihat, restoran di hotel ini juga cukup unik. Restoran hotel Tirta Mandala terletak di tepi air.

3. Edotel Yotefa View Jayapura

Dengan menginap di hotel dekat pantai, Anda tidak perlu khawatir kehilangan koneksi internet. Edotel Yotefa View Jayapura menawarkan fasilitas Wi-Fi yang stabil bagi para pengunjungnya. Anda juga dapat dengan mudah menemukan kebersihan di setiap sudut hotel di sini. Tak ketinggalan desain eksterior bangunan yang didominasi warna putih.

Fasilitas yang tersedia di area pantai

Fasilitas di Base G. PlageKredit gambar: Google Maps Eko B Christian

Lokasi pantai yang dekat dengan kota Jayapura serta jalur dan akses peminjaman yang sangat mudah membuat fasilitas pantai ini tersedia dengan lengkap dan memadai. Wisatawan akan dimudahkan dengan berbagai fasilitas yang ada untuk tujuan kepuasan pengunjung. Tak heran jika Pantai Base G selalu ramai dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara.

Area parkir di sini dapat dimanfaatkan wisatawan untuk menaruh kendaraan pribadi, baik itu kendaraan roda dua maupun roda empat. Harga yang akan dikeluarkan sudah tersedia. Kamar mandi dan toilet bisa digunakan wisatawan untuk membersihkan tubuh setelah berenang atau bermain. Toilet juga bisa digunakan sebagai tempat ganti baju jika ingin berenang.

Gazebo yang tersedia dapat digunakan wisatawan untuk bersantai sambil bercengkrama bersama keluarga ditemani pesona panorama pantai. Warung-warung yang ada di sini juga akan melengkapi aktivitas Anda selama menginap. Berbagai jenis makanan dan minuman disajikan kepada pengunjung. Wisatawan bisa merasakan kesejukan pepohonan yang rimbun sambil bersantap di bawah gazebo.

Jadi bagi Anda yang sudah merasa lelah, entah karena pekerjaan atau hal lainnya, ini adalah tanda bahwa otak Anda perlu istirahat. Beristirahat di Pantai Base G Jayapura merupakan pilihan yang aman dan efektif untuk melepas penat. Harga tiket yang bersahabat tidak akan menambah kepenatan pengunjung selama berlibur di sini.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button