Taman Punti Kayu, tempat wisata hutan dan rekreasi keluarga di Palembang - WisataHits
wisatahits

Taman Punti Kayu, tempat wisata hutan dan rekreasi keluarga di Palembang

Taman Point Kayu satu dari hutan bepergian dengan pesona pinus masuk kota palembang, Sumatera Selatan. Kesegaran dan jalan-jalan di taman wisata ini bisa jadi alternatif pilihan tempat rekreasi keluarga.

Harga tiket: Rp25.000, Jam operasional: 09.00-15.00 WIB, Alamat: Jl. Kubis. H.Burlian, Srijaya, Kec. Alang-Alang Lebar, Kota Palembang, Sumatera Selatan; Kasus: Cek lokasi

Palembang merupakan salah satu daerah di Indonesia yang memiliki alam yang sangat indah. Karena itulah tanah tempat ini sering dijadikan tujuan wisata. Sehingga akan berdampak pada berkurangnya lahan alami yang merupakan sumber oksigen. Oleh karena itu, pemerintah setempat memutuskan untuk membuat taman wisata.

Destinasi tersebut bernama Taman Punti Kayu. Perlu diketahui, taman ini merupakan hutan wisata terbesar kedua di dunia. Jadi, selain dijadikan sebagai pemasok oksigen utama di wilayah Sumatera Selatan, juga menjadi tempat wisata yang bisa Anda kunjungi saat memasuki waktu liburan.

Anda dapat mengunjungi taman ini mulai pukul 08:00 setiap hari. Dari hari Senin hingga Jumat, tempat ini tutup pada pukul 16:00, sedangkan pada hari Sabtu dan Minggu tutup pada pukul 17:00. Di tempat ini, wisatawan berkesempatan menikmati suasana alam yang terbentang di atas 50 hektar. Lokasi ini telah menjadi wisata alam sejak sekitar tahun 2010.

Daya Tarik Taman Wisata Punti Kayu

Daya tarik taman Punti KayuKredit gambar: Google Maps Laily Novitasari

1. Replika dan monumen populer dunia

Tempat ini menjadi salah satu tempat wisata yang paling banyak dicari oleh para pengunjung. Di sini wisatawan bisa mendapatkan foto-foto unik dengan latar belakang berupa replika dan monumen yang cukup terkenal di dunia, seperti Eropa, Prancis, Afrika, dan China.

Anda harus mengerti, karena ini adalah replika, ukurannya tidak sama dengan aslinya. Namun, hal tersebut tidak menyurutkan minat pengunjung untuk berfoto di tempat wisata ini. Terutama yang suka berfoto dan sering mengunggahnya ke jejaring sosial. Kemudian foto ini akan menjadi koleksi baru di beranda media sosialnya.

2. Jembatan gantung

Jembatan ini juga menjadi salah satu daya tarik dari destinasi wisata ini. Jembatan ini tidak terbuat dari beton melainkan dari papan-papan yang disusun dan didirikan dengan posisi menggantung di atas danau. Perasaan berjalan di jembatan ini cukup menegangkan, namun justru itulah yang memikat pengunjung untuk mencobanya.

Jembatan ini membentang di antara dua puncak pohon dan dikenal sebagai jembatan kanopi. Danau di bawah jembatan adalah tempat yang sempurna untuk perahu naga, sepeda air, dan bebek untuk berlayar di sekitar danau.

3. Perjalanan berkemah

Tempat ini juga menawarkan perjalanan berkemah. Jadi, bagi Anda yang ingin bermalam, Anda bisa mendirikan tenda di sekitar tempat wisata. Lebih spesifiknya, ada 3 area yang sudah disediakan pengelola wisata untuk bermalam diantaranya Akasia, Pinus dan Mahoni.

Karena lokasinya yang terbuka, lokasi ini juga sering dipilih oleh para penggiat Pramuka untuk berkemah. Di tempat ini, mereka bisa merasakan sensasi hidup di alam dengan kesegaran yang masih sangat terasa.

4. Keanekaragaman Hayati

Taman wisata ini memiliki berbagai macam tanaman. Tak hanya itu, hewan yang hidup di tempat ini juga cukup beragam. Pohon yang paling banyak ditemukan di lokasi ini adalah meranti dan pinus. Sedangkan tanaman lainnya antara lain akasia, sengon, mahoni, bambu, ketapang, albasia, jarak, angsana, rindang, lamtoro, waru dan masih banyak lagi.

Sedangkan satwa di destinasi wisata ini kebanyakan berkumpul di kebun binatang mini yang juga menjadi tempat wisata di Taman Punti Kayu. Dari hewan jinak hingga hewan liar terdapat di tempat ini. Ada banyak jenis burung di sini. Beberapa di antaranya adalah burung pipit, merpati, kutilang dan lain-lain.

Alamat, lokasi, rute dan harga tiket masuk Punti Kayu Park

Alamat Taman Punti KayuKredit Gambar: Google Maps Shaggy Sigit Sarwanto

Destinasi wisata ini terletak di kota Palembang, Sumatera Selatan, tepatnya di sebuah kawasan bernama Karya Baru dan masuk dalam wilayah kecamatan Alang-alang Lebar. Rute yang bisa digunakan untuk sampai di lokasi wisata adalah arah dari Ampera menuju AAL. Anda bisa menggunakan taksi dan LRT yang nantinya akan tiba di stasiun Punti Kayu.

Tiket masuk yang berlaku di lokasi ini dibedakan antara pengunjung dewasa dan anak-anak. Orang dewasa harus membayar tiket seharga Rp25.000 pada hari biasa dan Rp30.000 pada akhir pekan. Untuk anak-anak, tiket masuk di hari biasa hanya Rp 20.000, sedangkan di akhir pekan Rp 25.000.

