Wisata Klaten yang Wajib Dikunjungi, unik dan instagramable - WisataHits
Yogyakarta

Wisata Klaten yang Wajib Dikunjungi, unik dan instagramable

Wisata Klaten yang Wajib Dikunjungi, unik dan instagramable

Merdeka.com – Mencari hiburan dengan berlibur ke tempat-tempat menarik dengan pemandangan yang indah merupakan salah satu upaya untuk menghilangkan stres. Anda tidak perlu jauh-jauh ke Indonesia Timur karena masih banyak tempat menarik di Pulau Jawa yang tidak boleh Anda lewatkan. Sebagai contoh, beberapa wisata di Klaten memiliki pemandangan yang indah, unik dan Instagramable.

Klaten merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Tengah yang letaknya tidak jauh dari Yogyakarta. Meski tidak sepopuler wisata di Yogyakarta, wisata di Klaten tak kalah menarik untuk dikunjungi, terutama bagi Anda yang ingin berlibur dalam suasana yang lebih tenang dan jauh dari hiruk pikuk kota.

Artikel media taboola

Mengajak keluarga dan teman jalan-jalan ke Klaten bisa jadi salah satu bentuknya waktu yang berkualitas Anda bersama orang-orang yang Anda cintai. Jangan lupa cari tahu sebanyak-banyaknya tentang wisata menarik di Klaten sebelum berangkat.

merdeka.com merangkum dari berbagai sumber pada Rabu (7 Juni 2022) bahwa wisata di Klaten berikut ini wajib dikunjungi.

2 dari 3 halaman

aliran selokan

Wisata di Klaten pertama yang wajib dikunjungi adalah Sungai Talang. Keindahan Gunung Merapi bisa Anda lihat dari tempat wisata di Klaten ini. Pemandangan yang disajikan tak kalah indah dengan salah satu tempat wisata di Jogja yaitu bunker Kaliadem.

Jika Anda ingin melihat keindahan Gunung Merapi, Anda bisa datang ke Kali Talang pada waktu-waktu terbaik, misalnya pada pagi hari saat puncak Gunung Merapi masih terlihat jelas. Bekas erupsi beberapa tahun lalu menjadi backdrop foto populer bagi banyak pengunjung.

Untuk mengunjungi tempat ini anda harus bersiap melewati jalan menanjak yang berkelok-kelok yang cukup terjal. Alamat tepatnya berada di kawasan Sambangrejo, Balerante, Kemalang, Klaten dan bisa diakses dari Jogja.

batu kapu

Tempat wisata di Klaten yang wajib dikunjungi selanjutnya adalah Watu Kapu. Salah satu aktivitas seru yang bisa kamu nikmati saat mengunjungi tempat wisata ini adalah aktivitas arung jeram yang menantang.

Selain tebing, Anda juga bisa mencoba menyeberangi sungai dengan kano di sini. Aktivitas wisata di Watu Kapu ini dibandrol mulai dari Rp50.000,00 per paket lengkap dengan segala perlengkapannya.

Tempat wisata di Klaten ini berada tepat di Jalan Cokro – Delanggu, Wangen III, Wangen, kecamatan Polanharjo. Anda bisa mengunjungi tempat ini mulai pukul 08.00 WIB hingga 17.00 WIB kecuali pada hari Jumat karena tutup.

Candi Plaosan

Candi Plaosan

©Instagram/bpcbjateng

Wisata yang wajib dilakukan di Klaten selanjutnya adalah Candi Plaosan. Wisata sejarah ini menawarkan pemandangan indah yang menyaingi Candi Prambanan di Yogyakarta.
Selain itu, sangat menarik juga untuk mengikuti kisah cinta Rakai Pikatan dengan Sri Kaluhuran yang menjadi latar belakang dibangunnya candi ini. Ada dua kompleks candi yang membuktikan kecintaan mereka, yaitu Candi Plaosan Lor dan Candi Plaosan Kidul.

Dari kisah cinta mereka, terdapat mitos tentang pura yang membangkitkan rasa penasaran para wisatawan, terutama wisatawan yang datang dari luar kota. Karena menurut mitos, pasangan yang mengunjungi tempat ini harus hidup bersama selamanya, seperti dalam kisah cinta Rakai Pikatan.

Untuk mengawasi kawasan candi ini tidak perlu menyiapkan biaya yang mahal, cukup Rp 3.000 saja. Lokasinya tidak sulit dijangkau karena berada di Jalan Candi Plaosan, Bugisan, Prambanan, di perbatasan antara Klaten dan Jogja.

3 dari 3 halaman

Rowo Yombor

rowo yombor

©Jejakpiknik.com

Selama di Klaten Anda juga bisa mengunjungi Rowo Jombor yang memiliki air bersih. Tempat wisata ini terletak di desa Krakitan di kecamatan Bayat. Rowo Jombor memang pantas disebut klub malam di Klaten. Karena pada masa itu, tempat ini tidak hanya digunakan sebagai saluran irigasi dan budidaya ikan, tetapi juga sebagai restoran.

Jika Anda mengunjungi Rowo Jombor Anda akan menemukan banyak restoran atau warung terapung yang umumnya berjejer di sepanjang pinggiran rawa. Rata-rata menu yang disajikan di tempat wisata di Klaten ini terdiri dari ikan yang dipegang oleh masyarakat setempat. Setiap stand apung yang menjadi objek wisata di Bayat Klaten memiliki fasilitas yang berbeda-beda.

Mulai dilengkapi dengan tempat karaoke, taman bermain anak, alat pancing, mushola dan lain sebagainya. Untuk menuju stand terapung di tempat wisata di Klaten ini, pengunjung terlebih dahulu harus menaiki Getek hingga ke tengah rawa.

Jika Anda datang sebelum matahari terbenam Anda dapat mengalami pemandangan yang luar biasa. Dimana pantulan jingga matahari di atas rawa dengan selingan perahu dan burung yang lewat akan selalu dikenang.

Umbul Ponggok

cle

© Instagram/anitarobson127

Umbul Ponggok adalah salah satu wisata Klaten yang sayang untuk dilewatkan. Tempat di Desa Ponggok, Klaten, Jawa Tengah ini bisa dibilang paling populer di Klaten. Situs ini dulunya adalah kolam mata air alami yang berfungsi sebagai reservoir air untuk pabrik gula dan perkebunan. Mata air Umbul Ponggok berbentuk kolam dengan panjang 70 m dan lebar 40 m.

Dimana di dasar Kola terdapat mata air alami yang mengeluarkan air sehingga cekungan Umbul Ponggok tetap jernih. Aktivitas unik yang bisa Anda lakukan di wisata Klaten ini adalah fotografi bawah air.

Di kolam ini terdapat banyak objek dengan tema berbeda untuk difoto. Anda juga bisa bergaya di kolam Umbul Ponggok dengan fitur yang disediakan untuk tujuan ini. Anda hanya perlu menyiapkan uang Rp 15.000 per orang untuk memasuki kawasan Umbul Ponggok.

(mdk/nof)

TOPIK TERKAIT

lagi

Taboola di bawah Artikel

Source: m.merdeka.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button