Pantai Banyu Meneng, surga laut tersembunyi yang eksotis di Malang - WisataHits
wisatahits

Pantai Banyu Meneng, surga laut tersembunyi yang eksotis di Malang

Harga tiket: Rp 10.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Kandangmerak, Desa Sumberbening, Kec. Bantur, Kab. Malang, Jawa Timur; Kasus: Cek lokasi

Malang termasuk dalam deretan kota wisata di Indonesia. Tak heran jika Malang selalu ramai dikunjungi wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. Berbagai tempat wisata terdapat disana, baik wisata alam maupun wisata taman bunga, wisata kekinian, wisata museum, dll. Pantai Banyu Meneng merupakan salah satu objek wisata alam yang ada di kawasan tersebut.

Pantai ini tidak kalah menariknya dengan pantai Balekambang yang terkenal di Malang. Wisatawan dapat menggunakan pantai ini sebagai alternatif dari Pantai Balekambang. Pemandangan yang disuguhkan begitu indah dan mempesona. Meski nama pantainya tidak terlalu populer, tapi cukuplah setimpal untuk mengunjungi. Bahkan, kemungkinan besar Anda akan merasa betah di sini.

Aksesnya masih cukup sulit, namun Anda tidak akan kecewa sesampainya di lokasi dan rasa lelah apapun akan terbayar dengan keindahan pantai yang mempesona. Lokasinya masih tersembunyi karena aksesnya yang masih sangat terbatas, namun banyak unggahan foto menarik dari wisatawan yang sudah ada di media sosial dan memicu rasa penasaran.

Tempat Wisata di Pantai Banyu Meneng

Aktivitas di Pantai Banyu MenengKredit Gambar: Google Maps ArkaNanta Resmi

Berwisata ke Malang akan terasa kurang lengkap jika tidak mengunjungi tempat wisata alamnya. Tak hanya pantai Balekambang, wisatawan bisa mencoba memacu adrenalin melalui akses yang cukup sulit menuju pantai indah nan eksotis bernama Banyu Meneng.

1. Memiliki filosofi nama yang menarik

Salah satu daya tarik pantai ini adalah keunikan namanya. Dinamakan Pantai Banyu Meneng karena memiliki filosofi yang menarik. Nama pantai ini diambil dari bahasa Jawa Banyu Meneng yang berarti air tenang atau air tenang dalam bahasa Indonesia. Filosofi nama menyesuaikan dengan kondisi dan kondisi nyata.

Disebut air tenang atau air tenang karena ombak di pantai ini cukup tenang. Bebatuan besar berhasil menahan ombak tinggi agar tidak masuk ke pantai. Sedangkan batu karang berperan penting dalam memecah gelombang tinggi menjadi gelombang tenang. Jadi nama trek benar-benar mewakili status trek yang sebenarnya.

2. Memiliki pemandangan yang indah dan eksotis

Selain namanya yang unik, melihat foto-foto wisatawan yang bertebaran di jejaring sosial saat berwisata di pantai membuat rasa penasaran wisatawan lain semakin bertambah. Sesuai dengan kondisi sebenarnya, pantai dengan ombak yang tenang ini menawarkan pemandangan eksotis yang sangat indah.

Meski garis pantainya tidak terlalu panjang, namun pantai ini dikelilingi oleh banyak hutan bakau yang memberikan kesan rindang. Panorama pantai yang tersaji secara gamblang merupakan perpaduan antara birunya laut dan langit yang membuatnya begitu mempesona. Pasir pantainya bersih dan putih lembut, sehingga sangat aman untuk keluarga terutama anak-anak.

3. Surga bagi pecinta fotografi

Pemandangan alam yang indah dan mempesona merupakan surga bagi para wisatawan yang menyukai dunia fotografi. Panorama yang disuguhkan oleh alam sekitar Pantai Banyu Meneng menjadi latar belakang atau objek utama yang sering dipilih wisatawan untuk berfoto selfie. Selain itu, panorama saat matahari terbit dan terbenam menghiasi pantai yang indah ini.

