BB TNBTS memberlakukan larangan bagi wisatawan yang berkunjung ke Bromo pada hari libur bank akhir tahun - WisataHits
Jawa Timur

BB TNBTS memberlakukan larangan bagi wisatawan yang berkunjung ke Bromo pada hari libur bank akhir tahun

Masih belum full capacity, masih 75 persen dari total kapasitas

MALANG, Jawa Timur (ANTARA) – Balai Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB TNBTS) menyatakan tetap menerapkan pembatasan jumlah wisatawan yang berkunjung ke Gunung Bromo, Jawa Timur, selama liburan akhir tahun 2022.

Kepala Sudin Data, Kajian dan Humas BBTS TNBTS Sarif Hidayat mengatakan, saat dikonfirmasi ANTARA di Kota Malang, Jawa Timur, Jumat, kuota wisatawan di Gunung Bromo masih 75 persen dari total kapasitas. dari daerah ditentukan.

“Kapasitasnya masih belum full, masih 75 persen dari total kapasitas,” kata Zarif.

Dia menjelaskan, pembatasan jumlah kunjungan wisatawan karena masih ada Peraturan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 1 yang merupakan salah satu upaya menekan penyebaran virus corona.

“Pembatasan terkait PPKM karena belum dihapus. Sesuai aturan, masih berjalan dan keputusan terkait PPKM masih berlaku,” ujarnya.

Baca Juga: Gubernur Jawa Timur Sebut Wisata Bromo Legendaris Bersama Suku Tengger

BB TNBTS, lanjutnya, akan menyiagakan sejumlah petugas masyarakat untuk menjaga pintu masuk kawasan tersebut. “Formasinya seperti biasa karena ada staf yang bertugas di pintu masuk. Kami juga memasukkan potensi lokal, termasuk bekerja sama dengan Polri,” katanya.

Ia mengimbau wisatawan yang akan berwisata khususnya ke kawasan Gunung Bromo untuk tetap waspada mengingat belakangan ini terjadi bencana alam seperti letusan Gunung Semeru dan gempa bumi.

Seluruh wisatawan yang berkunjung ke kawasan taman nasional diminta untuk mengikuti petunjuk dari petugas dan mematuhi peraturan yang ada. Tercatat 17.433 wisatawan mengunjungi Gunung Bromo pada periode November 2022.

Dengan pembatasan tersebut, maka jumlah kunjungan wisatawan ke Gunung Bromo per hari ditetapkan sebanyak 2.202 orang per hari, terbagi atas kawasan Bukit Cinta 93 orang per hari, Bukit Keduh 321 orang per hari, Penanjakan 666 orang per hari dan Mentigen dengan 165 orang per hari dan Savana Teletubbies 957 orang per hari.

Baca Juga: Kemenparekraf Gelar Pelatihan Wisata Bromo Tengger Semeru

Reporter: Vicki Febrianto
Penerbit : Risbiani Fardaniah
HAK CIPTA © ANTARA 2022

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button