Pelaku Pariwisata Penggerak Perekonomian - ANTARA News Yogyakarta - WisataHits
Yogyakarta

Pelaku Pariwisata Penggerak Perekonomian – ANTARA News Yogyakarta

JAKARTA (ANTARA) – Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif/Badan Pariwisata dan Industri Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) mendorong pemangku kepentingan pariwisata menjadi motor penggerak ekonomi.

“Melalui pelatihan ini, saya ingin desa wisata dapat terus berbenah dengan meningkatkan keterampilan dan kapasitasnya sehingga menjadi desa wisata yang mandiri, berdaya saing dan menjadi lokomotif revitalisasi ekonomi di sektor pariwisata dan kreatif,” ujar Menpar. Industri Kreatif dan Pariwisata, Sandiaga Uno, dalam keterangannya di Jakarta, Rabu.

Sebelumnya, Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif melakukan program pelatihan kesadaran pariwisata 5.0 bagi pemangku kepentingan pariwisata di wilayah Wakatobi Sulawesi Tenggara.

Sandiaga menjelaskan, melalui program Pengembangan Pariwisata Terpadu dan Berkelanjutan (P3TB), pihaknya telah berperan aktif dalam mendukung peningkatan dan penyiapan sumber daya manusia (SDM) yang handal dan profesional di bidang pariwisata dan industri kreatif, salah satunya dengan penerapan Pelatihan Kesadaran Pariwisata 5.0.

Pelatihan tersebut dapat menjadi salah satu upaya untuk mendorong bangkitnya perekonomian desa wisata.
Deputi Sumber Daya dan Kelembagaan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Martini Mohamad Paham mengatakan perlu adanya nilai tambah pada desa wisata.

Yang dimaksud dengan nilai tambah, yaitu mengembangkan potensi wisata sedemikian rupa sehingga tidak hanya dapat dilihat (to see), tetapi juga dilakukan (to do), dipelajari (to learn) atau dibeli (to buy). menjadi kekuatan pendorong bagi perekonomian desa dan mengurangi urbanisasi.

Berita ini disiarkan di Antaranews.com dengan judul: Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif mendorong pemangku kepentingan pariwisata untuk menjadi mesin perekonomian

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button