Pemerintah Kabupaten Malang sedang mempersiapkan infrastruktur untuk mendukung sektor pariwisata - WisataHits
Jawa Timur

Pemerintah Kabupaten Malang sedang mempersiapkan infrastruktur untuk mendukung sektor pariwisata

MALANG, Jawa Timur (ANTARA) — Pemerintah Kabupaten Malang telah menyiapkan serangkaian infrastruktur pendukung pariwisata untuk mempercepat pemulihan ekonomi sektor yang dilanda pandemi COVID-19.

Wakil Bupati Malang Didik Gatot Subroto mengatakan, Kamis, penambahan infrastruktur pendukung untuk sektor pariwisata sedang disiapkan, khususnya di Malang bagian barat.

Kawasan wisata di Malang bagian barat tidak terlalu banyak, nanti kita fokuskan ke sana, ujarnya.

Didik menjelaskan, sejumlah sarana prasarana yang disiapkan untuk mendukung sektor pariwisata di Kabupaten Malang bagian barat antara lain pembangunan atau perbaikan jalan dan pemasangan penerangan.

Menurut dia, pemasangan penerangan jalan untuk menunjang sektor pariwisata nantinya akan menggunakan lampu bertenaga surya. Kebutuhan pendanaan untuk penerangan dialokasikan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

“Kadang bisa Rp 28 sampai 35 juta. Kalau kita butuh 100 unit sekitar Rp 3,5 miliar itu masih bisa dengan APBD kita,” ujarnya.

Ia menambahkan, penambahan pembangunan dan infrastruktur sempat terhenti beberapa waktu lalu karena adanya wabah penyakit akibat penyebaran virus corona. Akibat pandemi COVID-19, banyak rencana pemerintah Kota Malang yang terdampak.

“Masalah utama tahun lalu adalah COVID-19. Itu mengganggu perencanaan kami, terutama untuk pembangunan atau perbaikan jalan,” katanya.

Namun, lanjutnya, saat ini, sejalan dengan pengendalian dan pengurangan kasus COVID-19 di Indonesia, Pemkab Malang akan kembali fokus menyiapkan infrastruktur untuk mendukung sektor pariwisata.

“Kabupaten Malang memiliki jalan yang cukup panjang, jadi kami akan lebih fokus pada infrastruktur jalan jernihlain saja,” ujarnya.

Di bagian barat Kabupaten Malang memiliki potensi wisata alam yang menjanjikan. Beberapa destinasi wisata yang ada di kawasan tersebut adalah Desa Wisata Pujon Kidul, Kasembon, Ngantang dan lain-lain.

Source: jatim.antaranews.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button