Creative Jogja Away CFD kembali digelar, mengajak masyarakat untuk beraktivitas dengan penuh suka cita - WisataHits
Yogyakarta

Creative Jogja Away CFD kembali digelar, mengajak masyarakat untuk beraktivitas dengan penuh suka cita

Yogyakarta (pilar.id) – Pemerintah Kota Yogyakarta (Pemkot) kembali menggelar Car Free Day (CFD) Jogja Kreatif “Obah Kanthi Bungah” di kawasan Jalan Ipda Tut Harsono melalui Dinas Pariwisata, Minggu (11/6/2022).

Kepala Biro Pariwisata Kota Yogyakarta (Dinpar) Wahyu Hendratmoko mengungkapkan tema Obah Kanthi Bungah dimaknai sebagai bergerak kegirangan dalam Tandang Jogja yang kreatif ini, yang menjadi slogan penyemangat untuk mengawali bulan menjelang akhir tahun sebagai respon terhadap transisi. hingga pemulihan pascapandemi.

“Kami bersyukur DIY masuk PPKM Tahap 1 atau dibatasi normal. Ini merupakan dorongan yang tepat untuk meningkatkan event pariwisata dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan,” kata Wahyu.

Kegiatan ini, kata Wahyu, juga sebagai bentuk apresiasi kepada masyarakat yang bersemangat untuk bersama-sama memutar roda perekonomian Kota Jogja. Selain itu, Jogja Tandang yang kreatif ini juga turut berpartisipasi warga Desa Dipowinatan Mergangsan yang membagikan 200 porsi bubur Lemu kepada pengunjung dengan menggunakan uang kreweng atau pecahan genteng.

“Diselenggarakannya acara ini di kawasan pusat kota bertujuan untuk menyatukan banyak elemen dan juga menciptakan potensi untuk mengadakan acara seperti ini lagi untuk mempromosikan kegiatan ekonomi, terutama para pendukung industri pariwisata Yogyakarta,” katanya.

Selain itu, pihaknya juga memberikan enam hasil sertifikasi berbasis risiko bagi pelaku usaha jasa pariwisata, yang terdiri dari empat hotel dan dua biro perjalanan wisata risiko menengah-rendah.

“Ini sebagai bentuk insentif Pemkot Yogyakarta dengan penerapan peraturan perizinan usaha baru berbasis risiko bekerja sama dengan Badan Sertifikasi Usaha Pariwisata Bhakti Mandiri Wisata Indonesia,” jelasnya.

Sementara Pj Walikota Yogyakarta Sumadi mendukung kegiatan Tandang Jogja Kreatif untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke kota Yogyakarta. Menurutnya, kota Yogyakarta itu asyik, romantis dan Anda rindu setiap sudutnya.

“Itulah yang selalu dirindukan orang dan ingin kembali ke Jogja. Kita perlu menyiapkan event-event wisata yang bisa meningkatkan jumlah pengunjung. Target pengunjung September lalu sebenarnya 2 juta turis, tapi ternyata tercapai 5,1 juta pengunjung. Hal ini menunjukkan bahwa kerjasama lintas sektor dengan masyarakat dapat membuahkan hasil yang baik,” kata Sumadi.

Berbagai peserta turut memeriahkan Tandang Jogja Kreatif, antara lain pertunjukan musik dan tari, lomba melukis, komunitas tanaman hias, reptil dan burung, pelatihan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait seperti Dinas Pemadam Kebakaran Kota Yogyakarta, Kota Yogyakarta Layanan Komunikasi dan Enkripsi. Selain itu, terdapat stand UMKM sebanyak 14 kemantra serta stand untuk stakeholder pariwisata Kota Yogyakarta. (riz/din)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button