Prakiraan Cuaca BMKG: Hujan, Siklon Tropis, Siaga Bencana Aceh-Lampung-Kalbar - WisataHits
Jawa Timur

Prakiraan Cuaca BMKG: Hujan, Siklon Tropis, Siaga Bencana Aceh-Lampung-Kalbar

TEMPO.CO, jakarta – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan prakiraan cuaca pada Jumat 28 Oktober 2022 dengan hujan yang mengguyur sebagian wilayah Indonesia. BMKG juga melakukan pemantauan Tropical Cyclone Nalgae dan mengeluarkan peringatan bencana hidrometeorologi untuk beberapa daerah.

Ibukota provinsi yang diperkirakan akan diguyur hujan disertai petir adalah Jambi, Pangkal Pinang, dan Medan. Hujan deras berpotensi terjadi di Pontianak dan Mamuju.

Hujan dengan intensitas sedang diperkirakan akan melanda Bengkulu, Bandung, Samarinda, Bandar Lampung, dan Padang. Hujan ringan kemungkinan terjadi di Denpasar, Semarang, Banjarmasin, Palangkaraya, Tarakan, Tanjung Pinang, Kupang, Manokwari, Pekanbaru, Makassar, dan Manado.

Aceh, Lampung dan Kalimantan Barat merupakan beberapa provinsi di Indonesia yang masuk dalam kategori waspada bencana hidrometeorologi (banjir, banjir bandang, dll) akibat kemungkinan hujan lebat.

BMKG memantau perkembangan Tropical Cyclone Nalgae di Laut Filipina. Topan ini membentuk daerah dengan kecepatan angin yang meningkat (jet tingkat rendah) hingga lebih dari 25 knot yang diamati dari Laut Cina Selatan ke Filipina utara dan dari Laut Sulawesi dan Filipina utara ke Laut Filipina.

Sistem ini membentuk daerah perlambatan kecepatan angin (konvergensi) di Laut Cina Selatan, dari utara Kalimantan ke Laut Sulu, dari Laut Sulawesi ke Filipina selatan dan dari Pasifik utara ke Maluku Utara, dan pertemuan angin. (pertemuan) wilayah di Laut Cina Selatan, utara Kalimantan Utara dan Laut Sulu, Laut Sulawesi, Laut Filipina dan Pasifik Utara Papua.

Kondisi tersebut dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan, kecepatan angin, dan tinggi gelombang laut di sekitar daerah siklon tropis dan di sepanjang jet rendah, daerah konvergensi/pertemuan.

Dampak Siklon Tropis Nalga

  • Hujan sedang hingga lebat di Kepulauan Riau, Kepulauan Bangka Belitung, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Maluku Utara, Papua Barat, dan Papua.
  • Angin kencang diperkirakan terjadi di Kalimantan Utara dan Kalimantan Barat.
  • Gelombang tinggi 2,5-4 meter di Laut Sulawesi, perairan Kepulauan Sitaro, perairan Kepulauan Sangihe-Talaud, Laut Maluku bagian utara, perairan utara Halmahera Barat dan perairan utara Perairan Halmahera dan Morotai.

Daerah pertemuan dan jeda kecepatan angin (konvergensi) juga memanjang dari Aceh hingga Selat Malaka, dari Kepulauan Riau hingga Kalimantan Barat, dari Laut Jawa hingga Kalimantan Timur, dari Selat Makassar hingga Sulawesi Tengah, dari Teluk Bone hingga Sulawesi. Laut.

Juga dari Samudera Hindia sebelah selatan Nusa Tenggara Barat sampai Laut Sawu, dari Laut Sawu sampai Laut Banda, dari Laut Banda sampai Laut Maluku dan dari Papua Nugini sampai Papua Barat dan daerah pertemuan di Laut Sulawesi Tengah -Sulawesi dan NTT. Kondisi ini dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sepanjang wilayah konvergensi/pertemuan.

Suhu udara berkisar antara 19-34°C dengan suhu terendah di Bandung dan tertinggi di Kupang.

Membaca:
Prakiraan Cuaca BMKG: Hujan, Benih Siklon, Siaga Bencana Aceh Kalimantan Barat

Selalu Memperbarui informasi terkini. mendengarkan berita terkini dan pesan yang dipilih Tempo.co di saluran Telegram “Pembaruan Tempo.co”. klik https://t.me/tempodotcoupdate bergabung. Kamu harusUntuk memasang Aplikasi Telegram terlebih dahulu.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button