Banyak sekali wisatawan yang berkunjung ke sini untuk menyalurkan hobi fotografinya karena panorama yang disuguhkan begitu menakjubkan. Kelebihan lainnya adalah suasana pantai yang tidak terlalu ramai sehingga wisatawan bisa berfoto tanpa takut kabur. Jadi pantai ini sangat disarankan untuk penggemar fotografi.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pantai Banyu MenengKredit gambar: Twitter BeritaCeleb.com

Lokasi Pantai Banyu Meneng berada di Kabupaten Malang Jawa Timur tepatnya di Desa Sumberbening. Di desa ini, banyak pantai yang terletak berjajar, dan pantai ini terletak sekitar 100 meter di sebelah kanan pantai Merak yang terkenal.

Pantai ini merupakan salah satu pantai yang relatif baru dan masih alami karena belum terjamah oleh tangan manusia. Masih banyak yang belum mengetahui lokasinya.

Karena ombaknya yang tenang, Pantai Banyu Meneng sangat aman untuk dikunjungi wisatawan segala usia. Bahkan anak-anak dapat bermain dengan aman di pantai karena ombaknya tidak berbahaya. Meski aksesnya masih sulit, ke depan pemerintah daerah pasti akan meningkatkan akses ke pantai dan suatu saat akan menjadi pantai yang populer di kalangan wisatawan.

Untuk menuju ke sana, wisatawan hanya bisa menggunakan kendaraan pribadi, karena tidak ada angkutan umum yang bisa mencapai pantai ini. Pantai ini merupakan salah satu kawasan konservasi lutung jawa. Bagi pemerintah setempat untuk menjaga dan memelihara pantai ini dengan baik. Akses jalan akan ditingkatkan secara bertahap.

Meski jalur menuju lokasi masih cukup ekstrim, wisatawan tetap perlu berhati-hati. Perjalanan bisa dimulai dari pusat kota Malang. Jaraknya kurang lebih 66 km dari pusat kota ke lokasi.

Wisatawan dapat memulai dari pusat kota ke arah selatan dan mengikuti jalan setapak menuju kecamatan Gadang dan Balulang. Setelah itu, wisatawan akan menemukan pertigaan di Krebet.

Dari pertigaan tersebut, wisatawan dapat mengikuti jalan setapak menuju Gondang Legi hingga menemukan perempatan di kawasan Balekambang. Setelah itu, perjalanan bisa dilanjutkan ke kanan. Kemudian ikuti jalan menuju pintu masuk pantai Merak yang terkenal. Lokasi Pantai Banyu Meneng tidak jauh, wisatawan hanya perlu berjalan kaki hingga 100 meter.

Harga tiket masuk objek wisata

Tiket Pantai Banyu MenengKredit gambar: Google Maps Jacky Metro Times

Untuk tiket masuk, wisatawan bisa menyiapkan budget Rp 10 ribu per orang saat hari dalam seminggu dan Rp 15 ribu ketika akhir pekan. Kemudian untuk tarif parkir kendaraan yaitu Rp 10 ribu untuk kendaraan roda empat dan Rp 7500 untuk kendaraan roda dua. Area parkir tempat wisata ini cukup luas. Oleh karena itu, wisatawan tidak perlu khawatir dengan area parkir.

Yang perlu diperhatikan saat merencanakan perjalanan ke pantai eksotis ini adalah memastikan kendaraan yang Anda gunakan dalam kondisi prima, karena jalan sepanjang 5 km menuju lokasi masih rusak. Kemudian hindari pergi ke sana saat musim hujan karena jalannya akan sangat sulit dan licin.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Pantai Banyu Meneng

Aktivitas di Pantai Banyu MenengKredit gambar: Twitter 103,7 FM

1. Perkemahan

Aktivitas seru yang bisa dilakukan di Pantai Banyu Meneng adalah berkemah. Wisatawan yang kurang puas menikmati momen liburannya juga bisa berkemah karena pengelola menyediakan camping ground yang bisa digunakan wisatawan. Panorama malam hari di pantai ini dan suasananya tidak akan membuat Anda berpaling.

2. Bermain pasir

Jarang ada pantai yang berpasir lembut dan aman untuk dimainkan. Jika ingin menyenangkan anak-anak, pantai ini cocok dijadikan tujuan wisata karena anak-anak bisa bermain pasir dengan nama di atasnya. Pasirnya lembut sehingga anak-anak bisa membangun istana pasir tanpa takut tertimpa ombak besar yang datang.