Selain biaya masuk, jika pengunjung menggunakan kendaraan akan dikenakan biaya parkir. Untuk mobil dikenakan biaya Rp 10.000 sedangkan sepeda motor dikenakan biaya parkir Rp 5.000. Tarif parkir ini berlaku setiap hari dengan jumlah yang sama. Setelah pengunjung membayar tiket masuk, mereka akan memiliki akses ke semua tempat wisata.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Punti Kayu Park

Aktivitas Taman Punti KayuKredit gambar: Google Maps Mr. Meidy Herianto

1. Wisata Hutan Wisata

Keberadaan hutan di tengah kota Palembang yang mulai padat penduduk menjadi rumah es di tempat ini. Saat Anda mulai memasuki jalan menuju tempat wisata, Anda akan melihat pemandangan alam yang begitu indah dan menyejukkan. Di sekitar sini ada pohon pinus yang tumbuh berjajar.

Meskipun tempat ini merupakan kawasan wisata alam, namun ada juga tempat yang tidak termasuk dalam vegetasi hutan, namun telah menjadi tempat rekreasi yang dapat dimanfaatkan oleh wisatawan. Selain itu, ada juga beberapa kabin yang bisa digunakan untuk beristirahat setelah berkunjung.

Udara di hutan ini begitu segar. Bahkan bau yang tercium pun harum. Hal ini dikarenakan pepohonan yang mendominasi tempat ini adalah pinus. Dengan luas yang cukup besar, menjadikan kawasan ini sebagai hutan terluas di Indonesia.

2. Bermain di waterpark Punti Kayu

Wahana ini sudah ada sejak tahun 2019. Anda bisa bermain di wahana air ini setelah berkeliling. Tentunya setelah melewati hutan, Anda akan merasa lelah, sehingga di taman air ini Anda akan menemukan kesegaran. Tempat wisata ini sangat cocok sebagai tempat merilekskan tubuh.

Bahkan banyak pengunjung yang menyukai wahana air, terutama yang masih anak-anak. Memang taman air ini dilengkapi dengan seluncuran air dan seluncuran yang tentunya menarik perhatian anak-anak yang melihatnya untuk langsung mencobanya. Kendaraan ini dikelilingi pagar oleh pengelola tempat ini.

3. Kunjungi kebun binatang mini dan lakukan kegiatan keluar

Di taman wisata alam populer ini juga terdapat kebun binatang, hanya saja ukurannya kecil. Beberapa hewan yang mungkin Anda temui di lokasi ini adalah rusa, kelinci, buaya, beruang madu, siamang, orangutan, dan beberapa jenis burung.

Di sini, wisatawan diperbolehkan memberi makan hewan. Meski satwa di kebun binatang ini tidak lengkap dan banyak, namun tempat ini cukup menarik untuk dijadikan sebagai tempat wisata edukasi.

Di dekat kebun binatang terdapat lapangan hijau tempat diadakannya pacuan kuda. Di sini ada atraksi yang dipajang untuk pengunjung. Namun sayang, pengunjung hanya bisa melihatnya seminggu sekali. Jadi jika Anda ingin menonton atraksi atau menunggang kuda di tempat ini, datanglah pada hari Minggu.

Namun, jika Anda tidak berkesempatan datang di hari Minggu, Anda tetap bisa menikmati jalan-jalan lain yang tentunya tak kalah seru. Pemimpin tur menawarkan beberapa wahana satu arah yang cukup menantang, termasuk trampolin dan flying fox. Jadi Anda tetap bisa menikmati wahana saat tidak ada pacuan kuda.

4. Jelajahi hutan rawa

Di destinasi wisata ini, Anda juga bisa mengelilingi rawa-rawa di dalam hutan. Pemandu wisata telah menyediakan perahu yang dapat digunakan untuk berpindah-pindah, yang dikenal sebagai perahu naga. Perahu ini akan berlayar menuju Danau Punti Kayu, dimana sisi kanan dan kiri danau ditumbuhi pohon pinus.

Jika Anda beruntung, Anda akan melihat kawanan monyet ekor panjang. Tak hanya itu, Anda juga bisa melihat burung-burung yang cukup langka hinggap di beberapa pohon.

Fasilitas yang tersedia di Punti Kayu Palembang Park

Fasilitas Taman Punti KayuKredit gambar: Google Maps Dhody Chandra

1. Kuliner

Bagi Anda yang berkunjung ke tempat ini tanpa membawa bekal, tidak perlu khawatir. Sebab, di sini tersedia beragam produk kuliner di beberapa toko. Jadi, selain melakukan wisata alam, Anda juga bisa melakukan wisata kuliner sekaligus.

2. Jalur sepeda

Kawasan hutan yang begitu luas membuat beberapa wisatawan tertarik ke setiap sudutnya. Bagi pengunjung yang menyukai sepeda, dapat memanfaatkannya dengan cara menyewa sehingga dapat berkeliling tanpa harus berjalan kaki.

3. Sarana Ibadah

Meski termasuk dalam wisata alam, pengelola wisata tetap menyediakan fasilitas lengkap. Salah satunya adalah sarana ibadah. Sehingga wisatawan tidak bingung mencari tempat ibadah saat melakukan aktivitas wisata di taman ini.

Taman wisata Punti Kayu tetap buka meski masih dalam keadaan pandemi. Oleh karena itu, setiap wisatawan yang berkunjung diwajibkan untuk selalu menerapkan protokol kesehatan, antara lain selalu menggunakan masker, pengecekan suhu tubuh sebelum memasuki kawasan wisata, dan sering mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button