3. Berenang dan bermain air di pantai

Karena ombaknya yang tenang, pantai ini relatif aman bagi wisatawan untuk berenang dan bermain air. Tidak perlu khawatir berpindah tempat karena pengelola wisata telah menyediakan ruang ganti bagi wisatawan yang ingin berganti pakaian setelah berenang atau bermain air di pantai.

4. Berburu Foto

Aktivitas Seru di Pantai Banyu MenengKredit Gambar: Google Maps edy electron

Bagi wisatawan yang menyukai dunia fotografi, pantai ini sangat indah disarankan untuk mengunjungi. Setiap sudut Pantai Banyu Meneng begitu menarik untuk diabadikan dalam foto, sehingga sayang untuk dilewatkan. Kegiatan ini menjadi kegiatan favorit para wisatawan saat berkunjung karena latarnya yang begitu bagus.

5. Berburu saat matahari terbit atau terbenam

Tak sedikit wisatawan yang berkunjung ke pantai ini untuk mengejar sunrise atau sunset. Wisatawan mengunjungi pantai di pagi hari atau sore hari untuk menikmati momen tersebut. Bahkan ada wisatawan yang berkemah di pantai hanya karena ingin menikmati sunset dan sunrise.

6. Menyelam dan snorkeling

Meski belum populer, berwisata ke sana tidak akan membuat wisatawan bosan karena tour operator menawarkan fasilitas berupa persewaan peralatan diving dan snorkeling yang bisa digunakan wisatawan. Sambil bermain diving atau snorkeling, wisatawan akan dibuat takjub dengan panorama terumbu karang yang terdapat di sana.

Akomodasi murah terdekat

Akomodasi di dekat Pantai Banyu MenengKredit gambar: Google Maps DMC 2 PASURUAN

1. Vio Homestay

Belum tersedia penginapan di kawasan Pantai Banyu Meneng. Oleh karena itu, wisatawan dapat memilih Vio Homestay sebagai tempat menginap. Lokasinya sekitar 20 km dari pantai dan membutuhkan waktu sekitar 31 menit untuk sampai ke lokasi. Fasilitasnya cukup lengkap, seperti kamar tidur bersama, kamar mandi dan dapur.

2. Keluarga angkat Evlogi

Terletak di sebelah Vio Homestay, Evlogies Homestay juga bisa menjadi tempat menginap. Fasilitasnya cukup lengkap, dimana wisatawan bisa menikmati teh dan kopi gratis, WIFI, kamar mandi, lemari pakaian, tempat tidur dan kipas angin. Ada layanan antar makanan ke kamar sesuai meminta wisatawan yang menginap di sana.

3. Keluarga angkat Boncel

Berjarak sekitar 19 km dari lokasi, wisatawan membutuhkan waktu sekitar 31 menit dari homestay. Fasilitas Homestay Boncel cukup lengkap seperti tempat tidur, lemari pakaian, dapur bersama, ruang tamu, dan kamar mandi. Lokasinya berada di perempatan Jls. Pantai Bajulmati.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Pantai Banyu MenengKredit gambar: Google Maps Fajar Adi Firmansyah

Meski tidak sepopuler pantai indah lainnya di Malang, pihak pengelola Pantai Banyu Meneng telah menyediakan berbagai fasilitas yang bisa dimanfaatkan wisatawan. Ada bumi perkemahan yang bisa digunakan untuk berkemah.

Selain itu juga terdapat fasilitas parkir yang cukup luas, toilet umum, kamar mandi, mushola dan warung makan. Wisatawan muslim tidak perlu khawatir saat akan beribadah karena masjid di sana bersih dan terawat.

Pengelola juga menawarkan penyewaan peralatan menyelam dan menyelam jika wisatawan ingin menikmati liburan sambil menyelam untuk melihat panorama bawah laut. Ada jasa penyewaan pelampung bagi wisatawan yang ingin berenang.

Oleh karena itu, disarankan untuk mengunjungi Pantai Banyu Meneng meskipun belum populer. Fasilitasnya lengkap, meski tidak ada hostel yang terletak di dekat pantai. Wisatawan juga bisa membawa anak-anak dengan aman karena bisa mengajak mereka bermain pasir, berenang atau bermain air.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button